Rekomendasi Emulator PS2 Untuk PC atau Laptop

Ingin main game-game PS2 di komputer, tentu harus tahu beberapa rekomendasi emulator PS2 untuk PS atau laptop berikut ini

Perkembangan zaman yang terus disesaki oleh teknologi canggih memang memberikan dampak besar ke industri gaming. Meskipun sudah banyak game-game masa kini dengan grafis HD, tetap saja game yang ditawarkan konsol Play Station 2 (PS2) selalu di hati. Hal itulah yang memicu banyak orang mencari rekomendasi emulator PS2 untuk PC atau laptop.

Dirilis oleh Sony Computer Entertainment pada tahun 2000 silam, PS2 memang menjadi konsol idaman hampir semua anak-anak di dunia pada masa itu. Tak main-main, PS2 hingga saat ini masih dianggap sebagai konsol game terbaik di bumi yang penjualannya sampai menembus 155 juta unit. Lantaran begitu laris, game-game keluaran PS2 pun begitu variatif hingga 3.800 judul.

Nama-nama seperti Grand Theft Auto: San Andreas, Guitar Hero, Resident Evil 4 dan Final Fantasy X adalah beberapa game populer yang terlahir di masa keemasan PS2. Meskipun Sony melahirkan PS3 pada tahun 2006, tetap saja produksi PS2 masih diteruskan oleh Sony hingga tahun 2013. Bahkan sekalipun saat ini banyak konsol game yang lebih canggih, PS2 tetap selalu membawa nostalgia tersendiri.

Namun karena sudah tak diproduksi lagi, para gamer memilh opsi memainkan game-game PS2 melalui sebuah emulator. Dengan emulator, Anda tak perlu repot mencari rental PS2. Tinggal mengunduh aplikasinya dan dipasang di PC atau laptop, Anda langsung bisa bermain Teken 5 atau GTA. Sangat menarik bukan? Yuk kita pelajari lebih lanjut mengenai emulator PS2.

Baca Juga: Gaming Option: Desktop PC vs Laptop

3 Rekomendasi Emulator PS2 yang Bisa Dipasang di Komputer

1. PPSSPP

Bagi seorang gamer yang ingin main game PS2 di komputer, tentu tidak asing dengan yang namanya PPSSPP. Yap, PPSSPP adalah emulator game PS2 yang sangat populer. Salah satu daya tarik PPSSPP yang membuatnya sangat direkomendasikan adalah ukurannya yang ringan. Tak heran kalau akhirnya PPSSPP masuk dalam kategori emulator terbaik di penjuru dunia ini.

Demi memenuhi kebutuhan para gamer, PPSSPP tersedia untuk berbagai sistem operasi PC atau laptop mulai dari Windows 7 hingga Linux. Dengan tampilannya yang sederhana, hampir semua orang bisa memahami PPSSPP begitu mudah dan langsung memainkannya. Bahkan dalam perkembangannya, PPSSPP juga menyediakan versi Android yang mempermudah gamer dengan mobilitas tinggi.

2. PCSX2

Tidak lengkap rasanya membahas rekomendasi emulator PS2 untuk PC atau laptop tanpa menyebutkan PCSX2. Menduduki posisi teratas untuk emulator game PS2 yang paling banyak dipakai di dunia, penjualan PCSX2 memang begitu fantastis. Ad banyak game-game legendaris PS2 yang bisa dimainkan di PC atau laptop menggunakan PCSX2.

Hanya saja kekurangan dari emulator ini adalah memutuhkan PC dan laptop dengan spesifikasi tinggi. Kenapa begitu? Karena PCSX2 memiliki sistem plug-in dan membutuhkan konfigurasi optimal untuk bisa beroperasi. Namun jika sudah terpasang di komputer yang sesuai, Anda bahkan bisa meningkatkan kualitas game menjadi HD dan memperoleh pengalaman main selayaknya di konsol PS2 asli.

Supaya PCSX2 bisa dimainkan maksimal, pastikan RAM pada PC/laptop Anda minimal 2GB (rekomendasinya 4GB). Perangkat komputer Anda juga harus sudah terpasang NetFramework 3.5 atau NetFramework 3.5 SP1, DirectX9.0c dan Microsoft Visual C++ Redistributable 2008. 2010 dan 2015.

3. NeutrinoSX2

Emulator PS2 terakhir yang bisa Anda coba pasang di PC atau laptop kesayangan adalah NeutrinoSX2. Meskipun jika dibandingkan sebelumnya nama NeutrinoSX2 masih kalah populer, emulator ini dianggap sejajar dengan PCSX2. Lantaran juga sama-sama open source, Anda bisa memainkan berbagai game PS2 seperti Mortal Kombat 5.

Hanya saja supaya NeutrinoSX2 ini berfungsi maksimal, dibutuhkan GTK runtimes. Pengguna NeutrinoSX2 dikabarkan akan mendapatkan suara berkualitas tinggi dan didukung cheats. Namun dari informasi yang beredar, NeutrinoSX2 ini cuma bisa digunakan secara terbatas karena masih dalam tahap perkembangan yang tak kunjung usai.

Baca Juga: Fortnite, Salah Satu Game Terlaris Multi-Console

Situs-Situs yang Menyediakan Game PS2 ISO Terbaik

Setelah memilih emulator, Anda bisa langsung memasangnya pada PC atau laptop dan memainkan game PS2. Apakah harus menyewa atau membeli CD game PS2? Tak perlu. Anda bisa langsung mengunduh game yang diinginkan di internet. Ada banyak sekali situs-situs yang menyediakan game PS2 ISO terbaik. Bahkan game-game ini bisa bebas diunduh secara gratis oleh siapapun. Berikut contohnya:

  1. CoolROM: CoolRom dengan alamat website di https://coolrom/co.au/ adalah salah satu situs penyedia game PS2 untuk PC/laptop terbaik yang banyak dipilih gamer. Kenapa begitu? Karena di CoolROM ada banyak sekali game yang bisa dipilih. Bahkan bukan cuma PS2 saja, Anda bisa menemui beberapa game dari konsol lain seperti PS1, PSP, Sega sampai Atari
  2. PortalRoms: Kalau Anda lebih menyukai mengunduh game PS2 ISO melalui Torrent, maka PortalRoms adalah solusinya. Anda bisa langsung berkunjung ke http://www.portalroms.com/ untuk menemukan game Tak hanya PS2, PortalRoms juga menyediakan pilihan game untuk konsol-konsol terbaru seperti PS Vita dan Nintendo 3DS. Tertarik?
  3. RomsMania: Kendati popularitasnya kalah dibandingkan CoolROM dan PortalRoms, RomsMania bisa jadi pilihan memburu game Meskipun mungkin database game di RomsMania tak cukup banyak, Anda bisa menemukan ‘harta karun’ seperti game Dragon Ball Z-Budokai Tenkaichi 3. Yang istimewa dari RomsMania adalah pengunduhannya sangat cepat!

Bagaimana? Ternyata tidak sulit bukan untuk main game PS2 sekalipun tak punya konsolnya? Anda yang dulu mungkin di era 2000-an tak bisa memiliki PS2, bisa merasakan keseruan game-game konsol populer itu di PC dan laptop kesayangan. Pastikan menggunakan salah satu rekomendasi emulator PS2 untuk PC atau laptop di atas supaya bisa menikmati game dengan seru. Yuk, nostalgia ke PS2!

2 thoughts on “Rekomendasi Emulator PS2 Untuk PC atau Laptop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *