Cara Mengganti LCD dan Touchscreen Smartphone

Kerusakan pada layar smartphone memang sangat mengganggu. Pasalnya, Anda tidak akan bisa leluasa dalam menggunakan gadget tersebut. Seperti yang diketahui, kalau kerusakan touchscreen ini juga ada banyak macamnya. Salah satunya adalah white spot yang jika sudah meluas, maka akan membuat layar menjadi blank. Dan tentu saja Anda tidak akan bisa melihat apa-apa lagi.

Tips Mudah Mengganti LCD dan Touchscreen pada Smartphone

Jika touchscreen mengalami kerusakan, sebenarnya Anda bisa datang ke tempat service smartphone untuk memperbaikinya. Tapi sebenarnya, Anda dapat mengganti LCD dan smartphone sendiri tanpa harus mengeluarkan uang untuk membayar biaya service. Sayangnya, karena masih banyak orang yang belum mengetahui caranya. Kalau Anda adalah salah satunya, silakan simak tips di bawah.

Langkah-langkah mengganti LCD dan touchscreen:

1. Matikan Daya Smartphone

Langkah pertama yang wajib dilakukan adalah mematikan daya smartphone. Meskipun kelihatannya sangat sepele, namun impact yang ditimbulkan cukup besar. Karena kalau daya smartphone tetap hidup, maka dapat mengganggu proses ganti touchscreen. Selain itu, bukan tidak mungkin kalau fungsi smartphone juga akan terganggu nantinya.

2. Lepas Baterai

Setelah itu, lepas baterai pada smartphone. Kalau smartphone Anda mengusung komponen baterai biasa, maka tentu prosesnya akan lebih mudah. Tapi kalau smartphone Anda mengaplikasikan baterai non-removable, maka harus mencari tahu cara aman dalam melepaskannya. Hal ini sangat penting diketahui, supaya proses jadi lebih cepat.

3. Siapkan Obeng dan Mulai Membuka Sekrup

Sebelum mengotak-atik smartphone, sebaiknya siapkan dahulu beberapa obeng yang tepat untuk membuka bagian sekrup. Kemudian perlahan-lahan lepaskan line yang menjadi penghubung antara lcd dan pcb. Pada proses ini, Anda harus mengingat dengan baik dimana letak setiap bagian. Supaya mudah ketika hendak memasangnya kembali.

Baca Juga: Mengatasi “Brick” pada Smartphone Android

4. Hangatkan Layar

Kalau bagian pcb sudah berhasil terlepas dengan sempurna. Sekarang saatnya untuk menghangatkan touchscreen smartphone. Apabila disini Anda tidak memiliki alat khusus guna memanaskan smartphone, maka bisa memanfaatkan setrika atau hair dryer. Sebagai catatan, jika menggunakan setrika, bukan ditempelkan pada layar, tapi di dekatkan saja. Supaya touchscreen lebih mudah lepas.

5. Melepaskan Touchscreen dari Body

Langkah selanjutnya adalah melepaskan touchscreen dari body smartphone. Disini, Anda bisa memanfaatkan alat apa saja yang bentuknya pipih. Dapat menggunakan pisau kecil, yang penting pelan-pelan saat melakukannya. Supaya tidak ada bagian yang rusak. Karena dampaknya malah bisa menjadi fatal. Sebaiknya, mulai dari panel sisi bawah.

6. Langkah Percobaan

Kalau touchscreen yang sudah rusak terlepas sempurna, maka selanjutnya adalah langkah percobaan. Jadi, coba dahulu apakah LCD baru ini bisa berfungsi dengan normal. Kalau sudah make sure, baru berlanjut ke next proses. Karena bisa saja yang rusak bukan LCD Anda. Kasus seperti ini sudah sering terjadi, namun salah dipahami.

7. Pasang Touchscreen Baru

Yang terakhir adalah memasang touchscreen baru. Untuk cara memasangnya, pertama-tama harus menyesuaikan dengan body. Jadi, pastikan kalau touchscreen ini berada di posisi yang pas. Setelahnya, pasang sekrup dan kunci seperti saat awal. Pastikan kalau tidak ada bagian yang tertinggal. Sekarang, smartphone Anda sudah siap untuk digunakan seperti semula.

Mengganti LCD dan touchscreen pada smartphone memang kelihatan cukup mudah. Namun jangan lupa kalau prosesnya kadang juga trial and error. Tapi tidak ada salahnya untuk dicoba, supaya Anda juga bisa belajar. Hal paling sulit yang memerlukan perhatian lebih saat mengganti touchscreen, adalah ketika melepas bagian touchscreen. Pastikan Anda tidak merusak bagian yang lain.

3 thoughts on “Cara Mengganti LCD dan Touchscreen Smartphone

  • June 18, 2020 at 9:28 pm
    Permalink

    Wah nambah ilmu baru nih, jadi gak perlu bayar buat ganti. terimakasih ilmunya

    Reply
  • September 29, 2020 at 4:31 pm
    Permalink

    Kak bagaimana jika layar terlalu lengkat
    Mohon pencerahannya kak 🙂
    Salken Revaldo dari ISB Atma Luhur

    Reply
    • September 29, 2020 at 5:54 pm
      Permalink

      Yang paling umum pakai pick gitar atau bekas kartu sim buat congkel lcd pelan-pelan mengelilingi sampai lepas. Memang kadang masih tidak mau lepas, tapi bisa ditarik dari dua sisi. Kalau ada heater lebih mudah lepasnya, tapi jangan lama-lama sampai terlalu panas

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *