Tips Belanja Impor dari Alibaba dan AliExpress

Alibaba Grup merupakan induk perusahaan e-commerce skala global yang membawahi banyak anak perusahaan, di mana AliExpress termasuk di dalamnya. Keberadaan perusahaan tersebut memungkinkan konsumen untuk membeli barang dari luar negeri atau impor secara online. Namun, mereka juga perlu mengetahui tips belanja impor dari Alibaba dan AliExpress agar tidak menemui kendala.

Mengenal Profil Alibaba dan AliExpress Berikut Perbedaannya

Banyak konsumen e-commerce yang salah mengira bahwa Alibaba dan AliExpress merupakan perusahaan yang sama. Padahal, meskipun satu manajemen, namun terdapat beberapa perbedaan mencolok antara keduanya. Alibaba sendiri didirikan pada 1999 oleh Jack Ma di mana kini tetap beroperasi sebagai e-commerce mandiri meski memiliki anak perusahaan di sektor yang sama.

Lalu, jika memiliki manajemen dan memiliki usaha serupa, apa perbedaan antara Alibaba dengan AliExpress sehingga konsumen harus membedakan keduanya?

  1. Penjual atau seller di situs Alibaba (Alibaba.com) merupakan produsen besar. Sehingga, penjualan yang dilayani pun dalam skala grosir. Beberapa mungkin bersedia melayani penjualan secara retail, namun tidak banyak. Sedangkan di AliExpress, penjualnya berasal dari kalangan retail. Sehingga konsumen dapat membeli produk satuan tanpa khawatir tidak dilayani.
  2. Harga jual yang ditawarkan penjual di Alibaba lebih murah dibandingkan AliExpress, bahkan pembeli masih bisa melakukan negosiasi soal harga. Namun, hal itu dikarenakan skala pembeliannya berbeda. Tidak mengherankan karena penjual retail di AliExpress mengambil barang di produsen dan harus mengambil untung melalui selisih harga jual.
  3. Transaksi di Alibaba lebih rumit dibandingkan AliExpress. Perbedaan ini berperan penting sebagai tips belanja impor dari Alibaba dan AliExpress. Di Alibaba, kita tidak bisa hanya meng-klik item agar masuk keranjang, melakukan pembayaran, kemudian menunggu pengiriman. Di Alibaba, kita wajib menghubungi penjual untuk melanjutkan transaksi secara offline.
  4. Sementara di AliExpress, konsumen bisa melakukan transaksi sebagaimana e-commerce pada umumnya. Semua proses dilakukan melalui situs atau aplikasi terkait. Sekilas mungkin pembelanjaan di Alibaba tampak tidak praktis. Padahal, meski offline, setiap proses tetap diawasi pihak Alibaba sehingga keamanan transaksi terjamin.
  5. Prosedurnya dibuat sedemikian rupa agar konsumen bisa melakukan nego harga dan ekspedisi termurah mengingat jumlah barang yang dibeli tidak sedikit. Sehingga, ada perkiraan biaya tambahan yang perlu dirundingkan bersama. Ditambah lagi proses ekspor-impor barang dalam skala besar bergantung pada regulasi negara tujuan yang berbeda-beda.
  6. Pembayaran di Alibaba bisa melalui Paypal yang banyak digunakan sebagai metode transaksi cashless di seluruh dunia, sementara untuk AliExpress belum mendukung sistem pembayaran tersebut.

Namun, bagi konsumen yang ingin menjajal kedua e-commerce bersaudara tersebut, ada satu kemudahan yang ditawarkan Alibaba Grup. Yaitu, bila Anda telah terdaftar sebelumnya sebagai member Alibaba.Com maka Anda tidak perlu mendaftar secara terpisah untuk log in di AliExpress. Anda bisa menggunakan ID yang didaftarkan pada sistem Alibaba.

Baca Juga: Alibaba, Perusahaan Dengan Perkembangan yang Sangat Pesat

Tips Belanja Impor dari Alibaba dan AliExpress Tanpa Kendala

Belanja daring memiliki risiko tinggi seperti penipuan atau pengiriman produk yang tidak sesuai deskripsi. Terlebih melalui marketplace internasional seperti Alibaba dan AliExpress. Untuk menghindari risiko-risiko tersebut, maka sebaiknya Anda menyimak tips sederhana berikut. Tentunya, tips yang diberikan sedikit berbeda antara pembelanjaan di Alibaba dan AliExpress mengingat sistem penjualannya tidak sama.

Alibaba adalah perusahaan yang didirikan oleh Jack Ma. Kini, perusahaan tersebut telah menggurita dan memiliki banyak anak perusahaan.
Alibaba adalah perusahaan yang didirikan oleh Jack Ma. Kini, perusahaan tersebut telah menggurita dan memiliki banyak anak perusahaan.

Belanja Aman Via Alibaba

Di antara Alibaba dengan AliExpress, tentunya Alibaba memiliki risiko yang lebih tinggi. Pertama, karena transaksi dilakukan di luar situs maupun aplikasi Alibaba. Oknum tidak bertanggungjawab tentu lebih mudah menjalankan aksi jahatnya. Kedua, karena pembelian yang dilayani hanya secara grosir, maka jumlah uang yang terlibat juga lebih besar.

Dua alasan tersebut saja sudah cukup untuk membuat konsumen lebih mawas dalam bertransaksi via Alibaba. Berikut adalah tips bertransaksi barang impor lewat e-commerce terbesar di dunia tersebut :

  • Registrasi akun terlebih dahulu. Satu akun ini dapat Anda gunakan untuk akses di AlibabaExpress maupun anak perusahaan Alibaba Grup lainnya. Pastikan mengatur password agak rumit agar tidak mudah dibobol.
  • Atur bahasa yang paling mudah Anda mengerti. Karena fitur Bahasa Indonesia di sana kurang sempurna sehingga terjemahannya rancu, sebaiknya pilih Bahasa Inggris saja.
  • Cari produk yang diinginkan dengan memasukkan keyword secara spesifik agar penyaringan bisa dilangsungkan lebih selektif dan tepat sasaran dalam waktu singkat.
  • Periksa lencana toko untuk mendapatkan informasi lengkap tentang penjual. Utamakan yang memiliki lencana Gold Supplaier Membership di mana kredibilitasnya tidak perlu diragukan, berikut harga jual yang tetap miring. Baca juga testimoni pembeli yang tidak bisa dipalsukan. Bila banyak keluhan, lewati saja.
  • Jika memungkinkan, pilih supplaier yang memiliki gudang langsung Indonesia. Sehingga produk sudah dalam kondisi tersedia di dalam negeri, tidak perlu lagi melewati proses ekspor-impor yang rumit. Barang pun sampai dengan lebih cepat.
  • Selesaikan transaksi via Paypal dan update terus informasi transaksi.

Baca Juga: Tips Impor Barang dengan Aman dan Mudah

Sedangkan untuk tips belanja impor dari Alibaba dan AliExpress selanjutnya melalui AliExpress adalah sebagai berikut :

  • Lebih disarankan untuk menguduh aplikasi AliExpress gratis di Apps Store maupun Play Store. Sebab, transaksi menjadi lebih praktis dan fiturnya pun lebih lengkap dibandingkan via website.
  • Pastikan pengaturannya menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris agar lebih mudah dipahami. Namun jika Anda menguasai Bahasa Mandarin, tidak masalah membiarkan pengaturan bahasa sesuai pengaturan standar.
  • Selanjutnya, ubah mata uang dari dollar menjadi rupiah, agar Anda tahu pasti harga produk pilihan Anda.
  • Pilih merchant yang memiliki banyak badge bintang dan komentar positif pembeli sebagai bukti kredibilitas maupun kualitas penjual.
  • Pilih barang dan jumlah, kemudian selesaikan transaksi melalui pembayaran. Adapun metode yang ditawarkan oleh AliExpress adalah pembayaran via kartu kredit atau debit dan transfer. Silakan memilih metode yang paling nyaman untuk Anda.
  • Dalam memilih jasa eskpedisi, upayakan yang telah menjalin kerja sama resmi dengan pihak ekspedisi di Indonesia. Konsumen berhak memilih, kecuali menggunakan opsi pengiriman gratis, di mana pilihan ekspedisi bergantung penuh di tangan seller. Jika Anda memutuskan untuk memilih sendiri, pastikan mengerti besaran biaya tambahan untuk shipping produk luar negeri.
  • Bila Anda masih memiliki keraguan terhadap penjual, silakan lakukan komunikasi via fitur chat yang disediakan pihak AliExpress untuk mendiskusikan ganjalan tersebut.
Ada 8 tips impor dari luar negeri yang patut Anda ketahui; memilih Co-Partner, asuransi barang,dll. Simak terus dalam artikel ini!
Importasi banyak dilakukan di pelabuhan laut karena biaya freight-nya lebih murah dan kapasitasnya lebih banyak.

Untuk bertransaksi di kedua marketplace tersebut, pastikan Anda melakukan perjanjian menyangkut garansi produk. Bila barang sampai dalam kondisi cacat atau meleset jauh dari deskripsi, sebagai buyer, Anda memiliki hak untuk mengajukan klaim penggantian barang atau pengembalian dana. Terlebih mengingat biaya yang dikeluarkan untuk harga produk dan proses shipping tidak sedikit.

Baca Juga: Online shop Internasional Terbaik dan Terpercaya

Dengan mengikuti tips belanja impor dari Alibaba dan AliExpress di atas, Anda tidak perlu khawatir akan menjadi korban penipuan maupun kualitas barang asli yang mengecewakan. Meski demikian, Anda tetap berlu waspada mengingat kejahatan cyber semakin mengkhawatirkan di mana oknum bersangkutan mampu mencari celah transaksi demi mengeruk keuntungan pribadi.

One thought on “Tips Belanja Impor dari Alibaba dan AliExpress

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *