Inspirasi Pengusaha Sukses di Dunia

Inspirasi pengusaha sukses dunia dipenuhi oleh kisah mereka yang tidak mudah menyerah dalam merintis dan mengembangkan bisnis.

Ada banyak sekali inspirasi pengusaha sukses di berbagai belahan penjuru dunia. Stigma yang beredar di masyarakat adalah pebisnis yang berhasil dan memiliki kekayaan melimpah disebabkan kekayaan keluarga. Padahal, tidak sedikit pula yang benar-benar memulai dari nol dan melalui jalan yang berliku. Yuk, simak kisah mereka berikut ini!

Steve Jobs – Apple Inc.

Nama yang satu ini tentu tidak asing di kalangan pengguna gawai di seluruh dunia, Steve Jobs. Ya, pendiri dari Apple Inc. ini lahir Amerika pada 24 Februari 1955. S.J—panggilan akrabnya, memiliki masa kecil yang suram. Orang tua kandungnya memiliki masalah internal keluarga yang membuatnya terpaksa harus diadopsi keluarga lain.

Pada 1977, Steve Jobs muda bersama dengan kedua temannya mendirikan Apple Computer, Inc. Perkembangan perusahaan IT ini sangat signifikan, ditandai dengan produk komputer rilisan mereka yang laku keras di pasaran. Namun, pada 1985 terjadi perselisihan internal pendiri akibat range harga yang dirasa terlalu mahal dengan dukungan software yang terbatas.

Inilah spesifikasi iPhone 7, temukan juga harganya lengkap dengan kelebihan-kelebihan yang akan kami paparkan pada artikel ini.
iPhone, salah satu pabrikan smartphone yang cukup prestisius merupakan salah satu produk besutan Apple Inc. yang didirikan oleh Steve Jobs.

S.J akhirnya keluar dan mendirikan NeXT, meskipun secara teknis ialah pendiri Apple. Kepergian Steve nyatanya berdampak besar pada Apple Computer, Inc. Penjualannya terus menurun hingga mengakibatkan kerugian yang signifikan terhadap perusahaan. Akhirnya, pada 1997, CEO yang memimpin kala itu kembali mengajak S.J bergabung dengan mengakuisisi NeXT.

Titik inilah yang kemudian menjadi pintu S.J menjadi tokoh inspirasi pengusaha sukses di dunia. Berkat tangan dinginnya, selang 4 tahun setelah menjabat, Steve Jobs berhasil mengembalikan kejayaan Apple hingga menjadi pemimpin bidang IT. Ia kemudian meninggal akibat sakit pada 2011 dan tetap dikenang sebagai Bapak IT dunia.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga iPhone X, XR, XS, dan XS Max

Jack Ma – Alibaba Group

Sosok yang menjadi inspirasi pengusaha sukses selanjutnya adalah Jack Ma. Perjalanan hidupnya benar-benar menakjubkan, selayaknya ungkapan from zero to hero. Ia memang bukan berasal dari keluarga yang tergolong miskin, tapi menengah. Permasalahannya adalah intelegensi akademiknya yang dianggap kurang. Ia berkali-kali ditolak di berbagai jenjang pendidikan akibat hal tersebut.

Alibaba adalah perusahaan yang didirikan oleh Jack Ma. Kini, perusahaan tersebut telah menggurita dan memiliki banyak anak perusahaan.
Alibaba adalah perusahaan yang didirikan oleh Jack Ma. Kini, perusahaan tersebut telah menggurita dan memiliki banyak anak perusahaan.

Terakhir, untuk pendidikan tinggi, ia mengambil pendidikan diploma Sastra Inggris. Ketika lulus, ia kemudian melamar di KFC, namun ditolak. Mengalami banyak penolakan lamaran kerja, Jack Ma yang lahir pada 10 September 1964 ini pun akhirnya menyerah. Ia memulai bisnis pertamanya, yakni kursus Bahasa Inggris dan pemandu wisata.

Tahun 1995, ia kemudian pindah ke Amerika. Dari sana, Jack Ma mengenal internet dan menyadari kurangnya situs promosi produk-produk Tiongkok. Pebisnis hebat ini menyadari peluang di dalamnya. Dirintislah Alibaba yang kemudian menjadi salah satu e-commerce terbesar dunia. Sosok yang ditolak banyak lembaga pendidikan dan perusahaan justru kini menjadi konglomerat dunia.

Baca Juga: Tips Belanja Impor dari Alibaba dan AliExpress

Kolonel Sanders – Kentucky Fried Chiken (KFC)

Waralaba kuliner yang satu ini menjadi salah satu jaringan bisnis terbesar di dunia. Pendirinya tidak lain Kolonel Sanders yang lahir tanggal 9 September 1890. Ia adalah seorang sulung yang malang akibat ayahnya meninggal ketika usianya baru 6 tahun. Sanders muda lantas menjalani berbagai profesi untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga.

Ketika menginjak usia 40 tahun, barulah Kolonel Sanders memiliki usaha sendiri, yakni bisnis pom bensin di daerah Kentucky. Ia kemudian mengembangkan bisnisnya dengan menambahkan kafetaria sederhana di mana Sanders berperan ganda sebagai koki, kasir, dan penjual bensin. Meski pada 1939 gerainya pernah terbakar, ia tidak menyerah dan memulai kembali.

Ia layak disebut sebagai inspirasi pengusaha sukses karena menghabiskan 9 tahun untuk riset rasa hingga menemukan resep ayam goreng tepung terbaik. Akhirnya, tahun 1952, Kolonel Sanders mendirikan Kentucky Fried Chiken pertama dan semenjak itu berusaha membangun jaringan waralaba untuk bisnisnya. Masa kecilnya yang penuh kesedihan terbayar lunas di masa tuanya.

Mark Zuckerberg – Facebook

Nama yang satu ini sangat mendunia. Kental dengan tampilan yang sederhana, siapa yang menyangka bahwa pemuda yang lahir pada tahun 1984 ini merupakan konglomerat. Mark Zuckerberg sendiri merupakan pendiri jejaring sosial dengan jumlah pengguna terbanyak di seluruh dunia, yakni Facebook. Hebatnya lagi, ia merilis media sosial tersebut ketika masih mahasiswa.

Mark Zuckerberg membuat sebuah jejaring sosial (Social Media) yang mendunia.
Mark Zuckerberg membuat sebuah jejaring sosial (Social Media) yang mendunia.

Bakatnya di dunia programming bukan sesuatu yang tidak berproses. Ia memiliki program pertamanya, yaitu ZuckNet, sebuah program chatting sederhana. Usianya baru 12 tahun kala itu. Kemudian, di usia remaja, ia mengerjakan coding untuk gim milik teman-temannya. Sebelum akhirnya meluncurkan Facebook, Zuckerberg lebih dulu merilis platform streaming musik yang menarik perhatian.

Inspirasi sukses pengusaha muda ini bahkan menolak tawaran akuisisi dari Microsoft dan perusahaan IT lainnya. Lantas, ketika kuliah di Harvard University, ia pun merilis Facebook. Demi fokus mengembangkan program baru besutannya itu, Zuckerberg memutuskan untuk drop out dari universitas. Dengan catatan ia tahu dan yakin akan pilihan karirnya.

Baca Juga: Berbagai Fitur Penting Facebook Untuk Bisnis

Amancio Ortega – ZARA

Namanya memang kurang familier di kalangan masyarakat umum, tetapi di antara kelompok fashionista, ia memiliki posisi kehormatan sendiri. Ialah pemilik brand ZARA yang dikenal sebagai merek pakaian kelompok menengah ke atas. Ia tumbuh dalam keluarga sederhana, sehingga kebutuhan sehari-harinya tercukupi namun tidak untuk keperluan lainnya.

Ia menyadari ketertarikannya pada bidang fashion yang tidak disangka mengubah penuh perjalanan hidupnya tahun 1975 saat sang kekasih menginginkan sebuah merek pakaian dengan harga mahal. Di situlah titik balik yang menjadikannya inspirasi pengusaha sukses seperti saat ini. Ortega lantas merintis lini usaha fashionnya dengan merek dagang ZARA.

Bill Gates – Microsoft

Sekalipun tersandung banyak skandal dengan para kompetitor bisnisnya akibat dianggap memonopoli industri IT, faktanya Bill Gates tetap sosok pengusaha inspirasional. Bill Gates adalah pendiri Microsoft Corporation. Selama berkali-kali survey, ia bertahan pada posisi orang terkaya kedua di dunia. Meski begitu, kesuksesan tersebut tidak didapatnya secara instan.

Ia memulai proses perintisan usaha dari usia sangat muda dan terus mengembangkannya hingga menyetabilkan Microsoft sebagai raksasa IT. Sempat mendapat tentangan hebat keluarga pun tidak membuat seorang Bill Gates menyerah dan tetap kukuh akan jalan hidup yang dipilihnya. Walaupun tidak pernah kekurangan, tapi Bill Gates tetap terkenal atas kedermawanannya.

Baca Juga: Formula Baru untuk Microsoft Excel 2019 atau Microsoft Excel 365 (Latest Update)

Pelajaran Berharga dari Para Pebisnis Sukses Dunia

Bisa dikatakan bahwa deretan pengusaha yang kini telah menjadi konglomerat tersebut memiliki banyak kualitas yang patut untuk dicontoh :

  • Konsistensi mereka dalam mewujudkan mimpi membuatnya tidak kenal kata menyerah.
  • Kerja keras merupakan kunci sukses mereka yang penting, karena meski memiliki modal, tanpa keuletan pun akan percuma.
  • Penolakan bukan akhir dari segalanya, sebagaimana sebagian dari mereka justru tidak diterima ketika mencoba untuk melamar pekerjaan sebagai karyawan.
  • Ketersediaan modal dalam perintisan bisnis bukanlah perkara utama. Keterampilan dan kegigihan serta manajerial usaha memegang peran yang lebih krusial.

Demikianlah ulasan tentang inspirasi pengusaha sukses kelas dunia. Jadi, ketika Anda mengalami problematika seperti kegagalan, penolakan, bahkan kebangkrutan usaha, tidak serta merta segalanya berakhir. Jika Anda memiliki keinginan untuk bangkit, maka akan selalu ada jalan untuk memulai kembali atau bahkan mendapatkan kesuksesan yang lebih dari sebelumnya.

Related Post

Cryptocurrency : Apakah Prospektif Untuk Investasi Muncul pertanyaan tentang bagaimana prospek investasi cryptocurrency ini? Apakah menguntungkan? Temukan jawabannya di sini. Saat ini mulai banyak yan...
Rasio-rasio yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Mem... 6 rasio saham yang perlu Anda pelajari supaya Anda terhindar dari kerugian yang besar dan memperoleh keuntungan yang maksimal. Rasio saham merupakan ...
Cara Mudah Membuat NPWP Cara mudah bikin NPWP bisa melalui tiga jalur berbeda yang dapat dipilih sesuai dengan kehendak wajib pajak bersangkutan. Apakah Anda tahu bagaimana ...
Bisnis Apotek Franchise, Cocok untuk Pemula? Apakah Anda pernah terpikir untuk memiliki waralaba di bidang Apotek atau farmasi? Bagaimana dengan peluang bisnisnya? Sebaiknya jangan langsung menga...
Komoditas yang Mulai Merambah Dunia Ekspor Indonesia sebenarnya punya potensi sangat besar. Buktinya, berbagai produk berikut ini mulai merambah dunia ekspor. Apa saja? simak hingga tuntas! Ra...
5 YouTuber Terkaya di Indonesia yang Bisa Memotiva... Memanfaatkan YouTube bisa menghasilkan uang lho. Simak dulu beberapa kisah sukses YouTuber terkaya Indonesia berikut ini… Profesi YouTuber saat sedan...
Peluang Bisnis Afiliasi yang Menjanjikan Peluang bisnis afiliasi dapat mendatangkan banyak keuntungan. Apa saja keuntungannya? Simak ulasan berikut ini. Memiliki penghasilan tambahan bisa di...
Tips Sukses Mendapat Penghasilan Dari Afiliasi Cli... Clickbank adalah pasar produk digital terbesar. Mau penghasilan dari Clickbank? Ikuti tips mendapat penghasilan dari afiliasi Clickbank berikut ini. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *