Rekomendasi Aplikasi untuk Desain 3D Printing

Mungkin sebagian orang awam belum mengetahui mengenai teknologi 3D printing. Teknologi 3D printing merupakan sebuah teknologi percetakan dengan hasil cetakan berbentuk tiga dimensi. Bahan-bahan akan digabung untuk menghasilkan suatu bentuk dibawah kendali aplikasi 3D printing pada komputer. Biasanya banyak digunakan oleh perusahaan industri ataupun perusahaan manufacturing.

Aplikasi 3D Printing

Sekarang ini ada banyak sekali jenis aplikasi untuk 3D printing yang bermunculan. Aplikasi tersebut biasanya digunakan sebagai aplikasi untuk membantu proses desain bentuk. Tak jarang juga aplikasi ini digunakan sebagai aplikasi pembantu proses printing bentuk yang telah didesain sebelumnya. Aplikasi ini juga sering dipakai dalam proses pembelajaran. Beberapa aplikasi tersebut antara lain :

1. Tinkercad

Tinkercad merupakan sebuah aplikasi berbasis web yang digunakan dalam 3D printing. Aplikasi ini sangat user friendly karena tools yang tersedia sangatlah mudah digunakan apalagi bagi pemula. Melalui aplikasi ini, Anda bisa mendesain bentuk yang diinginkan dengan mudah dan menyenangkan.

Setelah desain yang dibuat sudah selesai, Anda bisa menyimpan objek tersebut dalam bentuk STL file. STL file adalah sebuah jenis format file yang digunakan dalam proses mencetak objek dari mesin printing. Tinkercad ini merupakan salah satu aplikasi dalam 3D printing yang terkenal, dikarenakan mudah untuk digunakan dan bersifat open sources.

2. FreeCAD

FreeCAD merupakan salah satu aplikasi dalam dunia 3D printing. Aplikasi ini bersifat open sources, dalam artian semua orang bisa mengunduh dan menggunakan aplikasi ini secara gratis. Jenis aplikasi ini sangatlah ideal untuk menciptakan sebuah desain yang presisi dan biasanya digunakan untuk bagian-bagian technical dan replacement.

Aplikasi ini biasanya digunakan oleh orang-orang yang sudah mengenal dunia desain 3D printing dengan level menengah. Aplikasi ini sering digunakan oleh orang-orang yang tertarik dalam menekuni dunia desain dan manufacturing untuk mengembangkan kemampuannya. Biasanya dilakukan dengan memodifikasi model yang telah ada dengan sedikit perubahan.

Baca Juga: Tutorial Membuat Karya dengan 3D Printer

3. AutoCAD

AutoCAD merupakan salah satu aplikasi dalam dunia 3D printing yang diperuntukkan untuk kaum professional. Aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar. Namun, Anda dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis dalam masa trial dengan lisensi edukasi gratis paling lama sekitar tiga tahun.

Karena aplikasi AutoCAD ini diperuntukkan untuk kaum professional, maka tools yang tersedia pun sangatlah lengkap. Banyak hal yang bisa dilakukan oleh aplikasi ini. Interface aplikasi ini menawarkan tools mencetak desain baik 2D ataupun 3D yang nantinya file desain tersebut dapat langsung disimpan dalam format file STL.

4. Print 3D

Aplikasi Print 3D ini merupakan sebuah aplikasi yang mendukung 3D printing yang dikembangkan oleh vendor terkenal, yaitu Microsoft. Aplikasi ini sangatlah cocok digunakan oleh pemula dikarenakan tools yang ada sangat mudah digunakan. Selain itu Anda juga bisa menggunakan gambar yang diambil dari webcam untuk dijadikan sebuah desain.

Aplikasi printing tiga dimensi ini juga menawarkan cetakan model desain Anda yang bisa dipesan melalui aplikasi Print 3D ini. Anda juga dapat memperbaiki model yang dibuat secara otomatis sebelum dicetak ke mesin printing, sehingga tidak akan menguras banyak waktu.

Namun Aplikasi Print 3D ini hanya dapat berlaku pada sistem operasi Windows 10 keatas. Aplikasi ini juga ternyata bisa digunakan via smartphone. Aplikasi ini bisa didapatkan dengan cara mengunduhnya melalui Windows Store.

Demikianlah beberapa jenis aplikasi 3D printing yang biasa digunakan oleh tingkat pemula, menengah ataupun tingkat professional. Semoga dapat menjadi sumber informasi bagi Anda yang tertarik dalam dunia 3D printing.

Related Post

Desain Grafis: CorelDraw vs Adobe Illustrator Coreldraw VS Adobe Illustrator, keduanya mempunyai fitur unik tersendiri yang menjadi keunggulan masing-masing. Ini keunggulan dan kelemahannya... Co...
Aplikasi Android Pencegah Malware/Virus Terampuh Malware merupakan suatu ancaman yang bisa mengancam suatu sistem pada perangkat komputer. Namun malware juga bisa menyerang sistem operasi pada perang...
Bahan yang Diperlukan untuk 3D Printing Teknik 3D printing merupakan sebuah teknologi lama yang mulai dikenal banyak orang. Banyak sekali pabrik-pabrik industri yang menerapkan teknik printi...
Begini Cara Membuat Aplikasi Dan Unit Iklan AdMob ... Banyak cara dapat dilakukan untuk memperoleh uang salah satunya yaitu melalui iklan dari AdMob. AdMob merupakan sebuah jaringan iklan online yang dikh...
7 Rekomendasi Aplikasi Root Android Terbaik Smartphone basis Android merupakan ponsel yang bisa di oprek. Salah satu proses oprek yang seringkali dilakukan bagi pengguna android adalah dengan me...
Berapa Sih Harga 3D Printer sekarang? Ingin beli printer 3D untuk pengembangan bisnis Anda? Tapi berapa harga 3D printer sekarang? Simak ulasan lengkapnya di sini. Revolusi industri sekal...
Rekomendasi Malware Cleaner untuk PC Anda Beberapa orang mungkin mengira bahwa malware dan virus itu merupakan hal yang sama. Namun kenyataannya virus merupakan bagian dari malware. Malware be...
Pakai Photoshop atau Coreldraw? Photoshop vs Coreldraw. Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan. Bingung mau mencoba yang mana? Baca ulasan berikut. Baik Adobe Photoshop mau...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *