Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Hilang

Pentingnya keberadaan media sosial memicu informasi akan cara mengembalikan akun Instagram yang hilang sangat diperlukan

Pentingnya media sosial di era serba internet saat ini membuat banyak orang bingung ketika mendadak kehilangan akses terhadap salah satu akun. Untuk itulah cara mengembalikan akun Instagram yang hilang begitu dibutuhkan, apalagi jika Anda menggunakan media sosial demi keperluan bisnis. Saat tak bisa masuk akun, tentu segala hal bakal dilakukan.

Lantaran memiliki fungsi yang amat sangat penting, ketika akses Instagram itu hilang entah lupa kata sandi akun, lama tidak dibuka, diretas atau mungkin dilaporkan spam oleh pengguna lain, pasti bakal bikin bingung. Nah, supaya tidak cemas berikut ini akan kami bahas lengkap mengenai penyebab dan bagaimana cara mengembalikan akun Instagram yang hilang.

Penyebab Akun Instagram Hilang

Sebagai sebuah akun media sosial milik pribadi, sudah seharusnya akses akun Instagram itu hanya diketahui oleh Anda. Tak heran jika mendadak akun itu hilang, Anda akan bertanya-tanya apa penyebabnya. Agar bisa menentukan cara mengembalikan akun Instagram yang hilang yang tepat, berikut ini penyebab hilangnya akun Instagram yang wajib diketahui:

Kata Sandi Terlalu Mudah

Selayaknya kunci gembok di pagar rumah, begitu pulalah fungsi kata sandi. Karena ketika kunci gembok itu terbuka, seseorang jelas memiliki akses penuh ke dalam rumah tersebut. Hal tersebut juga terjadi saat Anda memakai kata sandi alias password terlalu mudah untuk akun Instagram. Kerap diremehkan, penggunaan kata sandi terlalu mudah bisa saja membuat akun diretas.

Nantinya ketika akun tersebut diretas oleh oknum tak bertanggung jawab, Anda bisa saja kehilangan akses dan mendadak akun tersebut lenyap begitu saja. Untuk itulah bijak dalam menentukan password. Kalau bisa pakai paduan huruf, angka dan karakter spesial supaya makin unik. Usahakan juga tidak memberitahu kata sandi terhadap orang lain.

Lupa Keluar Akun

Saat ini sudah jadi hal lumrah jika akun Instagram seseorang terhubung ke smartphone atau laptop pribadi, dan hal itu tak masalah. Namun ketika Anda masuk ke dalam akun Instagram di device asing seperti PC kantor atau PC warnet, usahakan untuk selalu keluar alias log out. Hal ini juga berlaku ketika Anda hendak menjual gawai pribadi.

Sebelum gawai tersebut berpindah tangan, pastikan seluruh history aktivitas dan file-file cache terlah terhapus agar tidak disalah gunakan. Jika perlu lakukan factory reset agar semua data yang tersimpan di ponsel hilang. Begitu pula benahi ulang fitur keylogger yang mampu menyimpan data kata sandi. Dengan begitu Anda tak perlu cemas saat akun bakal diretas dan dihapus begitu saja.

Alami Pishing dari Link Asing

Pernah memperoleh DM bertuliskan ‘Hai, aku baru saja mendengar kabar buruk tentangmu. Coba cek di sini kebenarannya (tautan aktif)’? Anda harus waspada terhadap chat tersebut dan tak usah pedulikan anjurannya untuk mengklik link. Kenapa begitu? Karena tanpa sadar saat menuju tautan tersebut, ada program yang bakal meretas akun korban dan kemudian bisa membuatnya hilang pula.

Baca Juga: Mengenal Pengertian Phising dan Cara Menghindarinya

Perlindungan Akun tak Maksimal

Penyebab akun Instagram menghilang berikutnya adalah perlindungan yang kurang maksimal. Misalnya, Anda memakai kata sandi yang sama untuk seluruh akun mulai dari Instagram, Facebook hingga email yang saling berhubungan. Dengan begitu ketika ada orang yang berhasil meretas akun Instagram, dia akan dengan mudah mengubah pengaturan email dan membuat akun Anda hilang.

Begitu pula dengan tidak mengaktifkan email restore hingga memakai fitur two step verification yang sangat penting jadi pelindung terakhir dari akun pribadi. Lantaran kedua hal tersebut termasuk dalam cara mengembalikan akun Instagram yang hilang, sehingga jika tidak diaktifkan, peluang akun kembali pun sangat kecil.

Melanggar Aturan Instagram

Yang namanya manusia ada kalanya berkomentar terbawa emosi dan menyinggung orang lain. Jika korban merasa tidak enak di Instagram, bisa saja melaporkan keluhannya ke Instagram. Begitu pula jika Anda begitu sering komentar di Instagram selebritis dengan tujuan promo produk, bisa saja hal ini dianggap mengganggu dan akhirnya akun Anda pun di-report ke Instagram.

Kalau sudah banyak orang yang mengeluh dan melaporkan akun, bisa saja Instagram mengambil langkah sepihak dengan menonaktifkan akun Anda. Sangat merugikan bukan?

Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Mendadak Hilang

Setelah memahami penyebab akun Instagram mendadak hilang, maka hal berikutnya yang harus diketahui adalah bagaimana cara mengembalikan akun Instagram yang hilang. Tak perlu lama-lama lagi, berikut ini ulasannya!

Hubungi Pusat Bantuan Instagram

Cara mengembalikan akun Instagram yang hilang pertama dan tampaknya paling sering dilakukan adalah dengan mengubungi Pusat Bantuan di Instagram. Bisa diakses baik melalui aplikasi atau browser di PC, keberadaan Pusat Bantuan memang sangat membantu. Hanya saja setidaknya Anda harus memiliki pemahaman berbahasa Inggris supaya komunikasi lancar.

Nantinya Anda akan diminta untuk mengisi form mulai dari informasi akun (nama akun dan kata sandi), email pemulihan, email baru hingga alasan pengajuan permintaan untuk memulihkan akun Instagram. Hanya saja cara ini dianggap tidak efektif dan efisien karena butuh waktu lama. Belum tentu juga akun yang hilang bakal kembali 100%.

Baca Juga: Deretan Tips Bisnis Online di Instagram yang Bisa Dilakukan

Masuk Akun Lewat Pihak Ketiga

Nantinya jika Anda menerapkan cara mengembalikan akun Instagram yang hilang dan memperoleh akun tersebut, maka lakukan re-login. Ketahuilah, akun Instagram yang hilang dan dipulihkan bisa saja sudah mengalami perubahan oleh peretas. Untuk itulah Anda harus waspada dalam menentukan pihak ketiga membuka akun seperti Facebook, email pemulihan hiingga nomor HP.

Namun opsi cara mengembalikan akun Instagram yang hilang lewat pihak ketiga ini juga tidak bisa 100% sukses. Karena jika Anda menggunakan kata sandi yang sama antara akun Instagram dan pihak ketiga, kemungkinannya juga sudah dikacaukan oleh peretas. Makin menyulitkan, bukan? Karena itu wajib hukumnya sediakan kata sandi berbeda di setiap-setiap akun pribadi.

Bersikap Sabar

Dan inilah cara mengembalikan akun Instagram yang hilang yang terakhir dan harus dimiliki setiap orang, yakni sabar. Karena memang proses pemulihan akun Instagram hilang tak bisa dilakukan secara cepat. Pihak Instagram tentu harus menilai sedemikian rupa pengajuan Anda, ssebagai salah satu upaya untuk tidak berurusan dengan para peretas.

Selain menunggu lama, sudah disebutkan sebelumnya bahwa peluang akun yang hilang bisa kembali 100% adalah mustahil. Bahkan banyak orang sampai harus merelakan akun tersebut,lantaran proses pengembalian dari Instagram sangat lambat. Untuk itulah dalam kondisi demikian, bersikap sabar sudah menjadi kewajiban terlepas dari apakah akun itu kembali ke atau tidak.

Baca Juga: Mendapatkan Penghasilan dari Endorse di Instagram

Terbukti kan kalau ternyata cara mengembalikan akun Instagram yang hilang tidak semudah yang dipikir? Dengan tidak adanya kepastian akun yang hilang bisa kembali, ada baiknya jika Anda cukup lapang dada dengan segala kemungkinan. Nanti ketika Anda harus membuat ulang akun baru, usahakan untuk menggunakan perlindungan tambahan supaya tidak hilang akses lagi.

Related Post

Syarat Dan Cara Monetisasi Video Facebook Monetisasi merupakan perubahan fungsi yang dilakukan oleh seseorang pada akun pribadi menjadi akun bisnis. Dalam hal ini contohnya facebook yang semul...
Syarat dan Tips Monetize Video Fanpage Facebook Mau mencari penghasilan dari Fanpage Facebook dengan video tapi bingung caranya? Baca dulu syarat monetize Fanpage Facebook ini…. Kini Anda bisa mend...
Cara Menghilangkan Iklan Di HP Android Secara Efek... Sedang browsing namun tiba-tiba iklan muncul di layar hp android tentu sangat mengganggu kenyamanan. Jika hanya sesekali mungkin masih dinilai wajar, ...
5 Cara Membuat Blog Menarik Bagi Pemula Memiliki blog pribadi atau membangun website untuk tujuan tertentu adalah keinginan beberapa orang. Tidak jarang masih banyak yang belum mengetahui ba...
Tutorial Membuat Stiker WhatsApp Pribadi Kali ini saya akan membahas Tutorial Membuat Stiker WhatsApp Pribadi. Siapa yang tidak mengetahui Aplikasi WhatsApp di era Digital ini? Aplikasi Whats...
Ketahui Alasan Memblokir Kontak Whatsapp Dan Cara ... Blokir kontak di aplikasi whatsapp sudah sering dilakukan oleh berbagai orang. Hal ini dikarenakan tidak ingin diganggu oleh nomor yang tidak dikenal ...
10 Cara Bermain Trading Saham Dengan Mudah Banyak sekali bisnis yang mudah dijalani tetapi memiliki pendapatan yang lumayan besar, salah satunya yaitu trading saham. Trading saham kini sudah ba...
Ini, Cara Ikut Lelang DJKN Dengan Mudah dan Tepat Ada 12 langkah cara ikut lelang DJKN. Sign up, melakukan pendaftaran, username, kode aktivasi. Simak  kelanjutannya di artikel ini Bagi Anda yang bel...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *