Cara Mudah Ganti Baterai Tanam (non-removable) Smartphone

Menggunakan smartphone yang mengusung baterai non removable terkadang memang bisa menjadi suatu problema tersendiri. Pasalnya, tidak seperti baterai yang dapat dilepas dengan mudah. Baterai tanam ini bersifat permanen, karena melekat pada smartphone. Sehingga sulit sekali untuk dilepaskan ketika baterai rusak. Kecuali Anda memiliki teknik khusus untuk mengatasinya.

Apa itu Baterai Tanam?

Di era perkembangan teknologi seperti sekarang ini, para produsen ponsel genggam memang terus berionovasi dalam upaya menciptakan produk terbaik. Jadi, dapat dimaklumi kalau perangkat software dan hardware pada handphone juga berubah-ubah sesuai dengan berjalannya waktu. Termasuk juga pada baterai yang digunakan.

Saat ini tidak sedikit produsen yang melengkapi smartphone dengan baterai non-removable, atau yang lebih dikenal dengan nama baterai tanam. Yang mana kemudian menimbulkan masalah tersendiri ketika baterai mengalami kerusakan dan harus diganti. Bagi masyarakat awam, cara termudah untuk mengatasinya adalah dengan datang ke tempat service smartphone.

Jadi, apa itu baterai non-removable? Baterai jenis ini dipasang dengan cara ditanam pada perangkat di smartphone. Jadi, kalau ingin membukanya, maka harus terlebih dahulu membongkar seluruh bagian gadget. Tidak mengherankan kalau kemudian banyak yang beranggapan, bahwa baterai non removable ini sifatnya permanen, alias tidak dapat dilepaskan.

Cara Mengganti Baterai Tanam Smartphone

Bagi Anda yang memiliki smartphone dengan baterai tanam, sekarang tidak perlu susah payah pergi ke tempat service lagi untuk bisa membuka baterai non removable. Di bawah ini adalah beberapa cara ampuh yang dapat dicoba di rumah?

1. Kenali Jenis Smartphone yang Digunakan

Sebelum lebih jauh membahas cara melepas baterai tanam, maka hal pertama yang harus dipelajari adalah mengenali jenis brand, dan tipe smartphone yang digunakan. Setiap smartphone dirakit dengan sistem berbeda. Jadi, bisa saja cara mengganti baterai yang harus dilakukan juga berbeda. Setiap brand memiliki metode-nya masing-masing.

2. Matikan Daya

Secara umum, sebelum mengotak-atik smartphone, Anda harus mematikan daya terlebih dahulu. Jadi, pastikan kalau hp dalam keadaan mati. Supaya proses bongkar hardware jadi lebih mudah, dan tentunya aman.

3. Melepaskan Laci SIM

Setelah itu, lepaskan laci simcard dari smartphone. Sebagaimana diketahui, kalau pada smartphone yang mengaplikasikan baterai tanam, simcard berada di area laci bagian samping.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis Agar Kembali Awet

4. Buka Casing Belakang

Untuk membuka casing smartphone, lakukan dengan hati-hati supaya tidak menimbulkan kerusakan pada casing. Mulailah dari panel yang ada di bagian depan, khususnya dari garis pembatas smartphone di area belakang. Kalau tidak bisa diregangkan dengan kuku, maka bisa gunakan alat untuk mencongkel. Lakukan secara perlahan.

5. Melepaskan Baut

Setelah casing belakang sukses dibuka. Sekarang perhatikan baut-baut yang menutupi seluruh sisi baterai. Anda bisa menggunakan alat pembantu untuk melepaskan semua baut tersebut.

6. Melepaskan Flexible Pada Baterai

Setelah semua baut sukses terlepas, selanjutnya Anda harus melepaskan flexible yang ada pada baterai. Flexible ini menempel di bagian papan mesin smartphone. Tidak perlu khawatir kalau kabel terputus, karena nantinya baterai juga diganti dengan yang baru.

7. Lepas Perekat Baterai

Saat membongkar baterai tanam, Anda akan mendapati perekat pada bagian bawah baterai. Dan supaya proses mengganti baterai lebih mudah, sebaiknya lepaskan perekat terlebih dahulu. Jadi, tinggal ditarik saja.

8. Lepaskan Baterai Lama dan Pasang yang Baru

Yang terakhir adalah, lepaskan baterai lama pada smartphone dan pasang yang baru. Sebagai catatan tambahan, jangan lupa memperhatikan semua komponen saat memasang.

Cara mudah mengganti baterai tanam yang ada di atas dapat dikatakan cukup simple. Sehingga dapat dicoba untuk di aplikasikan oleh siapa saja. Yang paling penting adalah, berhati-hati ketika melepaskan bagian flexible. Jangan sampai port rusak, karena dapat menyebabkan baterai tidak dapat dapat terisi daya.

One thought on “Cara Mudah Ganti Baterai Tanam (non-removable) Smartphone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *