Yakin Hanya Mengandalkan Dividen dalam Investasi Saham?

Yakin Hanya Mengandalkan Dividen dalam Investasi Saham? Coba ketahui pembahasan mengenai keutungan selain dividen berikut!

Di dunia saham, keuntungan selain dividen sebenarnya bisa didapat. Keuntungan menarik yang ditawarkan salah satunya yaitu dengan capital gain. Capital gain sendiri merupakan keuntungan yang diperoleh dari selisih harga jual dikurangi harga beli. Sejauh ini dividen memang lebih disukai investor, namun yakin hanya mengandalkan dividen dalam investasi? Coba ketahui mengenai capital gain berikut.

1. Capital Gain Lebih Menguntungkan

Bisa dibilang capital gain merupakan aktivitas di dunia saham yang tepat dipilih sebagai solusi untuk mendapatkan keuntungan selain dividen. Sebelum masuk lebih dalam, mari sedikit mengurai mengenai capital gain dan deviden itu sendiri. Berbicara mengenai dividen, sebagain besar investor mungkin telah mengenal istilah ini. Benar, dividen adalah keuntungan yang diperoleh dari laba bersih perusahaan. Sedangkan, capital gain merupakan keuntungan dari selisih harga jual dan juga harga beli.

Sampai di sini, Anda tentu sudah bisa sedikit menangkap mengenai pendapatan keuntungan bagi investor tersebut. Sebagian mungkin masih menganggap dividen sangat penting, namun sebagian lagi lebih menganggap dividen sebagai bonus tambahan setelah capital gain.

Hal itu dikarenakan, jika ditelisik lebih lanjut, sebenarnya capital gain jauh lebih menguntungkan. Alasan sederhananya yaitu karena seperti yang diketahui, dalam satu tahun umumnya investor hanya akan mendapatkan keuntungan dividen beberapa kali saja. Sedangkan capital gain memungkinkan Anda untuk mendapatkan keuntungan berkali-kali. Bahkan keuntungan tersebut langsung bisa Anda peroleh setelah trader tutup transaksi.

2. Keuntungan dari Capital Gain Lebih Pasti

Dibandingkan dengan keuntungan dividen, keuntungan dari capital gain tentu jauh lebih pasti. Karena memang, sebenarnya dividen yang merupakan keuntungan bersih dari laba perusahaan ini merupakan suatu hal yang tidak wajib diberikan. Oleh karena itulah, tidak heran jika terkadang ketika perusahaan mengalami kerugiaan, pembagian dividen saham tidak diberikan kepada investor. Sebab, perusahaan memiliki hak untuk tidak memberikan dividen tersebut.

Berbeda dengan capital gain, untuk keuntungan jangka pendek capital sangat tepat karena selain memiliki keuntungan yang tinggi, capital gain juga sangat mudah. Sebab Anda bisa langsung menjual dan mendapatkan laba yang tinggi saat harga dari saham naik. Nah laba itulah yang disebut sebagai keuntungan selain dividen tersebut.

Baca Juga: Investasi: Trading Saham VS Menabung Saham

3. Strategi Keuntungan Saham yang Tepat

Dalam hal apapun, strategi merupakan hal penting yang tidak boleh dilupakan. Apalagi jika menyangkut saham yang merupakan salah satu investasi yang bukan hanya menjanjikan, namun juga memiliki resiko kerugian tinggi. Dalam dunia saham, deviden memang bukan keuntungan yang selalu bisa Anda dapatkan atau tidak pasti.

Nah dalam hal ini, Anda tentu perlu melakukan strategi lain agar saham tetap menghasilkan keuntungan untuk Anda. Wajar saja, karena memang saham sendiri memiliki dampak pajak. Oleh karena itulah, strategi semacam capital gain juga perlu Anda lakukan untuk meminimalisir pajak tersebut.

Mungkin memang cara ini tidak bisa Anda lakukan sembarangan, seperti misalnya menjual saham pada waktu harga tengah rendah-rendahnya. Tetapi strategi ini bisa Anda lakukan dengan cara membiarkan saham terlebih dahulu dan menunggu hingga harga jual saham naik.

Dalam hal ini, Anda tentu mempertimbangkan beberapa hal agar strategi tersebut bisa menghasilkan keuntungan yang tinggi untuk Anda. Salah satunya yaitu dengan memastikan harga jual saham telah menutupi pembayaran pajak Anda selama memilikinya, dan harga tetap menyisakan laba setelah dikurangi pembayaran pajak tersebut.

Itulah beberapa hal mengenai capital gain yang perlu Anda pertimbangkan dalam investasi saham. Jadi setelah membaca penjelasan tersebut, apa Anda yakin tidak ingin mencoba mencari keuntungan selain dividen? Sedangkan jika mau, Anda bukan hanya akan mendapatkan manfaat dividen namun juga mendapatkan keuntungan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *