Mendalami UMKM di Bidang Agribisnis

Permintaan akan pangan tidak akan pernah berkurang. Oleh karena itu, agribisnis merupakan salah satu bidang UMKM yang sangat potensial.

Seperti yang dimuat dalam UU nomor 20 tahun 2008, UMKM memiliki definisi perusahaan kecil yang dimiliki dan dikelola oleh seseorang atau sekelompok kecil orang dengan jumlah kekayaan dan pendapatan tertentu. Di Indonesia sendiri, bidang UMKM adalah salah satu tonggak penopang stabilitas perekonomian nasional.

Di Indonesia, beberapa jenis bisnis UMKM yang berkembang dengan pesat adalah kuliner, pakaian, dan bisnis. Masing-masing bidang bisnis memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kali ini, kami akan membahas tentang UMKM agribisnis (agriculture) secara detail untuk Anda.

Jenis UMKM Agribisnis yang Potensial

Seperti yang kita ketahui bersama, Indonesia merupakan negara agraris di mana berbagai macam produk pertanian dan perkebunan melimpah ruah. Melihat peluang ini, menjalankan usaha di bidang agribisnis akan mendatangkan banyak keuntungan. Tidak terbatas pada produk pertanian atau perkebunan saja, namun bisnis bidang agribisnis juga mencakup sektor peternakan.

Salah satu kelebihan bisnis di bidang agribisnis adalah karena kebutuhan pangan masyarakat Indonesia harus dipenuhi, sehingga bisnis ini akan terus berjalan karena permintaan tidak pernah berhenti. Berikut ini adalah jenis-jenis UMKM di bidang agribisnis yang bisa Anda pilih untuk dikembangkan, yaitu:

1. Usaha tanaman hias

Salah satu usaha agrobisnis yang menjanjikan adalah budidaya tanaman hias. Dalam melakukan usaha budidaya tanaman hias, jika masih pemula sebaiknya hindari untuk membudidayakan tanaman hias yang beragam jenisnya karena dapat membuat kualitas tanaman Anda tidak maksimal karena tiap jenis tanaman memiliki cara merawat yang berbeda. Anda harus aktif melihat tren lalu tentukan satu atau beberapa jenis variasi tanaman hias yang banyak disukai di pasar.

2. Usaha sayuran dan buah-buahan

Kekhawatiran akan sayuran berpestisida membuat sayuran organik sering diburu orang, sehingga peluang usaha bidang agribisnis sayur dan buah organik akan menguntungkan. Usaha ini juga tidak memerlukan lahan yang luas sehingga bisa dilakukan di manapun.

Anda bisa melihat peluang yang lebih besar dengan meningkatnya kebutuhan sayuran organik  dan buah-buahan organik. Anda bisa mempercantik produk Anda dengan packaging yang bagus dan juga menyediakan layanan pesan antar. Dengan demikian, produk Anda bisa diterima dengan baik terutama untuk konsumen kelas menengah ke atas.

3. Usaha bibit

Jika Anda gemar menanam sendiri buah dan sayuran, maka menjual bibit tanaman bisa menjadi peluang bisnis yang tepat untuk Anda. Anda bisa memulai menjual dari bibit tanaman untuk masakan seperti rosemary, parsley, atau basil hingga bibit buah pada umumnya seperti stroberi, anggur, dan jambu. Anda bisa memanfaatkan sosial media untuk mempromosikan produk Anda.

4. Usaha terarium

Sama halnya dengan hidroponik, terarium juga bisa digunakan sebagai sarana untuk bercocok tanam bagi Anda yang memiliki lahan terbatas. Bedanya, terarium dapat diletakkan di dalam ruangan dengan wadah kaca. Ukuran terarium tentunya tidak sebesar tanaman pada umumnya dan biasanya digunakan sebagai tanaman hias di dalam ruangan.

5. Usaha ternak unggas

Usaha ternak unggas juga merupakan usaha bisnis yang cukup prestisius karena kebutuhan masyarakat terhadap daging ternak seperti ayam dan bebek masih tinggi. Selain itu, telur dari ayam dan bebek juga bisa menjadi ladang bisnis bagi Anda.

Baca Juga: Memulai Perluasan UMKM di Bidang Ekspor

Melalui informasi yang kami sajikan di atas tentang UMKM agribisnis, kami berharap Anda dapat menemukan pandangan baru tentang bisnis ini. Apalagi jika wilayah Anda termasuk dekat dengan lahan pertanian, perkebunan, dan peternakan, usaha agribisnis tentu akan lebih mudah dilakukan.

Related Post

Tips Memulai Bisnis Bahan Bangunan Untuk memulai bisnis bahan bangunan memang bukanlah berupa soal yang mudah terlebih lagi bisnis yang memerlukan modal besar seperti bisnis properti. I...
Langkah Cara Investasi Saham Online Yang Menguntun... Investasi saham online dapat membeli saham secara online melalui HP yang terhubung koneksi. Dengan melakukan transaksi jual beli menggunakan aplikasi ...
Usaha dengan Kriteria Apa Saja Sih yang Dikategori... Aktivitas sehari-hari kita tidak terlepas dari berbagai layanan jasa dan barang para pelaku UMKM. Potret UMKM dalam negeri menunjukkan bahwa bidang UM...
Tips Mengembangkan Usaha UMKM di Era Digital Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau singkatnya UMKM digadang-gadang sebagai salah satu penggerak ekonomi bangsa. Di akhir tahun 2018 saja, ada sekit...
Tips Aman Belanja Online (Online Shopping) Mau tahu, tips belanja online yang aman agar terhindar dari penipuan? Daripada penasaran, sebaiknya simak artikel kami berikut ini. Sekarang ini, And...
Usaha Online : Jastip vs Dropshipper Jastip vs dropshipper adalah dua metode penjualan online menitikberatkan peran sebagai perantara penjual asli dengan konsumen. Di bidang bisnis onlin...
Kelebihan SBR Dibandingkan dengan Deposito Apa saja kelebihan SBR dibanding dengan deposito? Masih awam mengenai investasi SBR? Cek ulasan secara detailnya di sini… Pernahkah Anda mendengar is...
Inspirasi Pengusaha Sukses di Dunia Inspirasi pengusaha sukses dunia dipenuhi oleh kisah mereka yang tidak mudah menyerah dalam merintis dan mengembangkan bisnis. Ada banyak sekali insp...

One thought on “Mendalami UMKM di Bidang Agribisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *