Langkah Mudah Upgrade RAM Laptop

Salah satu komponen penting memiliki pengaruh besar terhadap performa komputer atau laptop adalah RAM. Alat yang memiliki nama panjang, Random Acces Memory ini memiliki fungsi sebagai penyedia penyimpanan yang dapat ditingkatkan. Namun, bagaimana sebenarnya cara mudah meningkatkan RAM.

Menambah kapasitas RAM di perangkat komputer atau laptop dapat sangat mudah dilakukan, meski memiliki komputer dengan RAM kecil bisa membantu pekerjaan atau sekadar digunakan untuk memainkan game. Tetapi, RAM yang besar akan memudahkan segala urusan mengenai pekerjaan atau kesenangan Anda.

Cara Mudah Meningkatkan RAM Laptop

Agar memiliki laptop atau komputer dengan performa yang maksimal, Anda harus menambah kapasitar RAM pada perangkat tersebut. Namun, cara yang dilakukan untuk menambah kapasitas RAM ini tidak boleh dilakukan dengan sembarangan karena ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Mengganti dengan RAM Baru

Cara pertama yang dapat Anda lakukan mengganti RAM laptop atau komputer yang paling mudah dilakukan adalah mengganti dengan RAM baru, terdapat beberapa hal yang wajib dilakukan. Yakni memastikan bahwa slot RAM tiudak disolder permanen dan lakukan cek kompatibilitas laptop.

Apabila slot RAM pada laptop disolder permanen, maka sudah sangat jelas Anda tidak dapat mengganti RAM komputer Anda dengan yang baru. Kemudian pastikan ukuran RAM laptop, jika laptop hanya diberi kapasitas RAM maksimum 8GB, Anda tidak dapat menggantinya dengan ukuran 16GB. Jika ada dua slot RAM dan anda menambah RAM di slot yang kosong, pastikan clockspeed antara kedua RAM sama.

Menambah RAM dengan Tambahan Virtual

Untuk menambah RAM laptop dapat pula dilakukan dengan cara penambahan virtual memory, yakni memory tambahan yang diambil dari hardisk. Perlu diperhatikan karena penggunaan virtual memory sudah pasti akan mengurangi kapasitas hardisk tersebut, caranya sebagai berikut ini.

  • Masuk menu Windows Explorer.
  • Klik kanan pada My Computer, pilih Properties.
  • Pilih Advanced Systes Settings.
  • Masuk Advanced, pilih Settings.
  • Kembali ke Advanced, pilih Change yang terdapat di bawah Virtual Memory.
  • Hapus Checklist pada ops Automatically Manage Paging File Size For All Drivers.
  • Tentukan partisi yang akan digunakan untuk menambah virtual memory.
  • Lakukan input jumlah virtual memory yang diingkan, seperti misalnya 2000 MB dengan initial size dan 4000 MB sebagai maksimum size.

Baca Juga: Upgrade RAM, VGA, atau Processor?

Menambah RAM Laptop dengan ReadyBoost

Selain menggunakan virtual memory, langkah menambah RAM untuk laptop selanjutnya bisa menggunakan ReadyBoot. Dalam pemakaiannya, virtual memory mengandalkan hardisk, sementara ReadyBoost menggunakan kapasitas dari memori eksternal bisa dibilang seperti flash disk atau SD card, caranya seperti berikut ini.

  • Pasangkan memori eksternal yang akan dipakai, salah satu contohnya seperti flash disk.
  • Jika sudah muncul menu AutoPlay, pilih Speed up my system, jika tidak muncul AutoPlay.
  • Klik kanan pada ikon flash disk, pilih properties, lalu beralih pada ReadyBoost.
  • Pilih Dedicate this device to Readyboost agar dapat memakai semua kapasitas flash disk.
  • Klik OK.

Keterbatasan memory RAM pada laptop atau komputer bisa diakali dengan bermacam-macam cara, tidak hanya beberapa cara diatas. Metode atau trik diatas merupakan beberapa cara yang mudah dilakukan karena tidak mengharuskan Anda melakukan banyak langkah ketika mencobanya.

Hal lain yang harus dan perlu diperhatikan adalah memilih jenis merek RAM yang sama, hal ini hanya sebatas anjuran. Jika slot RAM Anda berisi merek A maka juga harus diganti dengan RAM dengan merek A pula. Setiap merek RAM memiliki kualitas yang berbeda, dan juga apabila diganti dengan merek yang berbeda maka tidak akan sesuai.

2 thoughts on “Langkah Mudah Upgrade RAM Laptop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *