Mengatasi Bootloop Pada Smartphone Android

Mengatasi bootloop pada smartphone Android harus disesuaikan dengan tingkat kerusakan perangkatnya apakah ringan atau parah.

Bagaimana cara mudah mengatasi bootloop pada smartphone Android? Informasi mengenai hal tersebut sangat sering dicari. Tidak mengherankan mengingat smartphone saat ini bukan lagi gaya hidup, melainkan kebutuhan primer penggunanya. Ketika gawai mengalami gangguan, salah satunya bootloop, sedikit banyak akan berpengaruh terhadap aktivitas keseharian. Sebab itulah pemiliknya berusaha segera memperbaiki perangkat.

Memahami Tentang Kondisi Bootloop Smartphone

Smartphone bootloop merupakan kondisi di mana ponsel pintar masih bisa menyala, namun menolak untuk masuk ke menu utama perangkat. Tampilan biasanya bertahan pada munculnya logo ponsel sebagaimana ketika perangkat baru saja dinyalakan. Bisa juga hanya tampil simbol sistem operasi ponsel atau bahkan hanya layar polos. Semua itu tergantung tingkat kerusakannya.

Tahukah Anda penyebab smartphone bootloop? Ada beberapa hal yang menyebabkan gawai sampai mengalami kegagalan sistem seperti itu :

1. Modifikasi Sistem Operasi Android

Modifikasi atau istilah kerennya oprek pada OS Android yang digunakan biasanya menjadi penyebab utama bootloop. Cara terpopuler untuk modifikasi ini adalah dengan melakukan root. Langkah tersebut biasanya digunakan untuk mendapatkan akses lebih leluasa terhadap perangkat. Tapi, jika tidak dilakukan sesuai prosedur, resikonya mengalami bootloop.

2. Flashing ROM Tidak Sesuai

Penyebab selanjutnya adalah flashing ROM (penulisan ulang sistem operasi) pada perangkat. Biasanya ini dilakukan ketika salah satu fungsi penting gawai bermasalah dan tidak dapat diperbaiki dengan cara restart ponsel. Namun kemudian kesalahan terjadi ketika ROM yang dipasang ternyata bukan untuk tipe ponsel terkait.

3. Overclock Operasi

Kadang, pengguna tidak sadar menggunakan ponsel secara berlebih sehingga mengalami situasi demikian dan harus mengatasi bootloop pada smartphone Android. Ponsel yang terforsir disebut overclock. Terlalu banyak menginstal aplikasi berat juga dapat mengakibatkan overclock tersebut.

4. Mengubah Transkrip Pada Folder Sistem

Sering kali, pengguna iseng mengotak-atik script di folder sistem yang tersimpan dalam internal ponsel. Padahal tindakan tersebut dapat berakibat bootloop pada HP. Jadi, ketika mengotak-atik folder dalam penyimpanan internal, usahakan untuk tidak menyentuh fail yang sekiranya berkaitan dengan sistem perangkat.

Baca Juga: 5 Penyebab Suara Speaker Hp Kecil Dan Solusi Mengatasinya

Macam Bootloop Smartphone

Tidak banyak yang tahu bahwa bootloop memiliki dua jenis yang berbeda :

1. Bootloop Ringan

Bootloop skala ringan adalah kondisi di mana sifatnya temporer atau sementara. Ponsel tidak sering mengalami situasi tersebut dan bisa diselesaikan dengan metode yang sangat mudah. Pemilik ponsel relatif dapat mengatasinya sendiri.

2. Bootloop Parah

Kondisi ini berlangsung secara permanen dan biasanya perlu campur tangan profesional untuk mengatasinya. Tandanya adalah perangkat menolak masuk ke sistem dan meskipun sudah coba diperbaiki dengan penanganan darurat tidak mau merespon. Jika kondisi ponsel bootloop parah, bisa jadi tetap tidak berfungsi kembali.

Cara Mengatasi Ponsel Android Yang Bootloop

Lantas, bagaimana mengatasi gawai yang mengalami kondisi bootloop? Sebenarnya, untuk penanganan tersebut disesuaikan dengan tingkat permasalahannya sendiri :

1. Penanganan Bootloop Android Skala Ringan

Bagaimana cara mengatasi Android bootloop dengan kondisi kerusakan ringan? Metode penanganannya sendiri sangat mudah :

  • Cabut baterai jika ponsel yang Anda gunakan termasuk dalam kategori perangkat non tanam. Setelah itu jangan langsung dipasangkan kembali untuk dinyalakan, biarkan dulu minimal 30 menit sebelum mengaktifkan kembali ponsel.
  • Temporary Wipe Chace atau menghapus riwayat perubahan ponsel yang mungkin menjadi penyebab dari ponsel gagal booting. Caranya relatif mudah, yakni dengan menekan tombol power dan volume up secara bersamaan, kemudian pilih menu temporary wipe chace. Ponsel akan memulai proses penghapusan dan restart otomatis untuk kemudian berfungsi seperti biasa.

2. Penanganan Bootloop Android Skala Berat

Berhati hatilah ketika melakukan root smartphone karena bisa membuat ponsel rusak. Berikut kami ulas manfaat dan bahayanya.
Ada juga kemungkinan smartphone tidak bisa diperbaiki ketika bootloop atau bahkan dalam kondisi “brick” yang artinya “batu bata” (tidak bisa diapa-apakan lagi mirip batu bata)

Jika kedua cara di atas tidak dapat mengatasi bootloop pada smartphone Android Anda, berarti kondisinya cukup parah. Untuk penanganan kegagalan sistem yang parah seperti ini, Anda bisa melakukan tindakan :

· Factory Reset atau Setelan Pabrik

Metode penanganan bootloop parah yang pertama adalah dengan mengembalikan ponsel ke mode pabrik. Jadi, seluruh data yang telah diubah setelah gawai berada di tangan pengguna akan dikembalikan ke semula. Tentunya dengan risiko semua data yang ada di ponsel, khususnya yang tersimpan di memori internal hilang dan tidak dapat dipulihkan.

Anda juga pasti sudah familiar dengan factory reset ini. Tapi bagaimana cara masuk ke menu tersebut yang berada di halaman pengaturan perangkat jika ponsel saja menolak untuk masuk ke sistem? Bisa, caranya hampir sama dengan melakukan temporary wipe chace. Yaitu dengan menekan tombol volume up dan power secara simultan.

Setelahnya, pilih menu factory reset. Ketika Anda menekan tombol power, maka otomatis proses pengembalian pengaturan perangkat ke semula akan dimulai. Selama proses, jangan sekalipun mengotak-atik HP Android Anda. Tunggu sampai proses selesai dan ponsel melakukan proses reboot. Jika berhasil akan langsung mengakses menu, tapi bila gagal akan tetap tampilan bootloop.

· Flashing ROM ke Service Center Resmi

Cara lain mengatasi bootloop pada smartphone Android jika pengaturan ke mode pabrik gagal adalah dengan flashing. Dengan catatan, dilakukan di service center resmi sesuai dengan perangkat yang Anda miliki. Tindakan ini untuk mencegah risiko kesalahan inject ROM yang dapat memperburuk kondisi ponsel Anda. Selain itu, mereka benar-benar profesional di bidangnya.

Untuk flashing ROM di galeri resmi produsen ponsel Anda, jika perangkat masih dalam masa garansi maka tidak akan dikenakan biaya. Namun jika sudah lewat asuransinya, pengguna akan dikenakan biaya jasa yang mungkin relatif lebih tinggi dibandingkan dengan servis di luaran. Namun jika mempertimbangkan risiko yang lebih rendah, bea tersebut sebanding.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis Agar Kembali Awet

Tips Menjaga Ponsel Tidak Bootloop Atau Tidak Kambuhan

Permasalahan Android bootloop memang cukup membuat pusing kepala. Di bawah ini adalah beberapa tips agar perangkat Anda tidak sampai bootloop atau minimal jika terlanjur mengalami tidak sampai terulang kembali alias kambuh :

1. Tidak Memforsir Ponsel

Cara pertama adalah dengan menghindari forsir atau menggunakan ponsel secara berlebihan. Jangan terus menerus memakainya tanpa jeda. Selain tidak baik untuk kesehatan baterai ponsel, ketergantungan berlebih seperti ini juga buruk bagi penggunanya.

2. Jangan Sembarangan Memasang Aplikasi

Hindari memasang aplikasi sesuka hati. Utamakan aplikasi-aplikasi yang memang telah terverifikasi aman untuk dilakukan instalasi. Sebab virus yang mungkin menyertai aplikasi-aplikasi tidak tepercaya tersebut juga dapat mengakibatkan ponsel mengalami kegagalan booting akibat sistem tersabotase.

3. Tidak Menjalankan Banyak Aplikasi Berat Sekaligus

Anda pasti mengetahui kapasitas ponsel yang dimiliki. Usahakan untuk tidak menjalankan fitur multitasking aplikasi-aplikasi yang berat. Hal itu akan berakibat overclock pada Android sehingga berujung pada kondisi bootloop. Terlebih jika ponsel Anda termasuk kategori entry level dan advanced level dengan spesifikasi standar.

Baca Juga: Menggali Potensi Smartphone dengan Melakukan Root

Jadi, Anda tidak kebingungan lagi bukan cara mengatasi bootloop pada smartphone Android? Tapi karena peran gawai sangat penting bagi aktivitas sehari-hari, lebih baik sebisa mungkin menghindari hal-hal yang dapat mengakibatkan ponsel menjadi bootloop. Tetapi jika sudah terlanjur terjadi, Anda juga tidak perlu panik. Lakukan tahapan-tahapan penanganan di atas untuk menyelesaikannya.

2 thoughts on “Mengatasi Bootloop Pada Smartphone Android

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *