Teknologi Masa Depan yang Sudah Ada di Indonesia

Tahukah Anda tentang teknologi masa depan yang sudah ada di Indonesia? Mulai dari mobil, hingga pena dan mouse. Simak uraiannya di sini.

Ketika menonton Iron Man, Anda tentu bakal begitu terpesona dengan kecanggihan teknologi yang dimiliki oleh Tony Stark sang Iron Man. Asisten pribadinya si Jarvis yang super cerdas atau aneka armor mematikan, membuat siapapun bertanya-tanya, seperti itukah teknologi masa depan? Meskipun memang sudah jelas rekayasa komputer, ternyata sudah banyak lho teknologi masa depan yang sudah ada di Indonesia.

Ya, kemajuan peradaban dan industri terknologi kini membuat manusia mampu menciptakan rangkaian alat yang dulu hanyalah dianggap sebagai imajinasi belaka. Bahkan bukan tak mungkin, aneka teknologi canggih ala film superhero yang terkesan tak masuk akal, cepat atau lambat bakal bisa dinikmati masyarakat dunia. Sebagai negara berkembang, Indonesia rupanya memiliki kemajuan teknologi yang membanggakan.

Ada banyak sekali ahli teknologi di Indonesia yang melalui buah pikirannya, mampu menghasilkan inovasi ala masa depan. Sesuatu yang tampak tak mungkin dan bak film fiksi ilmiah, telah hadir di Indonesia. Memang seperti apa sih teknologi masa depan yang sudah ada di Indonesia? Berikut ini adalah beberapa ulasannya, yang mungkin salah satunya sudah Anda gunakan.

1. Mesin Cetak Tiga Dimensi alias 3D Printer

Ketika ingin mencetak sebuah file digital dari komputer entah berupa tulisan atau foto, Anda tentu membutuhkan yang namanya printer. Bukan hanya kalangan akademisi saja, printer saat ini sudah digunakan banyak lapisan masyarakat Indonesia seperti instansi pemerintah, karyawan kantoran hingga masyarakat awam. Namun mesin printer yang diketahui saat ini hanyalah mampu menghasilkan obyek cetak dua dimensi di atas kertas.

3D printing adalah teknologi printer terbaru yang mampu mencetak objek tiga dimensi (3D) yang bisa dipegang dan dipakai tubuh.
3D printing adalah teknologi printer terbaru yang mampu mencetak objek tiga dimensi (3D) yang bisa dipegang dan dipakai tubuh.

Apakah mungkin sebuah mesin menghasilkan obyek cetak tiga dimensi seperti miniatur mobil hingga patung wajah manusia? Jawabannya adalah bisa menggunakan 3D printer. Dan yang makin istimewa, mesin cetak tiga dimensi ini rupanya termasuk salah satu teknologi masa depan yang sudah ada di Indonesia. Melalui 3D printer, siapapun kini bisa menciptakan obyek tiga dimensi dari sebuah file cetak secara mudah.

Layaknya peralatan canggih Doraemon, mesin 3D printer membuat Anda bisa memiliki miniatur atau purwarupa benda secara instan. Hal ini jelas tidak mungkin terjadi puluhan tahun lalu, karena mesin cetak saat itu cuma bisa menghasilkan foto di lembaran kertas saja.

Baca Juga: Mengenal Teknologi 3D Printing

2. Mobil Autonomous alias Tanpa Sopir

Di beberapa film Hollywood, kadang diperlihatkan sang jagoan mengendarai mobil tanpa harus duduk di bangku kemudi. Ya, mereka menggunakan sopir otomatis yang memungkinkan mobil tetap melaju aman sekalipun Anda tidur di kursi penumpang. Tampak canggih, adegan yang merupakan bentuk teknologi masa depan ini rupanya kini sudah terwujud.

Termasuk salah satu teknologi masa depan yang sudah ada di Indonesia, Anda bisa melihat mobil-mobil canggih dengan fitur autonomous alias tanpa sopir saat ini. Lantas bagaimana mobil ini bisa melaju? Dengan memanfaatkan kamera sensor khusus yang mampu mendeteksi gerakan dan lingkungan di sekitar mobil. Citra dari kamera itu diproses dengan Kecerdasan Buatan/Artificial Intelegence (AI) sehingga mampu berjalan.

Meskipun tidak sepenuhnya tanpa sopir, fitur autonomous bisa ditemukan dari beberapa mobil masa kini. Contohnya seperti saat Anda hendak memundurkan mobil, akan ada bunyi alarm yang menandakan ada sebuah benda di belakang mobil sehingga Anda lebih waspada. Ke depannya, raksasa teknologi dunia yakni Google tengah mengembangkan dengan serius mobil autonomous ini.

Baca Juga: Mengenal Artificial Intellegence dan Penggunaannya

3. Slidenjoy alias Laptop dengan Tiga Layar

Masih membicaraka teknologi canggih di film, biasanya film-film fiksi ilmiah atau film bergenre aksi akan memperlihatkan sebuah perangkat komputer dengan lebih dari satu layar. Hal ini jelas membuat tampilan jauh lebih lega hingga cakupan pandang lebih lebar. Tak heran kalau banyak orang begitu ingin merasakan teknologi ala masa depan ini. Namun tenang, tak perlu pakai mesin waktu ke abad ke-22 untuk merasakannya.

Karena rupanya komputer tiga layar ini termasuk teknologi masa depan yang sudah ada di Indonesia. Disebut dengan nama Slidenjoy, Anda bisa memiliki sebuah perangkat komputer dengan tampilan jauh lebih leluasa yakni memiliki tiga layar. Yang lebih menggiurkan, layar di bagian kanan dan kiri monitor utama bisa diputar hingga 180 derajat. Wah, sungguh perangkat impian para gamer nih!

4. Ponsel Lipat yang Fleksibel

Salah satu teknologi masa depan yang sudah ada di Indonesia dan sempat bikin heboh adalah handphone (HP) fleksibel. Disebut fleksibel, karena ponsel ini bisa dibengkok hingga dilipat seolah-olah material penyusunnya sangat lentur selayaknya kertas. Tampak tidak mungkin? Anda salah besar karena teknologi canggih ini sudah diperkenalkan oleh produsen smartphone asal Korea Selatan, Samsung.

Royole Flexpai Foldable
Salah satu teknologi smartphone layar lipat: Royole Flexpai Foldable

Mengenalkan seri Samsung Flex, ponsel ini dikembangkan dengan layar yang bisa dibengkokkan sekaligus dilipat tanpa merusak kemampuan ponsel tersebut. Tentu saja ketika teknologi masa depan yang sudah ada di Indonesia ini dikenalkan, peminat Samsung Flex sangatlah tinggi. Hal ini membuktikan kalau ke depannya, konsumen ingin ponsel dengan fleksibilitas bodi supaya mudah disimpan dan dibawa.

Baca Juga: Teknologi Smartphone Layar Lipat 2019

5. Sepatu Super Pintar

Di masa depan nanti, ilmuwan yakni kalau seluruh benda bisa terhubung dengan ponsel. Hal itulah yang diperlihatkan lewat sepatu super pintar. Menjadi salah satu teknologi masa depan yang sudah ada di Indonesia, sepatu super pintar ini mengubah pemahaman masyarakat terhadap sepatu. Bukan hanya sebagai alas kaki saja, sepatu super pintar mampu memberikan informasi ke perangkat ponsel Anda.

Beberapa informasi yang disampaikan adalah jarak tempuh, kecepatan lari/jalan hingga jumlah kalori yang dihasilkan. Semua informasi ini diperoleh berkat sensor canggih di dalam sepatu yang mampu merekam seluruh gerakan si pengguna entah berjalan, berlari atau bahkan mendaki. Merupakan teknologi masa depan yang sudah ada di Indonesia, beberapa brand dunia bahkan sudah merilis produk sepatu pintar mereka.

Nike misalnya, mengenalkan Nike HyperAdapt 1.0 yang terinspirasi film BACK TO THE FUTURE yang mampu mengencangkan tali secara otomatis. Tak mau kalah, Digitsole juga memproduksi sepatu pintar yang mampu membuat kaki tetap hangat sekalipun di lingkungan super dingin berkat sensor penghangat 45 derajat celcius di bagian sol sepatu.

6. Pemindai Sederhana dengan Pulpen dan Mouse

Jika dulu untuk melakukan pemindaian obyek haruslah memakai mesin scanner khusus yang terhubung ke listrik dan komputer, kecanggihan teknologi melakukannya lewat pulpen dan mouse. Scanmaker misalnya, berbentuk seperti pulpen yang bisa memindai isi sebuah novel ke dalam versi digital. Ada pula Zcan dan Iriscan yang berbentuk mirip mouse dan langsung mengubah teks ke tampilan digital secara instan.

Baca Juga: Perkembangan Teknologi dalam 10 Tahun Terakhir

Wah, luar biasa sekali bukan teknologi masa depan yang sudah ada di Indonesia? Karena memang bertujuan membuat masyarakat jauh lebih praktis, kini semakin banyak saja orang yang memanfaatkannya. Ingat, Anda harus bijak untuk menggunakan teknologi tersebut supaya tidak malah jadi kecanduan. Jangan sampai kecanggihan teknologi malah membuat Anda malas dan tidak mengasah kemampuan diri sendiri, ya!

Related Post

Teknologi Smartphone Layar Lipat 2019 Saat ini, para vendor smartphone di dunia sedang dihadapkan pada trend ponsel lipat. Awal mula trend ini ketika salah satu vendor smartphone Lenovo me...
Desain 3D Printing Paling Favorit Teknologi 3D printing saat ini sudah lumayan lumrah digunakan. Biasanya teknologi ini digunakan oleh pabrik industri atuapun manufackturing. Pabrik te...
Berapa Harga Smartphone Layar Lipat Saat Ini? Smartphone layar lipat belakangan ini menjadi bahan perbincangan hangat di kalangan pecinta gadget dan teknologi. Memiliki layar ponsel yang dapat dil...
Bahan yang Diperlukan untuk 3D Printing Teknik 3D printing merupakan sebuah teknologi lama yang mulai dikenal banyak orang. Banyak sekali pabrik-pabrik industri yang menerapkan teknik printi...
Cryptocurrency : Apakah Prospektif Untuk Investasi Muncul pertanyaan tentang bagaimana prospek investasi cryptocurrency ini? Apakah menguntungkan? Temukan jawabannya di sini. Saat ini mulai banyak yan...
Bedah Smartphone Layar Lipat Besutan Xiaomi Inovasi para pengembang smartphone di dunia tidak ada habisnya. Salah satu inovasi terbaru yang diluncurkan oleh berbagai pabrikan smartphone terkenal...
Mengenal Teknologi 3D Printing 3D printing adalah teknologi printer terbaru yang mampu mencetak objek tiga dimensi (3D) yang bisa dipegang dan dipakai tubuh. Dekade ini, perubahan ...
Smartphone layar lipat Royole Flexpai Kedatangan berbagai macam teknologi baru mungkin sudah menjadi hal yang biasa saat ini. Salah satu produk teknologi yang selalu menghadirkan inovasi m...

6 thoughts on “Teknologi Masa Depan yang Sudah Ada di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *