Rekomendasi Home Theater Murah tapi Gak Murahan

Home theater murah sangatlah banyak di pasaran karena hampir setiap produsen elektronik merilis produk dengan pangsa tersebut.

Memiliki bioskop pribadi di rumah dengan memanfaatkan home theater murah tapi berkualitas merupakan dambaan banyak orang. Sayangnya, ketika harga set perangkat home theater ditawarkan dengan harga miring, hal itu justru membuat calon konsumen ragu. Apa saja sih merek set home theater dengan harga terjangkau tapi bagus?

Polytron PHT 925

Ditawarkan dengan kisaran harga Rp1.450.000,- untuk set home theater ekonomis. Polytron PHT 925 sendiri merupakan produksi perusahaan lokal Indonesia. Meskipun dibanderol dengan harga miring, stereo yang disematkan merupakan Equalizer System 10 Preset. Tentu saja dari sisi audio tidak perlu diragukan lagi efek bass dan kejernihan suara yang dihasilkan.

Adapun perangkat home theater ini terdiri dari empat tower speaker dan satu buah subwoofer. Selain itu, terdapat dua buah mic yang bisa digunakan ketika sedang berkaraoke di rumah. Untuk fitur hiburan tambahan, terdapat Radio FM tune in yang tentunya mengakomodasi bagi Anda pecinta siaran radio.

Roadmaster HT-2014M

Walaupun merek yang satu ini kurang terdengar gaungnya, bukan berarti kualitasnya jelek. Roadmaster HT-2014 merupakan set perangkat bioskop rumahan yang bersaing ketat dengan produk keluaran Polytron. Sama-sama berasal dari pabrikan lokal dan ditawarkan dalam range harga yang sama. Meski demikian, Roadmaster memiliki kelengkapan yang lebih baik.

Selain perangkat audio standar set, terdapat konektivitas berupa kabel HDMI dan USB Playback. Radio FM merupakan fitur tambahan yang disematkan. Selain itu, terdapat DVD Player yang menghasilkan gambar super tajam. Dukungan stereo Dolby Digital 5.1 juga semakin menambah keren audio dari set home theater murah ini.

Baca Juga: Dengan TV Box, Sulap TV Konvensional Menjadi Smart TV!

LG LHD636P

Produsen teknologi asal Korea Selatan, LG, juga tidak mau kalah dengan memproduksi home theater murah kualitas bagus. Pertama, set perangkat ini memiliki konektivitas lengkap ; USB Playback, kabel HDMI, WiFi, dan Bluetooth. Selain itu, tidak hanya menyertakan woofer dan subwoofer saja, terdapat pula tweeter untuk melengkapi perangkat.

Radio FM merupakan fitur hiburan lain yang ditawarkan. Selain itu, produk besutan LG ini sudah memiliki kemampuan pemutaran fail berformat BluRay. Tentunya hal ini akan menambah pengalaman menyenangkan dalam memanfaatkan bioskop pribadi di rumah. Harga yang dipatok pun relatif terjangkau. Hanya Rp2.600.000,- untuk tiap set perangkat.

LG DH3640H

Sedikit lebih mahal dari seri sebelumnya, LG DH3640H dilepas ke pasaran dengan banderol Rp2.800.000,- per set. Sejatinya, ini adalah versi perbaikan dari set sebelumnya yang ditawarkan dengan banderol harga lebih murah. Seri LHD636P mengonsumsi listrik cukup besar, yakni 1000 watt, sedangkan DH3640H hanya 850 watt saja.

Selain itu, penambahan fitur bass blast membuat home theater murah terbaik ini menghasilkan audio yang lebih jernih dan stabil. Dari segi desain, DH6340P juga relatif lebih eye catching bila dibandingkan seniornya. Tidak hanya memiliki empat woofer, tapi set perangkat ini didukung oleh 5 buah woofer sekaligus.

Panasonic SC-XH333

Pabrikan teknologi asal Jepang, Panasonic, mungkin kurang memiliki daya tarik di kalangan konsumen Indonesia yang cenderung brand-minded. Padahal, produk besutan Panasonic terkenal akan kebandelannya sehingga tidak mudah rusak. Termasuk untuk perangkat set audio visual yang satu ini. Dibanderol dengan harga Rp2.500.00,- yang ekonomis tapi berkualitas.

Desainnya cukup mewah dengan dominasi warna hitam bercorak silver. Kualitas audionya didukung Dolby Sound System yang tidak perlu dipertanyakan lagi kualitasnya. Selain itu, pemutar visualnya memiliki perangkat keras berkualitas tinggi yang membuat visualnya memiliki resolusi amat tajam. Dengan range tersebut, Anda sudah bisa mendapatkan home theater murah tapi berkualitas.

Sony DAV-TZ150

Tidak ingin dengan sejawat satu negerinya, pabrikan Sony yang pernah mendominasi pasar IT Asia pun turut bersaing di sektor home theater. Harga yang ditawarkan adalah Rp2.800.000,- per set. Sebuah harga yang cukup masuk akal bila mempertimbangkan nama besar dan kualitas Sony yang sudah teruji dan selalu terjaga.

Walaupun speaker yang digunakan menggunakan Dolby Sound System yang tampak standar, tapi fitur tambahan yang disematkan tidak boleh dipandang remeh. Fitur S amplifier dan Bravia Sync adalah pelengkap yang membuat perangkat ini menghasilkan suara 10x lebih jernih. Dari segi konektivitas dan fitur hiburan pelengkap kurang lebih sama dengan merek lain.

Philips HTS5543/98

Home theater murah selanjutnya adalah Philisp HTS5543/98 yang dibanderol Rp3.000.000,- per set. Perangkat ini memiliki sound system Dolby Digital 5.1 yang dilengkapi click-fit speaker connector di mana membuat pengaplikasiannya menjadi lebih mudah. Selain itu, ada tambahan fitur composite video (CVBS) output untuk mengakselerasi fail berbasis audio visual.

Samsung HT-J5530K

Raksasa IT Korea Selatan, Samsung, identik dengan produk-produknya yang berkualitas dalam range harga terjangkau. Untuk sektor perangkat teater rumah, mereka merilis Samsung HT-J5530K yang masuk dalam kelas ekonomis. Walaupun begitu, perangkat multimedia ini sangat direkomendasikan. Harga jual yang ditawarkan oleh produsen adalah Rp4.300.000,- per set.

Dengan harga yang reasonable, satu set Home Theater pabrikan Korea, Samsung HT-J5530K bisa meramaikan ruangan rumah anda,
Dengan harga yang reasonable, satu set Home Theater pabrikan Korea, Samsung HT-J5530K bisa meramaikan ruangan rumah anda,

Pada bagian suara, HT-J5530K dilengkapi dual speaker besutan Dolby Digital dan Crystal Amplifier. Sehingga tidak perlu lagi memertanyakan perihal kualitas suara yang dihasilkan. Fitur pemutar Blu-Ray juga sudah didukung sehingga tampilan visualnya sangat maksimal. Sistem kerja perangkat adalah wireless sehingga lokasi penempatannya lebih bebas karena tidak harus dekat dengan saklar.

Baca Juga: Gamer Galau: Gaming PC, PS4, atau Xbox One?

Tips Memilih Perangkat Home Theater Untuk Rumah

Dalam memilih perangkat home theater murah, ada beberapa tips yang dapat Anda terapkan agar tidak sampai membeli produk yang mengecewakan :

1. Jangan Brand-Minded

Kecenderungan brand-minded atau memilih produk berdasarkan merek justru akan merugikan Anda dalam memilih perangkat. Prasangka bahwa brand populer, apalagi dengan harga yang lebih mahal memiliki kualitas lebih baik tidak selalu benar. Terkadang merek baru atau tidak populer juga memiliki kualitas yang tidak kalah bagus.

2. Pilih Perangkat dengan Fitur Wireless

Home theater murah 2019 saat ini condong telah beralih pada mode wireless yang membuat jangkauan penempatan perangkat lebih luas. Jika ada model nirkabel, sebaiknya utamakan dibandingkan dengan perangkat non-wireless. Perangkat seperti ini lebih mudah pula pengaturan penempatannya dan memaksimalkan tata letak ruangan.

3. Pilih yang Bergaransi Panjang

Masa garansi yang ditawarkan oleh produk elektronik sangat variatif. Ada yang hanya 1 tahun, tapi ada pula yang mencapai 3 tahun. Utamakan yang menawarkan masa garansi yang lebih panjang. Soal garansi ini, pastikan pula produk yang Anda pilih memiliki service center sesuai domisili agar klaim garansi tidak sulit.

4. Sesuaikan dengan Budget

Usahakan untuk membeli sesuatu sesuai dengan dana yang dimiliki. Jangan memaksakan untuk membeli produk di luar kemampuan finansial Anda, apalagi jika demi menuruti gengsi. Jika bisa, beli secara tunai agar tidak sampai terjadi kredit macet jika tidak mampu melunasi cicilan.

Cukup banyak bukan perangkat home theater murah yang dapat Anda beli untuk memenuhi impian memiliki bioskop pribadi di rumah? Pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget tanpa tendensi apa pun agar tidak kecewa jika kemudian produk yang dibeli ternyata tidak sesuai dengan harapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *