Berapa Sih Harga 3D Printer sekarang?

Ingin beli printer 3D untuk pengembangan bisnis Anda? Tapi berapa harga 3D printer sekarang? Simak ulasan lengkapnya di sini.

Revolusi industri sekaligus kemajuan teknologi memang membuat manusia menciptakan berbagai inovasi yang begitu mencengangkan. Salah satunya ialah tren cetak tiga dimensi alias 3D printing atau yang secara ilmiahnya disebut Additive Layer Manufacturing. Meningkatnya kebutuhan 3D printing membuat banyak masyarakat awam mencari informasi harga 3D printer sekarang?

Memang jika dibandingkan mesin cetak alias printer konvensional, 3D printer bisa dibilang punya harga jual yang lebih mahal. Produk yang kebanyakan berasal dari luar negeri ini bahkan tidak semua bisa dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Meskipun begitu, peradaban yang semakin maju di kota-kota besar Tanah Air membuat banyak pelaku bisnis atau masyarakat sipil ingin memiliki 3D printer.

Layaknya prinsip ekonomi pada umumnya, di mana ada permintaan maka di situlah penjualan meningkat. Distributor-distributor atau produsen printer pun mulai menggelontorkan produk 3D printer andalan mereka ke Tanah Air. Hal inilah yang membuat harga 3D printer sekarang Jadi makin beragam. Nah, bagi Anda yang masih awam dengan teknologi ini, ulasan berikut bakal sangat membantu.

Mengenal Lebih Jauh Soal 3D Printer

Sebelum bicara lebih jauh mengenai harga 3D printer sekarang, ada baiknya jika Anda tahu soal teknologi cetak tiga dimensi terlebih dulu. Secara mudahnya, teknik 3D printing adalah proses menjadikan file digital menjadi sebuah obyek padat tiga dimensi. Menarik bukan? Karena selama ini yang mungkin Anda ketahui, printer bertugas menjadikan file digital jadi obyek dua dimensi berbentuk lembaran kertas.

Mau kalangan akademisi, instansi pemerintahan atau pegawai kantoran, printer adalah sebuah mesin yang kerap digunakan. Ketika diharuskan mencetak file-file laporan yang sudah dikerjakan lewat komputer, maka printer akan menjalankan tugasnya. Dan sebetulnya, 3D printer memiliki prinsip kerja yang sama pula. Hanya saja obyek yang dicetak bisa Anda pegang dan lihat karena mempunyai volume.

Contohnya ketika Anda memiliki foto mobil di komputer, Anda bisa memiliki versi miniatur mobil itu lewat proses pencetakan 3D printer. Layaknya perangkat canggih milik Doraemon, mesin cetak tiga dimensi ini memang sukses mewujudkan imajinasi siapapun ke dalam bentuk yang lebih nyata karena bisa disentuh. Menarik bukan? Lantas berapa harga 3D printer sekarang? Pastinya berbeda-beda tergantung pabrikannya.

Baca Juga: Mengenal Teknologi 3D Printing

Seperti Inilah Cara Kerja 3D Printer

Kendati 3D printer dianggap inovasi teknologi dari masa depan, faktanya teknik cetak tiga dimensi ini sudah dikenal sejak beberapa dekade lalu. Adalah Chuck Hull yang dipercaya sebagai pencipta teknologi 3D printing. Pekerja 3D System Corp ini diketahui menemukan teknologi cetak tiga dimensi pada tahun 1980-an. Berawal dari buah pemikiran Hull, cetak tiga dimensi pun mengalami perkembangan hingga saat ini.

Berbeda dengan printer yang Anda gunakan sehari-hari, 3D printing menggunakan mesin cetak khusus sehingga mampu mewujudkan sebuah benda dari file digital. Cara kerja 3D printer pun sebetulnya sama dengan printer inkjet standar, di mana printer membuat lapisan cetakan warna agar obyek yang diinginkan bisa terbentuk. Hanya saja perbedaan paling mendasar adalah 3D printer tidak menggunakan tinta.

3D printing adalah teknologi printer terbaru yang mampu mencetak objek tiga dimensi (3D) yang bisa dipegang dan dipakai tubuh.
3D printing adalah teknologi printer terbaru yang mampu mencetak objek tiga dimensi (3D) yang bisa dipegang dan dipakai tubuh.

Yap, bahan utama pembuat lapisan cetakan warna dalam 3D printer adalah plastic molten wax agar obyek terbentuk. Wah kalau begitu, berapa sih harga 3D printer sekarang? Apakah sama dengan mesin berteknologi modelling? Jawabannya adalah berbeda karena cara kerjanya tak sama. Di mana untuk mesin modelling seperti CNC, (Computer Numerical Control) menggunakan teknik Substractive Manufacturing.

Baca Juga: Tutorial Membuat Karya dengan 3D Printer

Sementara untuk mesin cetak tiga dimensi, menggunakan prinsip Additive Manufacturing, di mana obyek disusun dari lapisan bahan yang dicetak. Nah, sebelum tahu kisaran harga 3D printer sekarang ada baiknya Anda memahami tahapan kerja printer 3D berikut ini:

  1. Tahapan awal dalam proses cetak tiga dimensi adalah melakukan modelling 3D untuk obyek. Untuk bisa melakukannya, Anda perlu memakai software khusus desain 3D sesuai dengan printer yang dipakai seperti Tinkercad, Solidwork, Catia, Delcam dan lain-lain. Agar Anda memperoleh file dengan format CAD, harus memakai mesin pemindai alias scanner
  2. Jika proses modelling 3D usai, maka artinya file sudah siap dan bisa langsung dicetak. Printer bakal membaca desain 3D lalu kemudian menyusun lapisan-lapisan hingga membentuk model virtual yang bakal digabungkan menjadi obyek utuh.
  3. Tahapan akhir dari proses pencetakan 3D adalah Anda melakukan penyempurnaan obyek. Amati bagian-bagian yang tampak kompleks karena bisa saja terjadi perbedaan ukuran.

Menarik sekali bukan cara kerja printer tiga dimensi?

Macam-macam 3D Printer yang Beredar di Pasaran

Bicara soal harga 3D printer sekarang, Anda harus tahu kalau ternyata mesin cetak tiga dimensi ini memiliki empat jenis yang populer di pasaran. Keempat jenis itu adalah Printer Direct, Printer Binder, Printer Photopolymerization dan Printer Sintering. Baik jenis Direct dan Binder memiliki mekanisme kerja teknologi inkjet layaknya mesin cetak 2D konvensional, tapi yang dihasilkan adalah bahan lilin atau polimer plastik.

Yang membedakan antara jenis Direct dan Binder adalah proses bahan untuk mesin cetak Binder dipisah antara bubuk kering dan lem cair. Sementara printer jenis Photopolymerization, menggunakan bantuan sinar ultraviolet supaya cairan plastik yang dicetak bisa mengeras. Dan terakhir untuk jenis Sintering, memakai sinar laser untuk melelehkan dan mengeraskan bubuk plastik.

Baca Juga: Teknologi Masa Depan yang Sudah Ada di Indonesia

Harga 3D Printer Terbaru

Dalam perkembangannya, harga 3D printer rupanya mengalami perubahan. Ketika pertama kali dikenalkan ke masyarakat Indonesia tahun 2014, harga printer 3D masihlah tergolong mahal. Tetapi saat ini, sudah banyak printer 3D dengan harga terjangkau untuk Anda para penghobi yang gemar mencetak purwarupa sederhana di rumah.

Untuk jenis printer 3D terjangkau, dikenal sebagai Desktop 3D Printer. Namun meskipun harganya ramah di kantong, printer jenis ini sudah mendukung tipe bahan PLA, ABS, PETG, Wood, PVA dan Flexible Filaments yang memang populer untuk mencetak obyek tiga dimensi. Lantas berapa harga 3D printer sekarang? Yang paling terjangkau adalah Anet A8 Desktop 3D Printer Prusa i3 di kisaran harga kisaran Rp 2,2 juta.

Tak berbeda jauh, Sunhokey 3D Printer Prusa i3 dibanderol dengan harga kisaran Rp 2,5 juta lalu Rp 2,7 jutaan untuk Tevo Tarantula Prusa i3 3D Printer. Setingkat di atasnya ada Da Vinci 3D Mini Maker Printer dengan Rp 3,9 juta dan kemudian Delta 3D Printer Kit yang mencapai Rp 5,6 jutaan.

Baca Juga: Jenis-Jenis 3D Printing yang Perlu Diketahui

Penjelasan di atas kami rasa cukup tuntas untuk mengungkapkan mengenai berapa harga 3D printer sekarang? Dengan begitu Anda bisa memilih berdasarkan budget yang dimiliki untuk membeli salah satu di antaranya. Jika memang ingin fitur yang lebih canggih dan material beragam, tentu harga mesin cetak 3D bakal melambung mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah. Tertarik membelinya? Silakan asalkan memang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda.

One thought on “Berapa Sih Harga 3D Printer sekarang?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *