Jangan Anggap Remeh Penghasilan dari URL Shortener (Pemendek URL)

URL Shortener atau Pemendek URL merupakan layanan menyingkat link supaya lebih sederhana. Dengan layanan ini, URL lebih pendek sehingga gampang diketik ulang. Selain itu, dengan aplikasi ini, baik pengguna maupun penyedia layanan bisa menghasilkan uang yang berlimpah.

Penghasilan dari Layanan URL Shortener

Saat ini berbagai macam pemendek tautan bermunculan. Sebut saja SafelinkU, Short.st, Adfoc.us serta Bitly dan masih banyak situs pemendek URL lain. Hal ini disebabkan oleh penghasilannya yang luar biasa. Maka dari itu, bisnis ini tidak boleh diremehkan.

Berikut ini kami akan menjelaskan penghasilan luar biasa dari URL Shortener bagi pemilik blog maupun penyedia layanan.

Penghasilan dan Keuntungan Bagi Pemilik Blog

1. Meningkatkan Pendapatan Publisher

Jika link terlalu panjang, visitor yang akan masuk ke situs akan kesulitan. Meng-copy link pun terkadang tidak maksimal karena ada kalanya rangkaian kata terpotong. Efek dari masalah ini tentu situs kekurangan pengunjung.

Dengan adanya layanan URL Shortener, pihak visitor akan mudah mengakses situs. Karena sekali block, URL Link sudah masuk semua dan tinggal copy paste ke laman pencarian.

Itu artinya dengan layanan ini, pengunjung mudah masuk ke dalam situs. Sehingga kesempatan blogger mendapatkan penghasilan dari Adsense dan sejenisnya juga semakin besar.

2. Meningkatkan Penjualan Produk

Berbagai layanan URL Shortener menyediakan fitur untuk mengubah url menjadi kata kunci tertentu. Ini sangat bermanfaat bagi para praktisi pemasaran internet (internet marketers) alias pedagang online. Mereka bisa mengubah link produk yang dipajang di blog atau website menjadi nama produk tersebut.

Dengan tautan yang mengandung nama produk, maka calon pembeli menjadi lebih mudah ingat. Dari situlah salah satu peningkatan penjualan akan terjadi. Kalau publisher Adsense meningkat pendapatan dari klik dan tayangan iklan, maka penjual produk meningkat penjualannya karena link-nya mudah diingat.

Baca Juga: Mendapatkan Penghasilan dari URL Shortener (Pemendek URL)

Penghasilan Bagi Penyedia Layanan

1. Keuntungan Dari Pengiklan

Sebagian besar layanan URL shortenet memang gratis bagi pengguna, dan mereka justru mendapatkan penghasilan dari pemendek URL tersebut. Bukan tanpa alasan, sebab memang pemilik situs mendapatkan bayaran dari para pengiklan.

Setiap tautan yang dipendekkan akan selalu mengantar pengunjung ke satu halaman khusus. Di situ tampil berbagai iklan dari pihak pengiklan yang membayar kepada situs penyedia layanan URL Shortener. Mereka berharap visitor yang numpang lewat akan tertarik lalu ‘mampir’ ke website mereka yang memang membutuhkan trafik pengunjung.

2. Keuntungan Dari Layanan Berbayar

Penyedia layanan pemendek tautan seperti Bitly.com misalnya, memberikan fitur yang lebih dan memasang tarif khusus. Untuk versi gratisnya memang sudah lumayan dengan adanya tracking hystori hingga 30 hari. Namun versi berbayar layanan ini memberikan fitur sangat menarik bagi para webmaster yang membutuhkan data lebih lengkap. Dari sini lah tampaknya Bitly meraup banyak pundi-pundi dollar.

Pundi-Pundi Uang Berjalan Tanpa Henti

Smartphone tentu tidak seluas komputer dan laptop dari segi interface layar. Maka dari itu, link situs yang diakses dari ponsel harus sependek mungkin. Di sinilah dibutuhkan layanan pemendek URL agar share link, copy link di Google Search menjadi lebih mudah.

Namun demikian, smartphone sendiri sudah menjadi kebutuhan primer. Sehingga ratusan juta orang memilikinya di seluruh dunia. Bisa dibayangkan betapa besarnya potensi penghasilan penyedia dan pengguna layanan ini.

Nah, ternyata penghasilan dari URL shortener begitu besar ya? Terserah Anda akan memilih sumber yang mana. Sebagai pengguna alias publisher dan marketer ataukah punya kemampuan untuk membuat situs layanan pemendek URL.

2 thoughts on “Jangan Anggap Remeh Penghasilan dari URL Shortener (Pemendek URL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *