Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Rumah Kontrakan vs Kos-Kosan

Bisnis properti seperti membangun rumah kontrakan dan kos memang cukup diminati dalam beberapa tahun terakhir. Tidak mengherankan sebenarnya, karena bisnis di bidang ini sangat prospek. Namun masalah yang kemudian muncul adalah, antara kos-kosan dan kontrakan mana yang lebih potensial serta menguntungkan? Apalagi secara umum keduanya terlihat sama saja.

Kelebihan dan Kekurangan Rumah Kontrakan

Jika Anda berniat terjun di bisnis properti sewa rumah kontrakan. Ada beberapa hal yang perlu diketahui dan dijadikan bahan pertimbangan. Ulasan lengkapnya dapat dilihat di bawah ini.

Kelebihan rumah kontrakan:

  • Jika Anda membangun kontrakan di tempat strategis, seperti di tengah kota, dekat dengan berbagai fasilitas publik. Sudah pasti market akan lebih besar. Karena permintaan pasar lebih tinggi. Jadi, lebih menguntungkan.
  • Selain itu, masa sewa rumah kontrakan juga lebih panjang. Karena ada jangka waktu yang ditetapkan, yaitu minimal 6 bulan. Dengan begitu, Anda tidak perlu susah payah mencari orang yang akan mengontrak secara berkala.
  • Kelebihan bisnis sewa kontrakan lainnya adalah, karena uang sewa umumnya dibayarkan di awal. Jadi, Anda tidak perlu menagih setiap bulannya. Dengan begitu, dipastikan Anda tidak akan repot menghadapi penyewa yang selalu menunggak dalam membayar
  • Seperti yang mungkin telah Anda ketahui, bahwa harga sewa juga akan selalu meningkat seiring dengan perkembangan struktur dan infrastruktur di sekitar bangunan. Kalau pertumbuhan ekonomi tinggi, maka bisa mengalami kenaikan signifikan.

Kekurangan rumah kontrakan:

  • Karena bersifat jangka panjang, maka owner harus selektif dalam memilih calon penyewa. Sehingga rumah tetap terawat, dan tidak ada bagian yang rusak.
  • Selain itu, owner juga harus sudah mempersiapkan dana cukup besar. Guna melakukan perawatan maupun perbaikan pada rumah sebelum disewakan kembali.
  • Pendapatan bersih lebih rendah apabila dibandingkan dengan kos-kosan. Sebab harga untuk sewa rumah ditentukan sejak awal, sehingga owner tidak dapat meminta biaya tambahan lagi kepada penyewa rumah.

Baca Juga: Beli Rumah atau Apartemen?

Kelebihan dan Kekurangan Kos Kosan

Setelah sebelumnya membahas kelebihan dan kekurangan bisnis rumah kontrakan. Di bawah ini akan di ulas secara lengkap mengenai bisnis kos-kosan.

Kelebihan kos-kosan:

  • Tingkat permintaan pasar akan kos-kosan jauh lebih tinggi. Khususnya di lokasi strategis seperti area kampus, perkantoran, dan tengah kota. Dan target pasar juga lebih spesifik, sehingga tahu harus promosi dimana.
  • Laba bersih yang diterima owner lebih tinggi. Karena pemilik dapat menawarkan berbagai service tambahan, misalnya saja layanan bersih-bersih kamar, laundry, dan sebagainya.
  • Yang terakhir, owner memiliki hak penuh untuk mengawasi secara terus menerus. Sehingga bangunan kos terhindar dari kerusakan karena ulah penyewa yang tidak bertanggungjawab.

Kekurangan kos-kosan:

  • Owner harus rutin menagih uang pembayaran kos setiap bulan. The worst condition adalah, kadang ada penghuni kos yang nunggak saat membayar.
  • Lokasi yang tidak strategis dapat membuat harga kos-kosan jatuh. Selain itu juga sepi karena peminatnya sedikit. Anda harus melakukan beragam promosi hingga memangkas harga supaya bisa mendapatkan calon penyewa.
  • Supaya keamanan dan kenyamanan kos tetap terjaga. Pemilik juga harus memberikan perhatian ekstra, baik kepada bangunan tempat kos, maupun terhadap penghuninya. Karena pemilik memiliki tanggung jawab penuh terhadap properti dan orang di dalamnya.

Apabila dipelajari, maka bisnis rumah kontrakan maupun kos-kosan memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Karena sebenarnya tidak ada bisnis yang bebas dari risiko. Persentase mengalami kerugian pasti ada. Selain itu, sebelum memutuskan untuk bisnis properti sewa. Sebaiknya kenali terlebih dahulu lingkungan tempat bangunan akan dibangun.

One thought on “Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Rumah Kontrakan vs Kos-Kosan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *