Bisnis Apotek Franchise, Cocok untuk Pemula?

Apakah Anda pernah terpikir untuk memiliki waralaba di bidang Apotek atau farmasi? Bagaimana dengan peluang bisnisnya? Sebaiknya jangan langsung mengambil keputusan tanpa suatu pertimbangan. Simak pembahasan mengenai bisnis Apotek franchise (misalkan apotek K-24) baik dari kelebihan ataupun kekurangannya.

Sebelum membahas lebih lanjut, jika Anda seorang pebisnis pemula maka hal yang harus diingat yaitu jangan sampai lupa untuk pengelolaan keuangan dalam berbisnis harus dilakukan dengan cermat dan teliti. Terkadang masih banyak yang belum bisa melakukan pengelolaan antara keuangan bisnis dan uang pribadi

Mengapa Memilih Bisnis Apotek Franchise?

Anda mau pilih yang mana, berbisnis apotek sendiri atau franchise? Memang, apotek franchise cukup simple untuk dikelola. Hanya saja Anda membutuhkan modal yang lebih untuk membeli izin menjalankan usaha apotek dengan salah satu brand ternama dan sudah cukup dikenal oleh masyarakat luas.

Kendala

Namun, ada beberapa kendala dalam mendirikan apotek waralaba tersebut, antara lain:

  • Modal cukup besar

Dana yang dibutuhkan untuk membeli waralaba apotek tidaklah sedikit. Biasanya Anda harus membayar nilai yang cukup tinggi dan tergantung dari reputasi pemilik waralaba tersebut. Sehingga bagi mereka yang tidak memiliki modal besar, kemungkin sangat keciluntuk bisa memiliki usaha ini.

  • Keterbatasan dalam berkreasi

Dalam menjalankan bisnis waralaba apotek, Anda tidak memiliki kebebasan dalam berkreasi seperti dalam mendirikan usaha sendiri. Mengingat semua sistem sudah disediakan dari pemilik waralaba. Selain itu juga terdapat peraturan-peraturan yang akan mengikat dan harus Anda patuhi.

Keuntungan

Namun, tentunya ada keuntungan tersendiri ketika Anda memutuskan untuk memiliki bisnis waralaba apotek dibandingkan membangun usaha sendiri. Berikut ini beberapa keuntungan dalam berbisnis waralaba apotek.

  • Cocok untuk pemula

Jenis waralaba sangat cocok untuk pebisnis pemula yang belum tahu banyak tentang bisnis. Dengan membeli waralaba, maka Anda sudah mendapatkan sistem yang sudah siap berjalan dengan berbagai peralatan dan kesiapan operasionalnya. Dengan begitu, meskipun Anda masih pemula maka tetap bisa menjalankan usaha tersebut.

  • Sudah memiliki nama

Dengan memilih waralaba (misalkan apotek K-24), maka Anda sudah membeli sebuah bisnis yang sudah berjalan sebelumnya. Itu artinya, sudah memiliki bukti nyata bahwa bisnis tersebut berjalan dan sudah di kenal oleh masyarakat luas. Hal ini sebenarnya juga berlaku bagi bisnis franchise lainnya.

Sehingga mereka tidak akan ragu untuk membeli obat atau peralatan kesehatan lainnya dengan brand yang sudah cukup terkenal. Terutama jika Anda membeli waralaba yang diambil dari brand ternama dengan reputasi yang baik.

Baca Juga: Bisnis Franchise Ayam Geprek Makin Populer?

Perhitungan Keuntungan Bisnis Apotek Franchise

Apabila dilihat dari peluangnya, memang usaha ini cukup menjanjikan dan membuat Anda semakin tertarik untuk terjun ke dalam bisnis tersebut. Namun satu hal yang perlu Anda ingat, dalam setiap usaha yaitu bertujuan untuk mencari keuntungan.

Dengan demikian, maka melakukan perhitungan sebelum memutuskan terjun dalam bisnis tertentu sangatlah penting. Sehingga Anda harus merencanakan keuangan Anda secara matang. Ada dua jenis sumber pemasukan omset dari usaha apotek yaitu dari penjualan langsung dan dari penjualan resep dokter di apotek tersebut.

Omset dapat bervariasi dan tergantung dari lokasi tempat usaha Anda, strategi pemasaran yang digunakan dan kualitas pelayanan yang diberikan. Misalnya saja, memiliki dokter praktek di apotek yang Anda miliki., beberapa sales canvasser yang handal dan agresif, sehingga memiliki target penjualan dan sebagainya.

Dengan begitu, tentunya omset yang Anda dapatkan lebih besar dan usaha yang didirikan akan berkembang dengan baik sesuai target perencanaan. Dari gambaran tersebut, sudah pasti bisnis waralaba dapat menghasilkan omset yang cukup tinggi.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk bisnis franchise apotek? Dari beberapa pembahasan di atas, semoga dapat memberikan gambaran untuk Anda pertimbangkan sebelum mengambil keputusan yang tepat.

One thought on “Bisnis Apotek Franchise, Cocok untuk Pemula?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *