Komoditas yang Mulai Merambah Dunia Ekspor

Indonesia sebenarnya punya potensi sangat besar. Buktinya, berbagai produk berikut ini mulai merambah dunia ekspor. Apa saja? simak hingga tuntas!

Ragam jenis industri Indonesia banyak yang mulai melebarkan sayapnya ke dunia internasional. Beragam persiapan diperlukan untuk mulai merambah dunia ekspor. Nah, berikut ini beberapa produk asli Indonesia yang kini mulai melebarkan sayapnya di dunia ekspor.

Produk Asli Indonesia yang Mulai Merambah Dunia Ekspor

Meskipun Indonesia banyak menerima produk impor dari luar negeri, ada beberapa produk asli Indonesia yang banyak menembus pasar internasional. Produk yang menembus pasar internasional ini merupakan produk hasil karya anak bangsa di berbagai sektor usaha.

1. Produk Pertanian dan Perkebunan

Indonesia merupakan negara agraris yang sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai petani. Selain karena banyaknya profesi petani, tanah yang subur menjadi salah satu faktor suburnya aneka tanaman yang ditanam di tanah Indonesia. Melimpahnya hasil pertanian dan perkebunan inilah yang sebagian hasil komoditasnya banyak diekspor ke luar negeri.

Kopi merupakan salah satu produk pertanian yag paling banyak diekspor ke luar negeri. Bahkan di tahun 2016, kopi mengalami kenaikan nilai ekspor yang cukup signifikan dan Indonesia menduduki negara produsen dan eksportir kopi terbesar di dunia.

Selain kopi, produk pertanian lain yang banyak diekspor ke luar negeri seperti jagung yang sudah diekspor ke 14 negara di dunia. Ada juga sayur-sayuran dan buah-buahan organik yang sudah lulus uji standar kelayakan produk ekspor.

Ada juga tembakau, rempah, dan kelapa sawit yang masih menjadi primadona ekspor produk pertanian asal Indonesia. Aneka hasil pertanian inilah yang banyak diimpor oleh berbagai negara di dunia karena melimpahnya hasil pertanian di Indonesia.

2. Produk Perikanan

Selain hasil pertanian dan perkebunan yang melimpah ruah, hasil perikanan Indonesia juga banyak yang diekspor ke luar negeri. Selain jenis ikan laut seperti ikan tuna, kakap, kembung, salmon, dan udang yang banyak diekspor, jenis ikan hias yang berupa benih ikan arwana pun banyak yang diekspor.

Pertumbuhan ekspor hasil perikanan Indonesia pun cukup meningkat secara signifikan. Selain diekspor di Thailand, Jepang, Tiongkok, Korea, dan Vietnam, hasil perikanan Indonesia juga sudah mulai diekspor diberbagai negara di benua Eropa. Bahkan Indonesia merupakan salah satu negara terbesar pengekspor hasil perikanan di dunia.

Baca Juga: Tips Impor Barang dengan Aman dan Mudah

3. Produk Makanan Indonesia

Selain memiliki kekayaan alam yang melimpah, Indonesia juga memiliki aneka perusahaan makanan dengan teknologi canggih. Dengan teknologi yang serba modern inilah yang membuat kualitas produk makanan Indonesia tidak kalah dengan produk dari luar negeri.

Beberapa produk makanan seperti Indomie, permen Kopiko. Minuman Nutrisari, dan herbal Tolak Angin menjadi sebagian produk asli Indonesia yang diekspor ke luar negeri. Produk asli Indonesia ini tidak hanya laris dijual di dalam negeri, tetapi orang dari luar negeri pun menyukai produk-produk tersebut.

Selain produk makanan yang sudah dikemas langsung dari perusahaan, ada juga waralaba makanan yang mulai merambah dunia ekspor. Salah satu waralaba makanan tersebut adalah J.Co Donuts. J.Co Donuts merupakan waralaba asli Indonesia yang didirikan oleh Johny Andrean Group. Donat buatan anak Indonesia ini tidak hanya digemari oleh masyarakat Indonesia, bahkan kini J.Co Donuts juga cukup laris dijajakan di Filipina.

4. Kerajinan Tangan Indonesia

Indonesia merupakan negara yang terdiri dari berbagai suku dan budaya yang beraneka ragam. Di setiap daerah di Indonesia memiliki budaya dan keanekaragaman seni yang sangat khas. Beragam seni kerajinan tangan yang semula hanya terkenal di daerah asal saja. Tak hanya digemari oleh masyarakat lokal saja, kini kerajinan tangan asli Indonesia mulai merambah ke dunia internasional.

Beragam kerajinan tangan, seperti kerajinan dari kulit kerang ataupun kerajinan rotan menjadi salah satu penghias ruangan yang unik dan tidak bisa ditemukan di luar negeri. Kerajinan tangan ini tidak hanya dijajakan dan dibeli oleh masyarakat internasional saja, tetapi Indonesia mampu mengekspor dengan kualitas dan kemasan yang aman hingga tujuan.

Selain itu, kerajinan lokal khas daerah, seperti kerajinan batu mulia ataupun hasil kain tenun. Kerajinan tangan inilah yang banyak digemari masyarakat internasional. Meskipun memiliki harga yang cukup mahal, keaslian dan keunikan kerajinan tangan Indonesia tidak bisa dibandingkan dengan kualitas yang dihasilkan

5. Sepeda

Salah satu alat transportasi yang cukup populer di luar negeri adalah sepeda. Nah, di Indonesia sendiri terdapat perusahaan yang memproduksi sepeda dengan kualitas yang cukup mumpuni. Meskipun di Indonesia sepeda tidak banyak diminati, lain halnya di luar negeri yang lebih banyak menggunakan sepeda sebagai alat transportasi. Salah satu perusahaan sepeda di Indonesia yang sudah menembus pasar luar negeri adalah Polygon dan United.

Kedua perusahaan produksi sepeda ini cukup populer di Indonesia. Karena kualitas yang ditawarkan kedua perusahaan ini cukup mumpuni, hampir setengah dari jumlah produksinya berhasil didistribusikan ke berbagai negara Asia hingga Eropa.

Ada 8 tips impor dari luar negeri yang patut Anda ketahui; memilih Co-Partner, asuransi barang,dll. Simak terus dalam artikel ini!
Banyak sekali komoditas-komoditas ekspor yang merupakan produk asli bangsa kita, mulai dari busana, kosmetik, makanan, dan banyak juga yang lainnya.

6. Kosmetik

Meskipun banyak kosmetik asal Korea hingga Amerika yang berhasil masuk ke pasar kosmetik Indonesia, ternyata perusahaan kosmetik Indonesia memiliki brand kosmetik yang tidak kalah dengan dengan brand luar negeri. Beberapa brand kosmetik Indonesia mulai merambah dunia ekspor karena kualitasnya yang sudah teruji.

Selain menggunakan bahan alami yang aman, label halal yang sudah tersemat menjadi salah satu faktor yang membuat kosmetik Indonesia mulai dilirik dunia internasional. Beberapa brand kosmetik Indonesia yang mulai merambah dunia internasional adalah Mustika Ratu dan Martha Tilaar.

Kedua brand ini cukup populer di dunia internasional karena kandungannya yang aman dan berasal dari bahan alami khas Indonesia. Selain menawarkan khasiat kosmetik dan hasil make up yang tahan lama, penggunaan bahan yang mengusung kearifan lokal Indonesia menjadi salah satu keunggulan produk ini bisa menembus dunia internasional.

Baca Juga: Tips Belanja Impor dari Alibaba dan AliExpress

7. Produk Busana

Kini perancang busana asal Indonesia banyak yang mulai menampilkan karya-karyanya di beberapa pagelaran internasional. Beberapa perancang bisanaasal Indonesia ini tak hanya memiliki karya yang diminati oleh masyarakat Indonesia, tetapi kini banyak designer Indonesia yang mulai terjun ke dunia internasional.

Beberapa nama seperti Tex Saviro, Nancy Go, Fahrani Empel, dan Rinaldy Yuniardi menjadi perancang busana Indonesia yang go internasional. Selain dipamerkan di beberapa pameran internasional, karya perancang busana Indonesia ini pun juga banyak digunakan oleh artis internasional, seperti Lady Gaga dan Paris Hilton.

8. Produk Elektronik

Jika produk elektronik di Indonesia lebih banyak didominasi dari China ataupun Jepang, ternyata ada sebuah perusahaan elektronik Indonesia yang memiliki kualitas ekspor. Salah satu perusahaan elektronik Indonesia yang berhasil masuk ke pasar internasional adalah Panasonic.

Perusahaan elektronik ini memiliki kerjasama dengan perusahaan dari Jepang yang menyediakan aneka produk dengan teknologi canggih. Beberapa produk seperti baterai, peralatan masak, dan aneka barang elektronik memiliki kualitas unggul dengan harga jual yang cukup terjangkau.

Nah, itulah beberapa produk asli Indonesia yang mulai merambah dunia ekspor. Meskipun berasal dari dalam negeri sendiri, ternyata kualitas yang ditawarkan produk asli Indonesia ini tidak kalah dengan produk yang berasal dari luar negeri.

One thought on “Komoditas yang Mulai Merambah Dunia Ekspor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *