Tips Memulai Usaha Home Industry

Bagaimana cara memulai usaha home industry agar maksimal dengan modal kecil? Yuk, belajar dulu di sini biar tidak salah dalam mengambil keputusan…

Sekarang ini home industry atau bisnis industri rumah tangga semakin marak. Hal ini karena bisnis industri rumah tangga cukup menguntungkan. Menjalankan usaha home industry saat ini semakin banyak diminati dengan berbagai macam jenis produk maupun jasa yang dipilih. Banyak masyarakat yang termotivasi untuk menjalankan bisnis sendiri karena sempitnya lapangan pekerjaan. Selain itu, tingkat persaingan para pencari kerja juga semakin tinggi. Hal inilah yang membuat para wirausahawan muda berbakat ikut membantu membuka lapangan kerja lebih banyak lagi di berbagai macam sektor industri. Berikut akan dijelaskan mengenai pengertian, tips memulai usaha home industry beserta manfaatnya.

Pengertian Home Industry atau Industri Rumah Tangga

Home industry atau bisnis industri rumah tangga merupakan jenis usaha yang dilakukan di rumahan. Bisnis ini hanya dijalankan oleh maksimal 4 orang karyawan dan tidak lebih. Jenis usaha yang satu ini mempunyai karakteristik yaitu mayoritas pemilik usaha merupakan kepala rumah tangga, modalnya minim, tenaga kerjanya berasal dari pihak keluarga tersebut.

Home industry cenderung memproduksi berbagai macam karya tangan manusia misalnya seperti kerajinan, furniture, makanan ringan, anyaman dan karya lainnya. Bagi Anda yang ingin memulai usaha home industry, pilihlah jenis usaha yang sumber daya atau bahan bakunya ada di sekitar lingkungan Anda.

Baca Juga: Usaha dengan Kriteria Apa Saja Sih yang Dikategorikan Sebagai UMKM?

Tips Memulai Usaha Home Industry

Sebelum memulai usaha home industry, ada beberapa tips yang bisa Anda coba terapkan, yaitu meliputi…

1. Pilih Bisnis yang Tepat

Pikirkan jenis bisnis yang menurut Anda paling tepat untuk dilakukan atau dijalankan. Sesuaikan dengan minat yang ada di pasaran, modal yang sudah disediakan dan juga kemampuan Anda di dalam menjalankannya.

2. Mempunyai Visi dalam Menjalankan Bisnis

Tentukan visi yang tepat di dalam menjalankan bisnis atau usaha tersebut. Visi yang tepat merupakan visi yang akan memberikan jiwa semangat pantang menyerah, visi yang mampu memberikan kekuatan lebih untuk menembus batas keyakinan pebisnis serta visi yang nantinya akan menghasilkan nilai ibadah dari berbagai macam hal yang dilakukan.

3. Perhitungan Waktu yang Tepat

Temukanlah waktu yang tepat untuk memulai usaha home industry tersebut. Seperti contohnya Anda ingin membuka home industry pakaian muslim. Waktu yang tepat untuk memulainya adalah ketika momen lebaran.

4. Perhitungkan Modal

Sebaiknya Anda menyisihkan beberapa persen dari jumlah modal yang diinvestasikan untuk menghindari berbagai macam hal yang tidak diinginkan. Jadi, bisnis industri rumah tangga yang dijalankan nantinya tidak akan mengalami kegagalan.

Tujuan dari penyisihan uang tersebut adalah untuk perbaikan berbagai macam alat yang mengalami kerusakan maupun berbagai macam resiko yang mungkin saja terjadi lainnya. Sebaiknya Anda jangan terburu-buru ketika menjalankan bisnis dengan menggunakan modal besar apalagi dengan berhutang.

5. Melakukan Promosi

Lakukan promosi melalui berbagai media yang tersedia. Bisa melalui media cetak misalnya seperti majalah, koran dan jenis surat kabar lainnya. Anda juga bisa melakukan promosi lewat televisi, radio maupun sosial media. Buatlah kalimat promosi yang bisa menarik perhatian para masyarakat. Jika perlu tawarkan juga hadiah, potongan harga maupun promo lainnya untuk menarik perhatian para konsumen.

6. Utamakan Kepuasan Konsumen

Utamakanlah kepuasan konsumen. Jika mereka puas dengan produk serta pelayanan yang Anda berikan, tentunya mereka akan membeli lagi produk Anda. Bahkan mereka juga bisa mempromosikan produk Anda kepada konsumen lainnya.

7. Jangan Pernah Takut Gagal

Sebagai seorang pebisnis sejati jangan pernah takut gagal meskipun Anda masih menjadi pebisnis pemula. Jadi, terjanglah berbagai risiko yang mungkin bisa terjadi. Anda bisa menjadi pebisnis yang sukses jika tidak takut terhadap kegagalan.

8. Belajar Administrasi

Sebagai seorang pebisnis Anda harus bisa menguasai pengetahuan sederhana pada bidang yang berkaitan dengan administrasi. Contohnya adalah dengan melakukan seluruh pencatatan serta pelaporan keuangan yang masuk atau yang keluar. Pengelolaan administrasi harus dilakukan dengan cermat dan teliti.

Catat seluruh pengeluaran untuk mengetahui besar keuntungan yang didapatkan dari bisnis yang Anda jalankan. Jangan menganggap remeh administrasi yang sederhana tersebut karena sangat bermanfaat untuk kelangsungan bisnis Anda.

Baca Juga: Bisakah Penghasilan Google Adsense Menjadi Pendapatan Utama tanpa Kerja?

Manfaat Bisnis Industri Rumah Tangga

Kerugian investasi bisnis rintisan adalah lambat meraih untung. Baca terus risiko dan keuntungan investasi bisnis start up di sini.
Home industry skala kecil memang lebih ringan. Namun, harus tetap disiplin waktu dan selalu berusaha semaksimal mungkin.

Memang tidak mudah memulai usaha home industry. Namun dengan kesungguhan pasti Anda bisa menjalankannya. Ada beberapa manfaat bisnis industri rumah tangga yang bisa Anda peroleh, diantaranya yaitu…

1. Hanya Membutuhkan Modal Kecil

Modal di dalam menjalankan bisnis industri rumah tangga relatif kecil. Hal inilah yang membuat usaha home industry banyak dijadikan peluang bagi mereka yang ingin membangun usaha kecil-kecilan di rumah. Bisnis ini hanya memerlukan modal kreativitas serta kemampuan lebih pada suatu bidang tertentu.

2. Mengurangi Angka Pengangguran

Home industry lebih mengutamakan tenaga kerja manusia. Jadi, pilihan jenis bisnis industri rumah tangga ini akan bernilai untuk mengurangi jumlah atau angka pengangguran.

3. Bisa Dijalani Oleh Pemula

Walaupun Anda masih pemula, untuk bisa memperoleh keuntungan besar bisa saja dilakukan. Asalkan Anda menjalankannya dengan penuh kerja keras, tekun serta terus belajar. Carilah berbagai macam informasi mengenai dunia bisnis lewat berbagai macam media cetak, internet maupun dengan menjalin relasi yang baik dengan jaringan bisnis.

4. Tidak Membutuhkan Banyak Tenaga Kerja

Home industry tidak memerlukan banyak tenaga kerja. Tenaga kerja yang diperlukan tidak lebih dari 4 orang. Anda juga bisa mengajak anggota keluarga untuk ikut membantu. Jadi, kepercayaan akan menjadi lebih mudah dijalin.

5. Waktu Lebih Fleksibel

Waktu dalam menjalankan bisnis home industry lebih fleksibel. Anda tidak perlu terlalu memikirkan waktu yang tetap untuk memulai membuka lapak. Hal ini karena lokasi pelaksanaannya di rumah. Jadi, Anda bisa lebih fleksibel dalam mengatur waktu.

6. Mampu Bertahan Lama

Jenis bisnis yang satu ini pada umumnya lebih mampu untuk bertahan dari berbagai resiko yang menimbulkan dampak pada tenaga kerja. Misalnya seperti PHK pada suatu perusahaan yang besar ketika mengalami inflasi. Berbeda dengan home industry yang cenderung bertahan lebih lama.

7. Keuntungan untuk Diri Sendiri

Home industry sepenuhnya merupakan milik Anda. Jadi, keuntungan bersih nantinya akan menjadi hak milik pribadi Anda. Pelaku usaha home industry ini merangkap sebagai manager dan juga karyawan. Akan menjadi sangat lumayan jika produk Anda banyak yang terjual.

8. Bebas Menentukan Harga Pasaran

Manfaat menjalankan home industry berikutnya adalah dalam hal menentukan harga produk ataupun jasa. Pemilik bisnis yang merangkap sebagai seorang manager serta karyawan bebas untuk menetapkan nominal harga produk.

Hal yang terpenting dan perlu diperhatikan yaitu berpedoman dengan harga pasaran. Tujuannya adalah minat para pembeli tetap tinggi. Selain itu agar omset yang didapatkan masih memberikan suatu keuntungan.

Baca Juga: Mengenal Bisnis Franchise dan Untung Ruginya

Itu tadi sekilas penjelasan singkat mengenai cara memulai usaha home industry atau bisnis industri rumah tangga. Semoga penjelasan tersebut memberikan manfaat dan menambah wawasan untuk Anda. Meskipun terlihat tidak besar, jika Anda menjalankannya dengan sungguh-sungguh tentu akan bisa menghasilkan keuntungan yang besar. Bahkan, bisnis yang Anda jalankan bisa berkembang dengan lebih besar lagi.

2 thoughts on “Tips Memulai Usaha Home Industry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *