Cara Mudah Membuat NPWP

Cara mudah bikin NPWP bisa melalui tiga jalur berbeda yang dapat dipilih sesuai dengan kehendak wajib pajak bersangkutan.

Apakah Anda tahu bagaimana cara mudah bikin NPWP? Pajak bukanlah topik yang menyenangkan bagi penduduk negara berkembang seperti Indonesia. Sebab, dengan beban hidup yang tinggi, iuran wajib untuk negara berupa pajak masih dianggap menyulitkan. Lantas, apa yang dimaksud NPWP dan manfaatnya? Seperti apa pula cara untuk membuatnya?

Pengertian Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan Manfaatnya

NPWP merupakan akronim dari Nomor Pokok Wajib Pajak. Dengan kata lain, NPWP merupakan sebuah identitas resmi dari wajib pajak. Nomor seri tersebut terdaftar dalam database resmi milik Direktorat Jenderal (Dirjen) Pajak. Fungsi utamanya adalah untuk memenuhi hak dan kewajiban dalam bidang pajak sang pemilik identitas.

Lantas, apa manfaat daripada memiliki NPWP? Bukankah itu berarti si pemilik identitas menjadi wajib dalam menyetor pajak pada negara? Tidak sekadar untuk menekankan kewajiban pembayaran pajak, tapi terdapat banyak manfaat pula dengan memilikinya :

  • Mempermudah dalam pengurusan administrasi pembuatan banyak dokumen, contohnya pengajuan piutang pada bank, pembuatan paspor, dan pengurusan izin usaha.
  • Lebih mudah dalam menyelesaikan segala perkara pajak. Sebab, meskipun wajib pajak tidak memiliki NPWP, faktanya mereka tetap diwajibkan membayar pajak. Dengan adanya NPWP, baik pembayaran hingga pengurusan ketika terjadi kendala soal penyetoran pajak dapat diselesaikan lebih cepat.
  • Dengan mempraktekkan cara mudah bikin NPWP dan memilikinya secara resmi menyiratkan Anda sebagai pribadi yang taat pajak. Di mana berarti turut peduli dan berkontribusi aktif dalam pembangunan negara.

Baca Juga: Pentingnya NPWP untuk Usaha

Wajib Pajak Pemilik NPWP

Sebelum membahas tentang pembuatan NPWP, Anda perlu mengetahui dulu wajib pajak yang disarankan hingga diwajibkan memiliki identitas tersebut :

· Wajib Pajak Personal / Pribadi

Untuk pajak pribadi, biasanya jenis pajak yang ditanggung adalah Pajak Penghasilan (PPh) dan jika memiliki properti bangunan maka ditambahkan dengan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Pribadi dalam hal ini bisa berstatus sebagai perseorangan atau yang berstatus lajang, pasangan suami istri, hingga garis keluarga yang terdaftar dalam satu Kartu Keluarga (KK).

· Wajib Pajak Badan Usaha

Untuk sebuah badan usaha komersil, maka jenis pajak yang dikenakan pun berbeda. NPWP badan usaha mencakup operasional, total aset, dan profit yang dihasilkan. Pajak untuk perusahaan dipisahkan dari pajak personal pemilik.

· Wajib Pajak Terpisah dari Pasangan Menikah

Dalam beberapa kasus pasutri wajib pajak, masing-masing individu menginginkan pembayaran kewajiban pajak secara terpisah. Tindakan ini termasuk untuk melindungi aset masing-masing jika kemungkinan terjadi perceraian. Pasangan tersebut boleh mengajukan NPWP secara individual.

Seperti halnya KTP, kartu NPWP juga memuat informasi identitas wajib pajak. Informasi yang tertera meliputi nomor NPWP, nama, NIK, alamat, hingga KPP tempat wajib pajak terdaftar.
Seperti halnya KTP, kartu NPWP juga memuat informasi identitas wajib pajak. Informasi yang tertera meliputi nomor NPWP, nama, NIK, alamat, hingga KPP tempat wajib pajak terdaftar.

Baca Juga: Ini, Cara Ikut Lelang DJKN Dengan Mudah dan Tepat

Tata Cara Pengurusan NPWP

Secara teknis, untuk pengajuan NPWP ada tiga metode yang bisa ditempuh oleh wajib pajak :

1) Pengajuan NPWP Online

Metode pengajuan pertama untuk NPWP sangat praktis, yaitu daring. Cara mudah bikin NPWP online yakni :

  1. Akses website resmi milik Direktorat Jenderal Pajak. Anda dapat mengunjungi dua alamat situs. Pertama adalah pajak.go.id yang merupakan halaman utama. Kedua, www.ereg.pajak.go.id/login yang merupakan URL direct ke halaman registrasi NPWP.
  2. Jika Anda memilih halaman registrasi langsung, selanjutnya klik menu e-Registration.
  3. Selanjutnya, lakukan pendaftaran akun terlebih dahulu. Tulis nama, surel, dan password.
  4. Cek kotak masuk surel Anda, di mana akan mendapatkan pesan baru untuk keperluan aktivasi akun. Ikuti instruksi untuk mengaktifkan akun Anda.
  5. Jika akun sudah berhasil diaktifkan, Anda akan diarahkan otomatis pada halaman login sebelumnya. Silakan masukkan alamat surel dan password yang sebelumnya sudah diatur untuk pendaftaran NPWP online.
  6. Anda akan kembali diminta untuk mendaftar, namun kali ini dengan mengisi e-formulir yang harus diisi dengan data-data Anda sebagai wajib pajak. Isi dengan saksama dan sebenar-benarnya, kemudian daftarkan.
  7. Formulir pendaftaran Anda akan ditinjau selama beberapa waktu untuk memastikan keasliannya. Jika sudah terverifikasi, Anda akan mendapatkan pesan surel yang berisi surat keterangan terdaftar temporer.
  8. Mengingat cara mudah bikin NPWP secara online ini bertujuan untuk memudahkan wajib pajak, maka Anda cukup mencetak surat keterangan tersebut. Selain surat itu, formulir pendaftaran juga wajib dicetak.
  9. Bubuhkan tanda tangan pada formulir untuk kemudian di-scan dan dikirimkan kembali ke form pendaftaran online tadi.
  10. Dalam waktu dua pekan, Anda akan mendapatkan respon perihal diterima atau ditolaknya pengajuan NPWP. Jika disetujui, Anda tinggal menunggu kartunya dikirimkan ke alamat yang tertera pada formulir pendaftaran.

2) Pengajuan NPWP Secara Langsung

Jika Anda memiliki waktu luang dan ingin mendaftar NPWP melalui jalur offline, proseduralnya pun tidak sulit. Terutama bagi Anda yang berstatus sebagai wajib pajak personal. Dokumen yang dibawa sebagai persyaratan pengajuan NPWP offline hanya fotokopi kartu identitas yang masih berlaku. Namun untuk pasutri yang ingin memisah NPWP, ditetapkan persyaratan :

  • Fotokopi kartu identitas pasangan yang masih berlaku. Jika pasangan berstatus sebagai WNA, maka wajib menyertakan salinan surat izin tinggal sementara dan paspor.
  • Salinan Kartu Keluarga.
  • Fotokopi surat perjanjian pemisahan pendapatan dan aset dengan pasangan yang ditandatangani kedua belah pihak di atas materai.

Sementara bagi wajib pajak pemilik usaha yang mengajukan pendaftaran NPWP secara offline, syarat tambahannya :

  • Fotokopi izin usaha yang dimiliki dari instansi atau pihak berwenang seperti Kepala Desa di mana bisnis dijalankan. Bisa juga diganti dengan resi pembayaran listrik tempat usaha.
  • Surat pernyataan bahwa usaha tersebut bukanlah bisnis bodong dan memang benar-benar beroperasi aktif.

Ketika semua persyaratan dokumen sudah terpenuh, cara mudah bikin NPWP memiliki tahapan sebagai berikut :

  1. Datangi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat dan sampaikan maksud Anda untuk mengajukan pembuatan NPWP. Pastikan bahwa Anda sudah membawa semua dokumen yang ditetapkan sebagai syarat wajib oleh Dirjen Pajak.
  2. Isi formulir pendaftaran, setelah selesai serahkan pada petugas di tempat.
  3. Petugas akan mencoba untuk memverifikasi data yang Anda setorkan.
  4. Ketika pengajuan disetujui, Anda akan mendapatkan surat keterangan telah mendaftar NPWP.
  5. Kartu NPWP tidak akan langsung diberikan, tapi dikirimkan ke alamat tempat tinggal Anda melalui jasa ekspedisi.

Semua proses pendaftaran offline tersebut dapat diselesaikan dalam waktu satu hari kerja saja dan tanpa dipungut biaya. Jadi, Anda berhak untuk protes jika pengajuan tidak lekas direspon atau ada pungutan ‘uang administrasi’ dari pendaftaran tersebut.

Baca Juga: Tips Impor Barang dengan Aman dan Mudah

3) Menggunakan Jasa Notaris

Metode terakhir untuk mendaftarkan NPWP, baik untuk personal maupun perusahaan, adalah dengan memanfaatkan jasa notaris. Anda cukup datang ke kantor mereka, berkonsultasi, memberikan data-data yang dibutuhkan, kemudian pulang. Notaris atau staf firma tersebutlah yang kemudian berangkat ke KPP terdekat untuk mendaftar. Metode ini sebenarnya lebih direkomendasikan untuk NPWP bidang usaha.

Bagaimana ulasan tentang cara mudah bikin NPWP di atas? Tidak sulit sama sekali, bukan? Jadi, baiknya segera mengurus pendaftaran NPWP, baik secara online maupun offline. Terutama untuk wajib pajak dengan aset besar. Sebab, besaran pajak yang dikenakan untuk mereka yang memiliki NPWP lebih rendah dibandingkan yang tidak.

Related Post

Memulai Usaha di Depan Komputer Tanpa Modal Sekarang ini jamannya digital, semua yang kita mau dan ingin lakukan bisa dengan mudah kita dapatkan. Hanya dengan menggunakan laptop, komputer, dan h...
Tips Memulai Usaha Home Industry Bagaimana cara memulai usaha home industry agar maksimal dengan modal kecil? Yuk, belajar dulu di sini biar tidak salah dalam mengambil keputusan… Se...
Tips dan Cara Meminimalisir Resiko Investasi Saham Apa saja resiko investasi saham yang harus diketahui untuk para pemula dunia investasi saham? Berikut jawaban detailnya. Investasi saham saat ini men...
Tips Memilih Niche Blog untuk Meningkatkan Penghas... Ada 4 cara mendapatkan niche terbaik untuk blog Anda. Salah satunya memilih niche yang dikuasai. Simak 3 cara lainnya di artikel ini! Di era digital ...
Tips Berkompetisi dalam Online Shop Internasional Online shop internasional merupakan bisnis jual beli produk antar negara dengan menggunakan layanan-layanan internet atau online. Fenomena berniaga o...
Belanja Online di e-Bay atau Amazon? Apa sih perbedaannya antara e-Bay vs Amazon? Lebih baik Amazon atau e-Bay? Untuk menjawabnya silahkan simak uraian di bawah ini. Pada era digital sep...
Kiat Sukses: Mengubah Mindset sebagai Seorang Blog... Sudah banyak sekali tips mendapatkan penghasilan dari menulis sebuah blog. Namun, apakah kenyataan semudah itu? Jawabannya tidak. Mungkin beberapa tah...
Cara Investasi Reksadana Online yang Berguna untuk... Masa depan merupakan hal yang pasti, namun belum tentu dapat diprediksi secara benar. Ketidakpastian yang akan terjadi pada masa depan membuat seseora...

One thought on “Cara Mudah Membuat NPWP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *