Memulai Bisnis Franchise Alfamart

Gerai ritel di Indonesia kini semakin menjamur. Salah satunya yang kerap kita temui yaitu Alfamart. Jika Anda tertarik untuk memiliki bisnis franchise Alfamart, maka ada beberapa syarat umum yang harus dipenuhi antara lain, Anda harus berkerwarganegaraan Indonesia, memenuhi semua persyaratan perjanjian, memiliki lokasi tempat usaha dan mengikuti sistem serta prosedur yang berlaku di Alfamart.

Waralaba Alafamart merupakan suatu usaha minimarket yang dimiliki dan di operasikan yang berdasarkan kesepakatan waralaba dari PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk yang merupakan pemegang merk Alfamart. Minimarket ini memiliki model usaha untuk menjual kebutuhan sehari-hari dengan harga yang lebih terjangkau dengan konsep Community Store.

Syarat-Syarat Mendirikan Bisnis Franchise Alfamart

Berikut ini beberapa syarat wajib untuk mendirikan franchise Alfamart, antara lain:

  1. Menyiapkan Modal Besar

Untuk mendirikan usaha franchise Alfamart, maka Anda harus menyiapkan modal besar. Modal yang dibutuhkan berkisar antara Rp.300 juta sampai dengan Rp.500 juta. Modal tersebut sudah mencangkup untuk semua kebutuhan minimarket. Namun harga bisa naik ketika bertambahnya tahun.

  1. Sudah Menyiapkan Lokasi Untuk Mendirikan Usaha

Dalam mendirikan usaha franchise Alfamart, maka Anda harus sudah memiliki tempat dimana Anda akan mendirikan Alfamart tersebut. Jika Anda sudah memiliki tanah, maka hak kepemilikan tanah harus milik sendiri bukan tanah yang dibayar dengan sistem kredit. Hal itu untuk mengurangi tanggungan atau resiko dalam perjalanan usaha.

  1. Berkewarganegaraan Indonesia

Sebagai pengusaha yang berfranchise, syarat utamanya yaitu warna negara Indonesia. Karena kita tidak ingin yang menguasai usaha milik orang Indonesia yaitu pengusaha dari warga negara asing.

Ini yang menjadikan nilai plus dari sebuah franchise Alfamart dimana ada larangan untuk dimiliki pihak luar dari Indonesia. Dengan begitu, kehadiran Alfamart memang benar-benar untuk memajukan Negara Indonesia dan tidak harus campur tangan dengan pihak warga negara asing.

  1. Mematuhi Sistem Prosedur Dari Pihak Alfamart

Jika Anda adalah seorang pemilik modal, maka sudah sepantasnya harus mengikuti sistem prosedur dan peraturan yang telah ditetapkan oleh pendiri perusahaan. Karena usaha tersebut sudah dirintis oleh yang mendirikan usaha, sehingga Anda harus mematuhinya demi perkembangan usaha yang dijalankan.

Semua usaha franchise sudah pasti memiliki prosedur, maka secara otomatis dalam franchise Alfamart juga terdapat beberapa prosedur yang ditetapkan dan harus patuhi.

  1. Harus Mempunyai Badan Usaha

Dalam mengajukan franchise Alfamart, maka Anda harus memiliki badan usaha dan minimal sudah berdiri selama 3 tahun. Tidak semua orang yang bermodal banyak dapat memiliki Alfamart, namun benar-benar dari pihak yang terpilih dan dapat memenuhi kriteria, salah satunya yaitu memiliki badan usaha sendiri secara resmi.

Hal tersebut dimaksudkan agar pihak yang memegang franchise benar-benar seseorang yang sudah berpengalaman sehingga usaha yang dijalankan dapat berkembang pesat.

  1. Mentaati Semua Persyaratan Perizinan yang Sudah Ditetapkan

Untuk memiliki franchise Alfamart, maka Anda diharuskan untuk memenuhi persyaratan perizinan seperti surat-surat atau berkas yang dibutuhkan. Setelah surat perizinan dibuat, maka Anda dapat menjalankan usaha tersebut.

Hal tersebut untuk membuktikan bahwa franchise Alfamart benar-benar legal dan sudah mendapat izin secara resmi dari pemerintah. Itu menjadi syarat mutlak yang harus dilakukan oleh berbagai pihak yang ingin bergabung untuk mendirikan franchise Alfamart.

Baca Juga: Mengenal Bisnis Franchise dan Untung Ruginya

Sekilas penjelasan tentang bisnis franchise Alfamart, dimana ada beberapa persyaratan dan tahapan yang harus dipenuhi, jika Anda ingin bergabung dan bekerjasama dengan pihak Alfamart. Selain itu, juga ada beberapa hal yang mendukung untuk kelayakan franchise Alfamart untuk dijalankan. Hal tersebut, agar dapat dijadikan referensi untuk Anda yang ingin bergabung untuk mendirikan franchise Alfamart.

2 thoughts on “Memulai Bisnis Franchise Alfamart

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *