Cara Memperluas Daya Jangkau Wifi

Memperluas daya jangkau wifi menjadi penting dilakukan. Hal tersebut karena meningkatnya para pengguna wifi. Baca selengkapnya.

Memperluas daya jangkau wifi memang sudah menjadi kebutuhan saat ini. Apalagi hampir seluruh kalangan masyarakat termasuk Anda memanfaatkan penggunaan wifi baik untuk bekerja maupun hiburan. Awalnya, wifi sering digunakan di kantor saja. Namun kini wifi sudah banyak digunakan di rumah. Bahkan menjadi daya promosi tersendiri bagi area nongkrong di cafe atau rumah makan.

Meskipun sudah banyak dimanfaatkan masyarakat, penggunaan wifi masih mengalami kendala. Kendala tersebut berupa daya jangkau wifi yang terbatas. Anda pasti pernah mendapatkan sinyal buruk sehingga mengganggu aktivitas. Atau Anda mungkin pernah mengalami gangguan sinyal sehingga tidak bisa mengakses data internet. Jika demikian, Anda wajib membaca ulasan berikut untuk membuat wifi memiliki sinyal cepat dalam jangkauan yang luas. Berikut ini ulasannya.

Router Wifi Ideal

Router merupakan alat yang menghubungkan dan mengirimkan paket data melalui jaringan atau internet dengan sinyal gelombang radio. Router biasanya digunakan untuk membuat koneksi dua jaringan yang berbeda media. Sehingga bisa terjadi pengiriman data informasi. Kegunaan utama dari router, yaitu membagi atau mendistribusikan IP address kepada komputer yang terhubung pada router tersebut. IP address ini membantu setiap komputer saling berhubungan dan berkomunikasi.

Router bekerja dengan merutekan paket data informasi dalam teknik routing. Router mampu mengidentifikasi arah data informasi yang dituju pada satu jaringan sama atau berbeda. Misalnya, data informasi ditujukan mengarah pada jaringan berbeda maka router akan meneruskan pada jaringan yang sesuai. Namun, apabila data informasi ditujukan mengarah pada jaringan sama maka router akan menghalangi data informasi keluar dari jaringan. Kemudian mengirim data informasi tersebut ke tujuan.

Berikut ini cara mengoptimalkan kinerja router wifi agar memiliki jangkauan yang luas, yaitu.

1. Meletakkan Router Wifi di Lokasi yang Tepat

Memperluas daya jangkau wifi bisa dilakukan dengan meletakkan router wifi pada lokasi yang tepat. Lokasi yang tepat biasanya berada pas di tengah-tengah ruangan. Misalnya, di tengah-tengah rumah atau di tengah-tengah ruangan kantor. Jika ingin sinyal wifi mampu menembus tembok maka Anda bisa mengarahkan antena router wifi ke arah tembok. Namun, perlu diperhatikan bahwa sinyal wifi tetap akan melemah. Bahkan tembok dari bahan beton mampu menghalangi sinyal wifi.

2. Menggunakan Password untuk Dapat Mengakses Jaringan Wifi

Router wifi memiliki pengaturan keamanan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Pengaturan keamanan ini berfungsi menyaring pengguna yang bisa mengakses jaringan wifi. Sehingga tidak sembarangan orang bisa terkoneksi dengan wifi Anda. Penggunaan password pada router wifi ini juga mempengaruhi daya jangkau sinyal wifi. Hal tersebut karena akses data informasi yang sedang digunakan tidak dipengaruhi oleh akses data informasi dari router wifi lain.

Selain itu, menggunakan password router wifi berarti Anda membatasi jumlah pengguna wifi. Jumlah pengguna wifi sangat berpengaruh pada kekuatan sinyal wifi. Jika semakin banyak pengguna wifi maka semakin lemah jangkauan sinyal wifi yang bisa Anda dapatkan. Begitu juga sebaliknya.

3. Memilih Channel yang Sesuai

Router wifi dilengkapi dengan adanya channel seperti halnya pada televisi. Anda bisa memilih channel yang sesuai untuk memperlancar akses jaringan sinyal wifi. Hal ini bisa terjadi karena perbedaan jumlah sinyal pada setiap channel berbeda. Jika Anda bisa memilih channel yang sesuai maka Anda bisa mendapatkan akses jaringan sinyal lebih luas. Kondisi channel yang sesuai sangat dipengaruhi oleh kondisi tempat router wifi berada.

Kondisi router wifi yang berada di apartemen dengan di rumah tentu akan berbeda dalam memilih channel. Jika berada di apartemen maka Anda harus ekstra lebih teliti memilih channel karena pasti terdapat banyak router wifi lain. Sedangkan jika di rumah maka Anda tidak perlu repot mencari channel karena dapat dipastikan tidak banyak jaringan sinyal router lain. Sehingga untuk memperluas daya jangkau wifi, Anda dapat memilih channel dengan memperhatikan channel router wifi lain.

Baca Juga: Alasan Kenapa Laptop Tidak Bisa Connect Wifi Dan Cara Mengatasinya

Wireless Repeater Andal

Wireless repeater atau wifi range extender memiliki fungsi untuk membantu meningkatkan jangkauan sinyal wifi. Terutama untuk mencapai tempat-tempat sulit yang tidak bisa tertembus sinyal dari router wifi. Mulai dari tembok dengan bahan beton, kaca, lantai hingga logam. Akibatnya, Anda dapat memanfaatkan wireless repeater yang handal agar mampu menambah dan mengatur jarak sinyal wifi.

Anda bisa menggunakan ponsel sebagai wireless repeater. Namun kini sudah banyak dijual beragam wifi range extender. Seperti D-Link, Lynksys, atau firmware DD-WRT. Selain itu, Anda juga bisa menghubungkan router satu dengan router lain menggunakan kabel ethernet. Kabel ethernet bisa menjadi access point tambahan baik di rumah maupun kantor. Bahkan bisa tergolong cukup berkualitas dengan harga terjangkau. Meskipun tidak bisa disandingkan dengan merk Lynksys.

Mengatur Jadwal Auto-Reboot Router Wifi

Umumnya, router wifi akan memiliki daya jangkau sinyal wifi yang semakin melemah jika dalam kondisi panas. Selain itu, router wifi yang digunakan terus menerus atau setelah melakukan download data berlebihan juga mengakibatkan penurunan kinerja. Untuk bisa membuat router wifi kembali normal, Anda perlu melakukan reboot. Bahkan reboot sering diandalkan sebagai upaya menyegarkan frekuensi jaringan sinyal wifi.

Pada beberapa kasus, router wifi yang sudah bertahun-tahun digunakan membutuhkan proses reboot yang cukup sering. Oleh karena itu, Anda bisa mengatur jadwal auto-reboot router wifi agar jaringan sinyal tetap stabil. Misalnya, router wifi akan mengalami auto-reboot setiap malam hari atau beberapa hari sekali. Anda dapat mengaturnya di saat router wifi sedang tidak dimanfaatkan. Cara membuat auto-reboot pada router wifi bisa melalui stop kontak timer atau DD-WRT.

Mengatur Penggunaan Data Informasi Pada Aplikasi

Salah satu elemen penting untuk memperluas daya jangkau wifi yakni mengatur penggunaan data informasi pada aplikasi. Terutama bagi aplikasi yang sering menggunakan video call, online games, download file besar atau layanan streaming. Aplikasi tersebut tentu menghabiskan bandwidth yang mampu mengganggu jaringan sinyal pengguna lain. Bandwidth merupakan jumlah konsumsi transfer data informasi yang dihitung dengan bit per detik (bps).

Untuk mengatasi gangguan wifi tersebut, Anda bisa memanfaatkan layanan QoS atau Quality of Service. QoS digunakan pada router wifi sehingga router wifi mampu memprioritaskan aplikasi yang lebih penting daripada aplikasi yang menghabiskan bandwidth. Penggunaan layanan QoS juga berdampak pada jaringan sinyal yang lebih luas dan menyebar ke lebih banyak pengguna router wifi. Bahkan layanan QoS bisa membantu mengatur penggunaan data informasi pada aplikasi.

Baca Juga: Pakai VPN untuk Akses Situs yang Diblokir

Upgrade Teknologi Baru

Anda bisa mempertimbangkan untuk meng-upgrade teknologi baru perangkat router wifi. Terlebih jika router wifi yang Anda gunakan sudah lama dan tidak mampu menjangkau seluruh ruangan. Kini teknologi router wifi sudah masuk pada standar AC. Standar AC berarti router wifi sudah menerapkan frekuensi 5GHz dan beamforming. Sehingga jaringan sinyal wifi memiliki jangkauan lebih luas dan cepat. Bahkan penggunaan teknologi baru sudah bisa mengaktifkan dua frekuensi sekaligus.

Teknologi AC pada router wifi terbaru bisa mengaktifkan frekuensi 2.4GHz dan 5GHz secara bersamaan. Frekuensi 2.4GHz memiliki jangkauan sinyal wifi yang pendek sehingga bagus untuk lokasi pengguna di sekitar router wifi. Sementara itu, frekuensi 5GHz memiliki jangkauan sinyal wifi lebih jauh dan bersih karena belum bisa digunakan perangkat router wifi lama. Dijamin, router wifi Anda akan memiliki performa lebih baik dengan mengaktifkan kedua frekuensi tersebut.

Itulah ulasan terkait memperluas daya jangkau wifi yang bisa Anda terapkan. Anda juga bisa memperluas jangkauan sinyal wifi dengan cara konvensional menggunakan kaleng bekas. Kaleng bekas ini dimanfaatkan sebagai sayap antena pada router wifi. Sayap antena atau kaleng bekas mampu memantulkan wifi lebih luas dan jauh. Bahkan cara konvensional ini tidak perlu mengeluarkan biaya. Sekarang giliran Anda memilih untuk mencoba cara paling pas untuk dilakukan pada router wifi Anda. Selamat mencoba!

Related Post

Mengenal Jenis-jenis Malware Malware yang merupakan singkatan dari malicious software adalah suatu program yang dibuat dengan tujuan untuk merusak atau membajak dengan cara menyus...
Cara Bijak Hindari Hoax Temukan tips kenali hoax paling efektif yang diulas dalam artikel ini, agar terhindar dari berita yang belum pasti kebenarannya. Pesatnya kemajuan te...
Cara Pasang Adsense Di Blog Pribadi Dan Tips Blog ... Belum banyak orang yang tahu bagaimana cara pasang adsense di blog. Terutama bagi seorang blogger pemula. Masih ada banyak orang yang belum tahu menge...
Rekomendasi Paket Internet Seluler Murah dan Kenca... Ingin Smartphone Anda bisa mengakses internet? Beli saja Paket internet murah dan kencang. Belum tahu mana saja paket yang murah? Cek daftarnya di sin...
Langkah Cara Investasi Saham Online Yang Menguntun... Investasi saham online dapat membeli saham secara online melalui HP yang terhubung koneksi. Dengan melakukan transaksi jual beli menggunakan aplikasi ...
Tips dan Trik Meningkatkan Traffic Blog/Website Se... Supaya jadi blogger sukses, Anda wajib tahu beberapa tips meningkatkan traffic blog dengan tepat agar meraup penghasilan besar. Keberadaan internet s...
Daftar Aplikasi Penghasil Uang di Smartphone Smartphone tak hanya digunakan untuk hiburan dan komunikasi. Ada juga aplikasi penghasil uang yang bisa dicoba. Berikut ulasannya. Berbagai jenis apl...
Memulai Usaha di Depan Komputer Tanpa Modal Sekarang ini jamannya digital, semua yang kita mau dan ingin lakukan bisa dengan mudah kita dapatkan. Hanya dengan menggunakan laptop, komputer, dan h...

One thought on “Cara Memperluas Daya Jangkau Wifi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *