Tips Memulai Usaha Kafe

Salah satu teman yang nyaman digunakan untuk banyak orang berkumpul adalah kafe, selain dapat menikmati hidangan kafe juga merupakan tempat yang cocok melepas penat dari kegiatan rutinitas. Hal ini juga menjadi faktor banyak orang membuka bisnis kafe, namun untuk bagaimana cara memulai bisnis atau usaha kafe ini?

Meski memberi peluang keuntungan yang besar, Anda tetap harus dapat menjalankan bisnis kafe dengan terstruktur. Diperlukan beberapa taktik jitu agar usaha ini berkembang ke depannya. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda praktekkan guna memulai usaha kafe.

Strategi Memulai Bisnis Kafe

  • Pilih Lokasi yang Ramai

Memiliki modal minim bukanlah halangan bagi Anda dalam membuka bisnis kafe, bahkan hingga sukses. Yang perlu Anda perhatikan adalah memperhatikan lokasi atau tempat yang akan dijadikan sebagai tempat usaha. Pastikan tempat yang Anda pilih dalam menjalankan usaha kafe berada di lokasi yang ramai dan strategis.

Anda dapat mencoba membuat tempat yang nyaman bagi pengunjung, hal ini sangat mendukung karena dapat membuat para pengunjung betah dan tak hanya sekali berkunjung ke kafe milik Anda. Semakin nyaman kafe, semakin banyak pula pengunjung yang menyempatkan diri datang.

  • Sajikan Menu yang Enak

Memiliki beragam sajian menu tak menjadi alasan pengunjung akan bertahan lama berada di kafe dan selalu berkunjung di kafe Anda. Tetapi, yang membuat para pengunjung mau datang karena kafe tersebut memiliki sajian menu yang lezat dan memiliki rasa yang sesuai dengan lidah pengunjung.

Jangan sampai membuat para pengunjung merasa jijik dengan menu yang Anda sajikan, hadirkan variasi menu selain memiliki cita rasa yang lezat. Tidak harus semua menu, hanya beberapa menu saja yang Anda rasa dapat menunjang keberlangsungan hidup kafe dan sesuai selera pengunjung.

Baca Juga: Bisnis Franchise Cincau Station

  • Beli Bahan Baku Menu dari Grosir

Dalam mensiasati pengeluaran dari pembelian bahan baku menu, Anda dapat membeli dari pedagang grosir. Anda akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah jika beli dari pedagang grosir ketimbang dari pengecer. Akan tetapi, jika Anda ingin mendapatkan harga murah, para pembelui umumnya diharuskan membeli dalam jumlah yang banyak.

  • Bikin Kafe Tema Lesehan

Kenyamanan menjadi kunci penting bagi Anda yang ingin membuka usaha kafe, menciptakan kafe dengan konsep lesehan adalah salah satu strategi yang menarik. Selain sederhana dan mudah dilakukan, konsep ini juga tidak memerlukan banyak dana alias pengeluaran akan terjangkau.

Anda tak perlu lagi memikirkan anggaran untuk meja dan kursi, yang tentu akan memakan biaya yang besar. Konsep kafe lesehan bisa digunakan untuk membuat kesan santai dan nyaman. Namun, perhatikan kebersihan karpet atau alas yang dipakai untuk lesehan.

  • Pakai Tenaga Sendiri

Memanfaatkan tenaga sendiri merupakan cara efektif dalam memulai bisnis kafe sekaligus menghemat pengeluaran. Anda tidak perlu ragu dan gengsi, sebagai pemilik usaha juga sekaligus merangkap jabatan sebagai pelayan atau koki. Memanjakan diri hanya karena status sebagai pendiri bisnis bukanlah cara menuju kesuksesan.

Tak jarang, banyak pebisnnis yang kemudian merekrut beberapa pekerja yang dijadikan sebagai karyawan mereka. Tentu hal ini sangat membantu pekerjaan, tetapi disisi lain juga diperlukan biaya untuk membayar para pekerja ini. Lantas, dana yang digunakan untuk membayar berasal dari pemasukan bisnis kafe tersebut.

Beberapa tips memulai bisnis usaha kafe dengan modal minim diatas merupakan beberapa langkah yang dapat Anda praktekkan. Terlebih jika Anda belum memiliki pengalaman sedikit pun dalam menggeluti dunia bisnis.

2 thoughts on “Tips Memulai Usaha Kafe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *