Pentingnya NPWP untuk Usaha

Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) adalah sebuah dokumen penting yang sudah seharusnya dimiliki oleh siapapun yang berusia produktif, memiliki pekerjaan dan pastinya tercatat sebagai Wajib Pajak (WP). Terutama bagi Anda yang berprofesi sebagai pebisnis, wajib tahu mengenai pentingnya NPWP untuk usaha. Sayangnya, meskipun sudah begitu penting, rupanya tidak semua pengusaha bersedia mengurus NPWP.

Ada banyak sekali alasan seorang wirausaha yang menunda-nunda pengurusan NPWP. Salah satunya adalah buang-buang waktu dan hanya akan membuat keuntungan bisnis berkurang karena harus bayar pajak setiap tahun. Apakah ini benar? Sebetulnya ini salah besar. Karena yang namanya membayar pajak, adalah hak dan kewajiban seorang Warga Negara Indonesia (WNI) yang harus ditaati.

Mungkin tak banyak yang tahu bahwa NPWP memberikan manfaat yang luar biasa bagi kelangsungan bisnis seorang wirausaha. Nah supaya Anda memahami betapa pentingnya NPWP untuk usaha, pembahasan berikut ini layak untuk dipertimbangkan sebaik mungkin apalagi jika Anda mengelola bisnis secara sendiri alias seorang pengusaha. Jadi, masih mau menunda bikin NPWP?

Bisnis Lebih Profesional

Siapapun yang ingin menjadi pengusaha sukses, tentu mendamba agar bisnis mereka bisa terlihat meyakinkan di mata konsumen. Bisnis yang meyakinkan dan terpercaya akan berdampak pada omzet yang diperoleh. Selain tentunya ada tempat usaha sekaligus produk yang dihasilkan, syarat lain yang membuat sebuah bisnis tampak meyakinkan adalah dengan adanya NPWP si pemilik usaha.

Yap, tak bisa dipungkiri bahwa perusahaan mau skala kecil atau skala besar, industri rumahan atau pabrikan, jika pemiliknya mempunyai NPWP jelas tampak lebih terpercaya. Di mata konsumen, perusahaan yang memiliki NPWP bakal terlihat jauh lebih profesional. Kenapa begitu? Karena dengan memahami pentingnya NPWP untuk usaha, Anda sebagai pelaku usaha taat terhadap peraturan yang sudah ditetapkan pemerintah.

NPWP juga membuktikan kalau usaha Anda secara tidak langsung telah diakui negara. Sehingga produk barang/jasa yang dihasilkan jauh lebih dirasa aman dan nyaman oleh calon konsumen. Hal ini pula yang membuat penyedia transportasi online seperti GO-JEK atau Grab memastikan mitra bisnis mereka memiliki NPWP supaya dirasa profesional.

Memperluas Jaringan Kerjasama

Hal berikutnya yang berkaitan dengan pentingnya NPWP untuk usaha adalah dampak positif ke jalinan kerjasama bisnis Anda di masa depan. Seperti yang sudah diketahui, untuk membuat sebuah bisnis berkembang sehingga omzet dapat melimpah, dibutuhkan yang namanya kerjasama. Sebuah kerjasama dengan nilai kontrak yang besar jelas akan membuat Anda sebagai pemilik usaha semakin bangga.

Namun tahukah Anda? Kerjasama dengan nilai kontrak besar membutuhkan kedua belah pihak memiliki NPWP. Inilah bukti bahwa pentingnya NPWP untuk usaha sangat mampu mempengaruhi perkembangan bisnis. Ketika Anda sebagai pemilik bisnis dan calon mitra menjalin kerjasama, NPWP dibutuhkan dalam hal dokumen kontrak. Dengan adanya NPWP, kedua belah pihak dianggap profesional dan siap bertanggung jawab.

Bahkan sebuah usaha sekalipun masih home industry tapi pemiliknya memiliki NPWP, akan bisa dengan mudah memikat lembaga pemerintahan atau perusahaan besar lainnya. Dengan adanya kerjasama yang terjalin, usaha Anda bakal jauh lebih dikenal dan jelas menambah jumlah konsumen serta penghasilan.

Keperluan Pengajuan Pinjaman Modal ke Bank

Sudah jadi rahasia umum kalau dalam dunia bisnis, pinjaman modal ke bank merupakan hal yang lazim dilakukan. Suntikan dana tambahan ini biasanya menjadi upaya yang dilakukan pebisnis untuk memperluas usaha mereka. Supaya kredit bisa disetujui oleh bank, finansial usaha Anda harus benar-benar sehat dan di sinilah pentingnya NPWP untuk usaha, karena NPWP jadi salah satu syarat mengajukan kredit ke bank.

Pemohon yang tidak bisa menunjukan NPWP, bisa saja secara sepihak kreditnya dibatalkan atau ditolak oleh bank. Anda tentu tidak ingin merasakan hal seperti itu, bukan? Apalagi jika memang usaha yang dikelola sedang benar-benar membutuhkan dana. Untuk itulah dengan memahami pentingnya NPWP untuk usaha, Anda bisa mengurus NPWP sekarang juga supaya pengajuan pinjaman ke bank berjalan lancar.

Baca Juga: Tips Impor Barang dengan Aman dan Mudah

Untuk Keperluan Pembuatan Giro

Demi mengatur keuangan perusahaan, pebisnis biasanya membuka rekening tabungan khusus di bank. Namun semakin besar usaha yang Anda kelola, jelas bukan rekening tabungan biasa yang wajib dimiliki, melainkan rekening giro. Dengan adanya rekening giro atas nama perusahaan, Anda bakal jauh lebih mudah mengelola alur keuangan bisnis secara lebih terkontrol.

Untuk bisa membuka rekening giro, NPWP adalah salah satu dokumen yang diperlukan. Dengan adanya rekening giro, Anda bisa mengatur pencairan dana menggunakan lembaran cek atau bilyet giro. Karena pentingnya NPWP untuk usaha dalam hal pembukaan rekening giro ini benar-benar dibutuhkan, Anda harus memiliki NPWP sekarang juga jika memang ingin bisnis yang dikelola punya alur keuangan yang teratur.

Seperti halnya KTP, kartu NPWP juga memuat informasi identitas wajib pajak. Informasi yang tertera meliputi nomor NPWP, nama, NIK, alamat, hingga KPP tempat wajib pajak terdaftar.
Seperti halnya KTP, kartu NPWP juga memuat informasi identitas wajib pajak. Informasi yang tertera meliputi nomor NPWP, nama, NIK, alamat, hingga KPP tempat wajib pajak terdaftar.

Syarat Membuat SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)

Meskipun sudah disebutkan dalam poin pertama bahwa pentingnya NPWP untuk usaha adalah mampu membuat bisnis Anda tampak diakui negara, ada hal lain yang menjadikan bisnis Anda benar-benar diakui pemerintah. Hal itu adalah dengan mengurus SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) yang rasa-rasanya wajib dimiliki pengusaha.

Bukan hanya bisnis skala besar, Anda yang baru memijakkan kaki sebagai pengusaha pun wajib mengurus SIUP demi keberadaan bisnis yang dikelola. Dan salah satu syarat utama agar SIUP Anda bisa diurus secara lancar adalah si pemilik bisnis wajib memiliki NPWP. Nah kalau sudah begini, bukankah pentingnya NPWP untuk usaha harus benar-benar dipahami oleh mereka para wirausaha?

Keringanan Pembayaran PPh (Pajak Penghasilan)

Jika sebelumnya sudah dibahas kalau pentingnya NPWP untuk usaha berkaitan dengan kelangsungan bisnis seperti tampak profesional, keperluan mengajukan pinjaman ke bank, persyaratan membuat SIUP hingga kontrak kerjasama, NPWP justru juga memberi manfaat lain untuk pengusaha yang mungkin tak banyak yang tahu. Manfaat itu adalah NPWP mampu memberikan keringanan untuk pembayaran PPh.

Setiap WNI yang sudah berpenghasilan tentu wajib membayar pajak PPh pasal 21 dan ternyata keberadaan NPWP bisa memperingan besaran tarif PPh ini. Di mana pengusaha yang tak punya NPWP, bakal dikenai beban 20% lebih besar daripada pemilik usaha yang sudah mengurus NPWP.

Baca Juga: Yakin Hanya Mengandalkan Dividen dalam Investasi Saham?

Kemudahan Saat di Luar Negeri

Yang namanya pengusaha, tentu juga butuh melakukan kunjungan ke luar negeri demi promosi bisnis, mencari bahan baku, memperluas pasar hingga belajar dan pihak lain. Dan di sinilah pentingnya NPWP untuk usaha, karena rupanya NPWP akan mempermudah perjalanan Anda di luar negeri. Kenapa begitu? Karena NPWP bisa memberikan fasilitas bebas fiskal bagi para pengusaha yang memilikinya.

Bagaimana? Ternyata ada banyak sekali bukan manfaat yang bakal diperoleh seorang pengusaha jika mereka mengurus NPWP? Dengan adanya pembahasan di atas, setiap atau calon wirausaha, diharapkan bisa paham terhadap pentingnya NPWP untuk usaha. Hal ini jelas akan memicu para pelaku bisnis untuk mengurus NPWP secepat mungkin. Karena memang sebagai WNI yang baik, Anda harus taat terhadap pajak.

3 thoughts on “Pentingnya NPWP untuk Usaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *