Bisakah Penghasilan Google Adsense Menjadi Pendapatan Utama tanpa Kerja?

Penghasilan Google Adsense telah menjadi sesuatu yang patut diperhitungkan. Pasalnya, hampir semua orang sudah menggunakan internet untuk mengakses banyak situs atau blog dengan konten menarik. Situs atau blog dengan konten menarik ini biasanya memiliki banyak pengunjung yang menjadi tempat strategis untuk pemasangan iklan. Di sinilah Google Adsense memberikan peluang besar untuk memperoleh penghasilan. Bahkan penghasilan yang dianggap mampu menjadi pendapatan utama tanpa kerja.

Bagaimana memperoleh penghasilan yang mampu menjadi pendapatan utama dari Google Adsense bisa terjadi? Simak ulasannya berikut ini.

Mekanisme Pendapatan Google Adsense

Google Adsense (GA) merupakan suatu program affiliasi Google untuk bisnis internet dengan cara menempatkan iklan dari Google di situs atau blog. Sehingga siapapun yang mendaftarkan situs atau blog yang dimiliki mempunyai peluang besar memperoleh penghasilan dari Google. Metode penghasilan yang digunakan oleh Google, yaitu Pay Per Click (PPC). Jadi, setiap pemasangan iklan akan dibayar oleh Google sesuai dengan jumlah klik yang terjadi di iklan yang terpasang tersebut. Iklan yang terpasang pada situs atau blog tentu berbeda sesuai tema.

Penghasilan Google Adsense secara otomatis menyesuaikan dengan jumlah klik pada iklan. Jika sedikit pengunjung di situs atau blog Anda maka kemungkinan besar jumlah iklan yang terpasang juga mempunyai sedikit klik. Untuk itulah, Google juga tidak sembarangan menerima pendaftaran akun Google Adsense dari suatu situs atau blog. Apabila pendaftaram akun Google Adsense diterima maka iklan akan langsung terpasang. Iklan yang terpasang ini bisa ditampilkan dalam bentuk video, teks, gambar atau teks dan gambar sesuai aturan Google.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Dia Cara Google AdSense Membayar Kita

Program Iklan Google Adsense yang Menghasilkan

Umumnya Google Adsense digunakan baik oleh pemilik situs atau blog secara pribadi maupun perusahaan. Iklan Google Adsense memiliki keunggulan pada tahap seleksi. Sehingga iklan yang terpasang bisa sesuai dengan tema konten, tidak menyolok pandangan dan tidak mengganggu tampilan bacaan situs atau blog. Terutama jika dibandingkan dengan iklan yang menggunakan animasi. Bahkan hingga kini, Google Adsense sudah mengembangkan berbagai program iklan yang dapat menyesuaikan dengan keperluan dan spesifikasi situs atau blog.

Berbagai program tersebut sebagai berikut.

  1. Google Adsense for Content; merupakan iklan yang dipasang dengan tampilan pada halaman sidebar sesuai penempatan di situs dan blog.
  2. Google Adsense for Search; merupakan iklan kotak pencarian Google yang ditempatkan pada situs atau blog.
  3. Google Adsense for Feeds; merupakan iklan dengan konsep seperti iklan untuk konten tetapi dengan metode menyelipkan gambar tertentu pada situs atau blog. Metode menyelipkan gambar tertentu dilakukan menggunakan RSS reader.
  4. Google Adsense for Video; merupakan iklan yang mengijinkan penayangan iklan berupa video. Umumnya Google akan bekerjasama dengan situs YouTube.

Baca Juga: Alternatif Pengganti Iklan Google Adsense

Berhasil Mendaftar Akun Google Adsense

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa Google Adsense tidak sembarang menerima pendaftaran akun dari suatu situs atau blog. Maka tidak heran jika banyak yang mengaku sulit mendaftar akun Google Adsense. Apalagi untuk memperoleh penghasilan Google Adsense. Padahal, seluruh persyaratan pendaftaran dijelaskan secara lengkap oleh Google. Bahkan tersedia panduan singkat untuk mendaftar. Namun, kesulitan terjadi karena Google menolak pengajuan pendaftaran akun karena situs atau blog tidak sesuai keinginan Google Adsense.

Berikut ini cara mendaftar akun Google Adsense agar berhasil, yaitu.

  1. Masuk ke halaman Pendaftaran Google Adsense.
  2. Memilih opsi membuat akun Google baru atau yang sudah Anda miliki. Sebaiknya Anda menggunakan akun Google yang sudah Anda miliki terutama alamat email dari domain situs atau blog. Jika belum ada maka cukup dengan menggunakan alamat akun gmail yang Anda miliki.
  3. Jika Anda sudah memiliki akun gmail maka langsung klik menu Sign In. Jika Anda belum memiliki akun gmail maka pilih menu Create Account.
  4. Mengisi dengan benar dan lengkap seluruh formulir pertanyaan hingga selesai.
  5. Pada tampilan baru masukan alamat URL situs atau blog. Kemudian pilih bahasa yang sesuai dengan bahasa yang digunakan dalam konten. Selanjutnya klik Continue.
  6. Mengisi dengan benar dan lengkap data profil pribadi sesuai kepemilikan situs atau blog pada halaman pendaftaran.
  7. Klik menu Kirim Permohonan Saya.
  8. Memeriksa pemberitahuan yang berisi permohonan Anda sudah terkirim dan sedang dalam proses persetujuan dari Google pada akun email.
  9. Menunggu proses persetujuan selama 1-7 hari. Selama proses tersebut Google sedang meninjau situs atau blog yang Anda daftarkan. Usahakan untuk menjaga kualitas situs atau blog. Mulai dari konten, traffic hingga jumlah pengunjung.
  10. Jika permohonan disetujui maka Anda akan mendapatkan pemberitahuan pada akun email. Kemudian Anda bisa langsung masuk ke akun Adsense.
  11. Anda harus mencoba memasang iklan terlebih dahulu dengan membuat permintaan pemasangan iklan perdana.
  12. Menyesuaikan pemasangan iklan dengan ukuran dan letak yang direkomendasikan Google Adsense. Anda perlu menyimpan kode iklan di posisi yang aman dan tidak melanggar aturan.
  13. Tampilan iklan hanya berupa layar putih. Namun, tampilan ini sudah dihitung sesuai berapa kali iklan dimunculkan. Umumnya, tampilan seperti ini berlangsung 1-7 hari. Meskipun bisa saja tampilan iklan terjadi perubahan sehingga status iklan menjadi aktif dan pendapatan sudah bertambah.
  14. Jika permohonan belum disetujui maka Anda perlu memperbaiki data sesuai petunjuk di email hingga permohonan disetujui.

Teknis Memperoleh Penghasilan dari Google Adsense

Kebijakan pembagian keuntungan yang diberikan oleh Google dari setiap pemasangan iklan terbagi menjadi dua. Kebijakan tersebut sebesar 51% untuk setiap klik iklan search dan 68% untuk klik iklan konten. Jadi penghasilan Google Adsense diperoleh dari banyaknya klik iklan. Potensi pendapatan ini tentu tidak mudah karena tidak semua pengunjung situs atau blog tertarik untuk melakukan klik pada iklan. Oleh sebab itu, Google melakukan seleksi lengkap mulai dari kesesuaian tema konten, jumlah pengunjung dan jenis iklan yang terpasang.

Seleksi lengkap tersebut dimaksudkan untuk membuat asumsi bahwa jumlah pengunjung situs atau blog tertarik pada tema konten. Sehingga jenis iklan yang sesuai juga akan diminati oleh seluruh jumlah pengunjung di situs atau blog tersebut. Penghasilan dari Google Adsense tentu menggiurkan. Anda bisa memperoleh pendapatan dengan bermodal situs berbayar atau blog gratis. Selanjutnya Anda hanya perlu bekerja di rumah atau warnet agar mendapat penghasilan dolar per hari. Tentu dengan mengoptimalkan tips memperoleh penghasilan dari Adsense.

Kode Iklan Google Adsense Harus Dipasang di Blog untuk Mendapatkan Penghasilan
Kode Iklan Google Adsense Harus Dipasang di Blog untuk Mendapatkan Penghasilan

Tips Mengoptimalkan Penghasilan Google Adsense

Setelah berhasil menjadi bagian dari pemilik akun Google Adsense bukan berarti perjuangan Anda selesai. Apalagi untuk bisa menjadikan penghasilan Google Adsense sebagai pendapatan utama. Tentu butuh perjuangan dan kerja yang lebih keras lagi. Oleh sebab itu, Anda perlu menerapkan tips mengoptimalkan penghasilan Google Adsense. Kunci dari optimasi tersebut, yaitu kredibilitas, konsistensi dan komunitas yang terkait pada situs atau blog. Sehingga Anda selalu bisa menghasilkan ide kreatif untuk terus menjadikan situs atau blog semakin menarik.

Ada 4 cara mendapatkan niche terbaik untuk blog Anda. Salah satunya memilih niche yang dikuasai. Simak 3 cara lainnya di artikel ini!
Ada 4 cara mendapatkan niche terbaik untuk blog Anda. Salah satunya adalah memilih niche yang dikuasai.

Beberapa tips mengoptimalkan penghasilan, yaitu konsisten memperbarui konten secara berkala dan meningkatkan produktivitas situs atau blog yang dikelola. Selain itu, secara teknis Anda bisa meningkatkan frekuensi maintenance situs dalam segi kecepatan loading. Bahkan Anda juga bisa mengkreasikan situs atau blog lebih menarik agar pengunjung betah dan kembali berkunjung. Tampilan dan konten yang prima dapat didukung dengan penggunaan SEO terbaik. Terakhir, Anda bisa melakukan evaluasi kinerja situs atau blog secara berkala.

Baca Juga: Tips Memilih Niche Blog untuk Meningkatkan Penghasilan Adsense

Itulah ulasan terkait penghasilan Google Adsense yang bisa menjadi pendapatan utama tanpa kerja. Meskipun menggiurkan tetapi Anda juga harus berhati-hati. Pasalnya, Google sangat tegas terhadap situs atau blog yang melanggar kebijakan program. Bahkan hukuman bagi pelanggar berat bisa dilakukan banned atau dinonaktifkan situs atau blognya. Selanjutnya, pemilik akun tidak diperbolehkan mendaftarkan akun di Google Adsense lagi secara permanen. Walaupun demikian, memanfaatkan Google Adsense tetap berpeluang memberi keuntungan.

One thought on “Bisakah Penghasilan Google Adsense Menjadi Pendapatan Utama tanpa Kerja?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *