Mengenal Perbedaan CV dengan PT

Banyak bentuk usaha yang ada di Indonesia, tetapi hanya dua yang paling dikenal oleh masyarakat umum, yakni Perseroan Komanditer atau Commanditaire Vennootschap (CV) dan Perseroan Terbatas (PT). Lantas, apakah perbedaan CV dan PT dan bagaimana cara membeadakan kedua bentuk usaha ini.

Bagi Anda yang sudah mengetahui kedua bentuk usaha ini, Anda pasti sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan keduanya. Di luar dari kelebihan dan kekurannya, CV dan PT tetap memiliki perbedaan yang perlu diketahui banyak orang. Hal ini diperlukan agar orang tidak salah dalam mengartikan keduanya.

Perbedaan Utama CV dan PT

Perbedaan dari Pengertiannya

CV atau juga disebut commanditaire vennootschaap dan Perseroan Komanditer merupakan suatu persekutuan yang pendirinya terdiri dari satu atau lebih dari beberapa orang. Beberapa orang ini akan memberikan sejumlah uang atau barang kepada orang lain yang akan menjalankan perusahaan atau bertindak sebagai pemimpin.

Dalam hal ini CV akan bertindak sebagai sekutu pasif dan aktif, posisi aktif akan bertindak sebagai pemberi modal, sementara posisi pasif memiliki tugas sebagai pihak yang menjalankan perusahaan, bagaimanapun caranya untuk bisa mendapatkan keuntungan dari modal yang telah dikeluarkan.

Perseroan Terbatas, merupakan sebuah badan usaha yang memiliki modal terbagi dari beberapa saham beserta tanggung jawab dari para pemegang saham. Semuanya tergantung dari besarnya saham yang dimiliki. Sumber pendapatan modal berasal dari obligasi, jika PT mengalami kerugian maka para pemegang saham tidak berhak bertanggung jawab.

Akan tetapi, jika suatu Perseroan Terbatas mengalami keuntungan, keuntungan ini akan dibagikan untuk para pemegang saham. Pembagian keuntungan sesuai dengan banyaknya saham yang dimiliki para pemegang saham, sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Hal ini sudah menjadi perbedaan yang cukup mencolok dari keduanya.

Perbedaan dari Bentuk

Perbedaan CV dan PT juga terletak dari kepopuleran, tentu sudah pasti PT adalah perusahaan yang paling diminati dan mendapat peringkat teratas di dunia. Sangat berbeda dengan CV yang berada di bawahnya, PT termasuk ke dalam bentuk perusahaan berbadan hukum. Sementara persekutuan komanditer tidak berbadan hukum, hanya merupakan badan usaha.

Baca Juga: Risiko dan Keuntungan Berinvestasi di Perusahaan Start Up

Perbedaan dari Dasar Hukum

Dari dasar hukumnya, didirikannya Perseroan Terbatas telah diatur dalam undang-undang, sementara Persekutuan Komanditer tidak memiliki udang-undang untuk mengaturnya, selain dari bentuk dan pengertian, dasar hukum merupakan salah satu hal yang paling membedakan antara CV dan PT.

Perbedaan dari Pendiri

Jika dilihar dari pendirinya, Perseroan Terbatas wajib mengambil sebagian saham dari para pemegang saham, di awal mendirikan Perseroan Terbatas ini. Lain halnya dengan perseroan komanditer.

para pendiri perseroan komanditer dapat memilih posisi sebagai sekutu yang pasif atau aktif. Sekutu aktif, tugasnya hanya bertanggung jawab kepada pemodal, sementara pasif bertanggung jawab penuh.

Perbedaan dari Nama

Nama perusahaan bisa menjadi pembeda selanjutnya antara Perseroan Terbatas dan Perseroan Komanditer. Undang-undang mengatur nama perusahaan dari kedua bentuk usaha ini tidak boleh sama, artinya keduanya harus memiliki nama yang berbeda. Para pendiri perusahaan harus memiliki kreatifitas dalam memberikan nama.

Penjelasan dari beberapa perbedaan dari Perseroan Terbatas dan Perseroan Komanditer diatas merupakan sebagian kecil, tetapi sangat mudah diingat untuk membedakan kedua bentuk usaha tersebut. Perbedaan ini menjadikan kedua bentuk usaha akan mudah diingat bagi para masyarakat awam.

Perbedaan dari kedua bentuk usaha diatas bisa terbilang sangat banyak, mulai dari hal paling umum hingga pokok detail yang menjadi inti dari perusahaan tersebut. Terlepas dari banyaknya perbedaan, kedua bentuk usaha ini diminati banyak orang.

One thought on “Mengenal Perbedaan CV dengan PT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *