Perlukah Asuransi Tambahan Selain BPJS?

Perlukah asuransi tambahan selain BPJS? Sebelum membahas lebih jauh masalah ini, simak uraian mengenai BPJS berikut ini lebih dulu.

Memang kehadiran BPJS sekarang ini dianggap sebagai alternatif proteksi diri untuk melindungi masyarakat Indonesia yang terjangkau dan hampir secara keseluruhan. Bahkan banyak instansi yang sudah bekerja sama dengan pihak BPJS dalam pembayaran dan dalam hal klaim.

Premi dari BPJS juga cukup murah. Jadi, tentunya masyarakat akan dipermudah. Hal ini tentunya berbeda dengan jenis asuransi kesehatan secara umum yang selama ini preminya dianggap sangat mahal dan hanya digunakan oleh beberapa kalangan saja. Sebelum mengetahui terkait perlu tidaknya asuransi tambahan, simak uraian mengenai BPJS berikut.

Manfaat BPJS Untuk Masyarakat

Masyarakat yang menginginkan proteksi untuk diri mereka sendiri maupun untuk karyawan suatu perusahaan banyak yang memilih menggunakan BPJS selain memakai asuransi. Hal ini karena penanganan serta jaminan yang diberikan bagi para pemegang polis juga cukup memberikan kepuasan dan biayanya relatif murah.

Sekarang ini, BJPS bagi banyak pihak bahkan dianggap menjadi pilihan terbaik untuk memperoleh kepastian mengenai minimal 2 jenis kondisi kritis tersebut. BPJS banyak sekali diminati oleh berbagai lapisan masyarakat, baik itu masyarakat jenis menengah ke bawah maupun jenis yang cukup mampu atau golongan elit. Alasannya adalah karena preminya yang cukup murah.

Walaupun demikian, jika Anda merasa mampu, sebenarnya perlukah asuransi tambahan selain BPJS untuk proteksi tambahan? Hal ini mengingat BPJS tidak menanggung seluruh jenis keperluan yang Anda anggap memerlukan proteksi lebih. Memilih keputusan untuk memakai asuransi lain atau tidak adalah keputusan pribadi masing-masing individu.

Baca Juga: Investasi Jangka Panjang Untuk Persiapan Dana Pensiun di Hari Tua

Pertimbangan Sebelum Memutuskan Untuk Mengambil Asuransi Tambahan

Jika Anda memerlukan proteksi tambahan dari asuransi jenis lainnya, maka berikut terdapat beberapa saran yang bisa Anda jadikan pertimbangan sebelum memutuskan untuk mengambil asuransi tambahan, antara lain yaitu…

1. Besarnya Premi yang Harus Dibayar

Pertimbangan memakai asuransi tambahan yang pertama adalah besarnya premi yang harus dibayar. Jika Anda masih lajang, maka keputusan ini mungkin bisa menjadi sangat mudah karena kebutuhan yang Anda patok hanya untuk pribadi saja. Anda juga memiliki kebebasan di dalam menentukan jenis asuransi tambahan.

Namun jika Anda mempunyai keluarga, maka memakai asuransi tambahan atau tidaknya harus sangat dipertimbangkan. Jika benar-benar harus memakai asuransi tambahan Anda perlu untuk membuat daftar skala prioritas. Perhatikan jumlah orang yang memerlukan asuransi tambahan di dalam keluarga, bagaimana cara mengelola pendapatan untuk membayar premi yang tentunya lebih tinggi serta jenis asuransi tambahan yang dipilih.

2. Kemudahan dalam Mengajukan Klaim

Aspek yang satu ini sangat penting menjadi pertimbangan untuk menentukan jenis perusahaan asuransi yang terbaik. Bahkan ada perusahaan asuransi sekarang ini yang menyediakan layanan pengajuan klaim dengan waktu yang cepat.

Biasanya semakin baik reputasi perusahaan tersebut akan menyediakan pelayanan pengajuan klaim yang mudah dan cepat. Anda akan lebih memperoleh kepastian terkait pembayaran yang telah ditanggung oleh suatu perusahaan asuransi.

3. Beberapa Kebijakan Berbeda

Setiap perusahaan asuransi mempunyai tata cara yang berbeda-beda di dalam menetapkan aturan klaim maupun di dalam melakukan penerimaan pembayaran premi. Beberapa perusahaan asuransi swasta ada yang mengharuskan para pemegang polis untuk lebih dulu melakukan pembayaran tagihan.

Nasabah nantinya bisa mengajukan penggantian. Namun, beberapa rumah sakit ada yang tidak mengharuskan para pemegang polis untuk membayarkan tagihan atau membayarkan deposit mereka terlebih dahulu karena mereka sudah bekerja sama dengan perusahaan asuransi swasta.

Baca Juga: Cara dan Langkah Mudah Mendaftar BPJS

4. Cakupan Perlindungan Asuransi

Anda harus teliti di dalam memilih serta menentukan jenis asuransi tambahan apakah yang diperlukan. Hal ini karena beberapa perusahaan asuransi swasta tidak memberikan proteksi secara menyeluruh untuk Anda atau untuk aset yang Anda miliki. Bacalah kontrak maupun aturan yang sudah disebutkan dalam perjanjian bersama perusahaan asuransi yang bersangkutan. Tujuannya adalah untuk membuat suatu pertimbangan yang matang. Tidak semua perusahaan asuransi bersedia untuk membayarkan terkait klaim Anda secara penuh.

5. Adanya Fasilitas Tambahan

Sekarang ini yang menjadi trend adalah adanya paket asuransi. Misalnya seperti asuransi pendidikan anak yang mayoritas telah dilengkapi dengan asuransi kesehatan atau berbagai macam kebutuhan asuransi yang lainnya.

Hal ini tentunya akan berpengaruh terhadap besarnya premi yang harus Anda bayarkan nantinya kepada perusahaan asuransi yang bersangkutan. Semakin banyak jumlah fasilitas yang diberikan akan semakin tinggi premi yang ditetapkan oleh suatu perusahaan asuransi.

6. Jenis Asuransi yang Bisa Dipilih

Jadi, perlukah asuransi tambahan selain BPJS? Jika Anda membutuhkannya tentu diperlukan. Namun, Anda harus memperhatikan jenis asuransi yang akan dipilih. Terdapat satu jenis asuransi yang penting diketahui namun tidak semua orang menyadarinya yaitu asuransi jiwa. Jenis asuransi ini akan menjamin serta memberikan perlindungan dalam bentuk dukungan finansial yang mungkin saja pada saat tertentu akan Anda perlukan.

Asuransi jiwa akan memberikan jaminan terhadap ketersediaan dana bagi anak maupun keluarga yang memerlukan bantuan dana Anda. Asuransi ini juga bisa diklaim pada saat Anda meninggal dunia. Selain asuransi jiwa, masih ada banyak sekali jenis asuransi lainnya yang sebaiknya Anda ketahui untuk bisa memberikan proteksi terhadap diri Anda, keluarga atau bahkan aset.

7. Menambah Asuransi Jika Memang Diperlukan 

Asuransi sangat penting dimiliki untuk memperoleh jaminan kehidupan. Perlukah asuransi tambahan selain BPJS? Jika memang diperlukan, maka Anda bisa menambah asuransi. Tidak ada salahnya jika Anda ingin menambah asuransi untuk keperluan yang Anda anggap cukup krusial walaupun telah memiliki BJPS. Namun, jangan sembarangan ketika memilih asuransi kesehatan agar memperoleh jenis asuransi kesehatan yang tepat.

BPJS Kesehatan merupakan program pemerintah berupa asuransi kesehatan. BPJS membantu masyarakat untuk memperoleh penanganan medis secara gratis.
BPJS Kesehatan merupakan program pemerintah berupa asuransi kesehatan. BPJS membantu masyarakat untuk memperoleh penanganan medis secara gratis.

Baca Juga: Tips Memulai Investasi Saham dan Reksadana Bagi Pemula

Manfaat Asuransi Selain BPJS

Alasan masih memerlukan asuransi tambahan meskipun sudah memiliki BPJS adalah karena Anda bisa memperoleh beberapa manfaat dari asuransi kesehatan yang dikeluarkan oleh perusahaan swasta dan tidak dimiliki oleh BPJS Kesehatan. Beberapa manfaat tersebut antara lain…

· Proses Lebih Cepat

Anda tidak perlu membawa uang tunai ke rumah sakit jika memerlukan penanganan dengan karena sudah memiliki asuransi kesehatan swasta bersistem cashless. Jika memakai BPJS Kesehatan, maka Anda harus mengikuti alur prosedur untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang tidaklah mudah dan prosesnya bisa menjadi lama.

· Tidak Seluruh Rumah Sakit Menerima BPJS Kesehatan

Tidak semua rumah sakit menerima BPJS. Jika ternyata rumah sakit yang sudah menjadi langganan Anda tidak mempunyai kerja sama dengan BPJS Kesehatan, maka Anda akan menjadi repot. Hal ini berkaitan dengan rekam medis yang Anda miliki.

· Bisa Dipakai Untuk Perawatan di Luar Negeri

Manfaat lainnya adalah Anda bisa memakainya jika mengalami sakit atau membutuhkan perawatan di luar negeri.  Terdapat 2 jenis manfaat yang bisa Anda peroleh yaitu dengan sistem reimbursement dan cashless. Tentunya ada syarat dan ketentuannya sesuai dengan polis Anda.

Menjawab pertanyaan perlukah asuransi tambahan selain BPJS? Sangat perlu, jika Anda merasa membutuhkannya. Hal ini karena setiap individu memiliki prioritas masing-masing terkait ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *