Langkah Mudah Merakit 3D Printer

Seiring perkembangan teknologi di jaman ini, semakin banyak pekerjaan yang mudah untuk dilakukan, salah satunya merakit 3D printer. Akan tetapi, masih banyak orang yang belum mengetahui mengenai 3D printer, namun tidak perlu khawatir karena terdapat beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan untuk merakit 3D printer.

Perlu dipahami terlebih dahulu apa itu mesin 3D printer, hal ini akan membawa Anda untuk dapat lebih mudah dalam merakit dan menggunakannya nanti. Mengapa merakit 3D printer harus dilakukan sendiri, karena Anda akan mendapat dua keuntungan. Pertama menghemat biaya, dan kedua membantu melatih kemampuan dalam merakit sebuah barang bagus.

Tips Merakit 3D Printer dengan Mudah

Pahami Istilah Sumbu

Langkah pertama yang harus Anda pahami terlebih dahulu adalah mengenai sumbu dalam alat ini, yakni x,y, dan z. Sumbu ini memiliki fungsi sebagai penggerak nozzke agar membuat objek memiliki volume, dan tidak hanya punya atau memiliki 2 dimensi saja.

Kenali Fungsi Pemanas

Pemanas atau juga disebut dengan hotend memiliki fungsi sangat penting, yakni membantu memanaskan plastik yang akan dicetak sehingga bentuk dari cetakan akan terlihat benar-benar sesuai dengan harapan. Pencetak yang terdapat pada rangkaian harus memiliki pemanas, untuk membentuk sesuatu dengan bahan dasar plastik.

Perhatikan Filament

Yang disebut dengan filament adalah sebuah bahan plastik berbentuk seperti sebuah gulungan tali yang memiliki ukuran berdiameter 1.75mm atau dapat lebih besar lagi. Filament dapat meleleh ketika terkena panas, lalu ketika dicetak menggunakan printer 3D dapat membentuk sesuai yang dikehendaki slicer.

Sementara itu yang dimaksud dengan slicer adalah alat yang memiliki fungsi untuk menerjemahkan objek-objek 3D yang akan dikirim ke printer, dalam satu momen yang bersamaan sumbu-sumbu ini akan bergerak secara tepat sesuai dengan apa yang telah diterjemahkan oleh slicer tersebut.

Siapkan Software Gambar 3D

Merakit 3D printer akan lebih mudah dan dapat dilakukan dengan sangat baik jika Anda memiliki software gambar 3d, hal ini diperlukan agar nantinya Anda mudnah mendapatan autocad, openscad, google, sketchup dan atau jenis software yang sama lainnya. Merakitnya akan lebih mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama.

Baca Juga: Bahan yang Diperlukan untuk 3D Printing

Kuasai Kemampuan Robotik

Memiliki kemampuan robotik ketika akan merakit 3D printer juga akan membuat Anda mendapatkan keuntungan lebih, namun jika sebelumnya Anda belum memiliki kemampuan tersebu maka akan terasa sangat sulit. Anda dapat menemukan dan membeli perangkat melalui situs online, karena banyak yang dijual rakitan.

Teknik Perakitan

Anda dapat menggunakan bahan pvc karena mudah didapat, bahan alumunium profile susah untuk ditemukan, selain itu harganya mahal. Sangat direkomendasikan menggunakan sitem model printer core cz. Perakitan mekanik menjadi hal paling penting dalam jenis DIY printer 3D, karena semua bagian harus bekerja secara tepat.

Petunjuk perakitan mekanik mungkin akan terlihat berbeda-beda pada setiap modelnya, Anda dapat mengakalinya dengan melihat dari Google. Hal ini dipergunakan untuk mencari bagian yang pasti Anda butuhkan untuk merakit printer 3d. Pastikan bahan yang Anda cari dan ditemukan sesuai dengan kebutuhan.

Pada umumnya, bentuk perangkat akan lebih seperti robot kotak dan memiliki beberapa sumbu 3D. Disinilah hotend atau pemanas dengan fungsi sebagai pencair filamnet bisa membentuk sesuatu sesuai dengan perintah slicer. Yang perlu diperhatikan adalah kemampuan Anda dalam merakit karena alat dapat bekerja sesuai dengan harapan jika dirakit dengan benar.

Beberapa tips diatas bisa dijadikan sebagai patokan dalam merakit 3D printer dengan baik dan dapat bekerja sesuai dengan harapan. Pastikan Anda memahami beberapa komponen penting sebelum memulai merakitnya dan tidak salah dalam meletakkan komponen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *