Bisnis Franchise Bengkel Motor

Motor merupakan alat transportasi yang merakyat. Hampir semua lapisan masyarakat menggunakan transportasi roda dua ini. Dengan semakin banyaknya pengguna motor, bisnis franchise bengkel motor, kini makin banyak pula peluang untuk usaha di bidang ini.

Setiap tahun angka pengguna motor selalu meningkat dan bertambah. Maka, tidak heran apabila kita melihat begitu banyaknya motor yang melintas di jalan raya, sehingga menimbulkan kemacetan. Lahan parkir motor pun semakin padat. Ada beberapa langkah yang harus disiapkan untuk membuka bengkel motor.

Siapkan tempat strategis untuk bisnis franchise bengkel motor

Lokasi atau tempat adalah poin penting yang harus Anda perhatikan sebelum membuka bengkel motor. Pilihlah lokasi yang mudah dijangkau dan mudah ditemukan. Sebagai pemula strategi memilih lokasi yang strategis adalah langkah yang bisa Anda terapkan agar bengkel dikenal masyarakat.

Jangan memiliki anggapa bahwa membuka usaha bengkel di lahan tempat tinggal akan membantu Anda karena tidak adanya biaya sewa atau biaya kepemilikan. Pemikiran itu dapat dipertimbangkan, apabila Anda sudah mempunyai pelanggan yang banyak sebelumnya dan pelanggan yang sudah mengetahui kelebihan dari bengkel Anda.

Untuk pemula, coba pilih tempat tinggal sebagai lahan usaha dapat saja memiliki risiko lambatnya pertumbuhan dari bisnis. Anda memang tak mengeluarkan biaya yang tinggi untuk tempat, akan tetapi Anda juga tidak mempunyai pertumbuhan yang signifikan dari bisnis.

Siapkan montir yang bisa diandalkan

Jika Anda bukanlah seseorang yang tahu masalah teknik sepeda motor, tugas Anda yang kedua yaitu mencari montir yang bisa diandalkan untuk membantu menangani masalah-masalah motor pelanggan. Guna menghemat biaya pengeluaran pada sumber daya manusia, Anda bisa merekrut satu orang yang lebih berpengalaman dengan dua asisten yang masih pemula.

Dengan harapan pemula akan belajar dari montir yang lebih berpengalaman tadi, seiring dengan pertumbuhan bengkel, montir pemula akan punya pengalaman yang hampir sama dengan montir yang sudah berpengalaman, sehingga biaya yang akan Anda keluarkan untuk biaya SDM akan berimbang bersamaan dengan pertumbuhan bengkel yang Anda miliki.

Baca Juga: Memulai Bisnis Franchise Alfamart

Cari tahu informasi distributor suku cadang

Langkah ketiga yaitu mencari supplier atau distributor yang dapat memasok segala kebutuhan suku cadang pada bengkel yang kita miliki. Memperoleh supplier sangat penting, mengingat pelayanan yang diberikan tak hanya layanan servis, melainkan juga suku cadang.

Dengan memilih distributor atau supplier yang menjual harga dengan margin kompetitif, Anda akan mendapatkan banyak sekali keuntungan. Misalnya, Anda bisa menjual sedikit lebih murah dengan harga di bawah harga pasar sebagai langkah promosi supaya orang dapat mengingat dan kembali ke bengkel Anda.

Coba untuk mencari supplier suku cadang secara langsung tanpa perantara. Hindari memilih reseller, karena biasanya harga dari reseller punya selisih lebih tinggi dibandingkan supplier langsung. Tetapi Anda harus mempersiapkan dana lebih untuk membeli suku cadang pada supplier langsung mereka mempunyai minimum order yang lebih besar dibandingkan supplier agen.

Siapkan strategi promosi

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan langkah untuk melakukan aktivitas pemasaran bengkel agar cepat dikenal oleh calon konsumen. Anda dapat memanfaatkan jaringan media sosial untuk publikasi usaha. Jangan lupa untuk memberikan promosi kepada calon pelanggan.

Selain itu, Anda pun dapat memanfaatkan kesempatan bagi ramainya ojek online saat ini. Para ojek online merupakan calon konsumen yang sangat potensial. Berikan promosi-promosi kepada driver ojek online apabila berkunjung ke bengkel Anda.

Kuasai teknik mekanik secara bertahap

Bagi Anda yang belum mengetahui masalah mekanik, mungkin Anda perlu belajar secara bertahap sambil bisnis berjalan. Misalnya, belajar kepada karyawan Anda dengan memperhatikan dan secara tak langsung ikut dalam hal penanganan konsumen.

Hal-hal di atas perlu dipahami dan dipersiapkan dengan matang agar bisnis franchise bengkel motor Anda dapat bertahan dan berkembang pesat dan memiliki pelanggn-pelanggan setia yang selalu meramaikan bisnis Anda tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *