Contoh UMKM untuk yang Cocok untuk Pemula

Dengan berkembangnya usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), peluang tumbuhnya ekonomi kreatif di Indonesia semakin tinggi. Selain itu, UMKM juga memberikan dampak signifikan terhadap terciptanya banyak lapangan kerja. Bahkan, usaha mikro kecil dan menengah berhasil menjadi salah satu faktor penting dalam perekonomian di Indonesia. Di bawah ini kami akan menjelaskan pengertian UMKM dan UMKM contohnya apa saja.

Pengertian UMKM

UMKM merupakan kepanjangan dari usaha mikro, kecil, dan menengah. Tiga kategori tersebut dibagi berdasarkan nilai aset dan omset. Usaha mikro memiliki nilai aset maksimal 50 juta rupiah dengan omset maksimal 300 juta rupiah. Sedangkan untuk usaha kecil, nilai aset adalah 50-500 juta rupiah dengan omset 300 juta-2,5 miliar rupiah. Untuk usaha menengah, aset bernilai 500 juta-10 miliar dengan nilai omset lebih dari 2,5 miliar rupiah.

Contoh UMKM

Banyak sekali jenis-jenis usaha mikro kecil dan menengah yang tersebar di seluruh Indonesia. Jika Anda mempunyai minat membangun bisnis namun masih bingung untuk menentukan jenis UMKM contohnya dalam bidang pakaian, pendidikan, kuliner, atau sebagainya, kami akan memberikan penjelasan singkat tentang beberapa sektor dalam UMKM.

1. Pakaian

Bagi Anda yang mengikuti perkembangan dunia fashion serta mengikuti tren, bisnis pakaian adalah pilihan yang tepat. Bisnis ini cenderung butuh modal yang kecil karena Anda bisa memulai berjualan di marketplace terlebih dahulu sebelum membuka toko fisik untuk menjajal keadaan pasar yang sedang berkembang.

2. Kuliner

Salah satu peluang bisnis yang tidak pernah sepi adalah bisnis kuliner. Usaha di bidang ini terus mengalami kemajuan dengan inovasi-inovasi baru. Anda harus mempertimbangkan orisinalitas dan kualitas produk Anda. Karena dalam bisnis makanan, inovasi dan marketing rasanya tidak cukup karena persaingan  yang semakin ketat. Prinsip dasar dalam berbisnis kuliner adalah mengembangkan produk yang berkualitas dan manajemen yang baik.

3. Jasa rias

Bagi Anda yang memiliki hobi dandan, Anda bisa memanfaatkan keahlian dan kegemaran Anda sebagai sumber penghasilan. Bisnis MUA dan hair-do adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Anda bisa mengupload portofolio Anda ke sosial media agar para pelanggan yakin untuk memilih Anda yang dipercayai dapat mempercantik pelanggan untuk momen bahagia mereka.

4. Jasa fotografi dan videografi

Biasanya, jasa foto dan video ramai digunakan untuk mendokumentasikan momen-momen berkesan seperti prewedding, pernikahan, wisuda, ulang tahun, atau anniversary. Bagi Anda yang mempunyai keahlian dalam bidang fotografi tentu saja ini adalah peluang yang besar. Dapat mengoperasikan perangkat lunak untuk menyunting foto dan video akan menjadi nilai tambah Anda.

5. Pendidikan

Besar kesempatan bagi untuk Anda memulai membuka bisnis UKM dalam bidang pendidikan contohnya membuka bimbingan belajar. Bimbingan belajar menjadi pilihan bagi murid-murid untuk belajar lebih intensif. Terlebih jika mendekati musim ujian, peminat bimbingan belajar baik privat maupun kelompok akan naik drastis. Anda juga bisa mengajar jarak jauh dengan sosial media.

6. Agribisnis/Agrobisnis

Seperti yang Anda ketahui, Indonesia kaya akan potensi hasil pertanian dan perkebunan. Anda bisa memulai usaha ini dengan mencari tahu potensi di daerah Anda dan pangsa pasar terdekat. Saat ini, buah dan sayuran organik sedang digemari. Anda juga bisa menjual produk pertanian Anda dengan berbasis aplikasi.

Baca Juga: Mendalami UMKM di Bidang Agribisnis

Demikian beberapa jenis usaha mikro kecil dan menengah yang mungkin bisa Anda kembangkan sesuai dengan keahlian dan modal yang Anda punya. Gali terus potensi yang Anda punya untuk mengembangkan bisnis dengan banyak belajar dan pantang menyerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *