Intel Versus AMD, Processor Mana Yang Unggul ?

Intel versus AMD? Anda pengguna processor apa? Dua raksasa procesor terkemuka yang memiliki keunggulan masing-masing di bidangnya.

Berbicara mengenai processor pada PC dan laptop tentu tidak akan pernah lepas dengan produk Intel versus AMD. Bagi Anda yang sudah mendalami dunia game pasti sudah tidak asing lagi dengan processor tersebut. Sebenarnya masih banyak lagi nama processor yang lain, akan tetapi hanya dua nama tersebut yang mampu bersaing di pasar internasional. Tentunya Anda pasti menggunakan salah satu processor tersebut.

Anda yang sudah paham mengenai kedua processor tersebut pasti memiliki alasan tersendiri dalam memilih produk tersebut. Anda perlu mempelajari terlebih dahulu untuk memutuskan processor mana yang tepat dengan kebutuhan Anda. Sebelum Anda memutuskan mana yang lebih baik antara Intel atau AMD. Anda perlu membaca beberapa penjelasan tentang kedua processor tersebut dibawah ini.

Mengenal Processor?

Intel versus AMD merupakan dua processor terkenal yang sering diperbandingkan dalam pasar internasional. Tanpa adanya processor tersebut maka komputer Anda tidak dapat beroperasi dengan baik. Di era sekarang, processor sudah dikenal dengan nama Quad Core atau Dual Core tentunya dengan performa yang lebih cepat dibandingkan pendahulunya. Tentunya kedepan akan muncul inovasi terbaru seiring perkembangan teknologi.

Processor merupakan bagian terpenting dari sebuah komputer karena fungsinya yang begitu krusial. Fungsi dari processor adalah sebagai otak komputer yang bekerja meproses semua tugas yang masuk. Processor biasanya menjalankan tugas seperti menghitung dan mengontrol jalannya sistem komputer. Cepat atau lambatnya kerja dalam memproses suatu data atau perhitungan angka bergantung pada kecepatan processor tersebut.

Baca Juga: Kenapa AMD Lebih Murah Dari Intel?

Kekurangan dan Kelebihan Processor Intel dan AMD

Intel versus AMD merupakan perusahan pembuat processor besar yang memiliki keunggulan masing-masing. Inilah beberapa kekurangan dan kelebihan dari processor Intel atau AMD.

1. Intel

Kelebihan yang dimiliki intel adalah tidak cepat panas dalam penggunaanya. Intel yang memiliki kekuatan pasar yang besar mendapatkan tempat yang baik dikalangan para gamer. Tidak bersuara apabila melakukan pekerjaan yang cukup berat. Kinerja dalam memproses suatu data atau perhitungan yang cukup cepat. Lebih unggul pada sektor aplikasi yang berbasis multimedia.

Kekurangan dari processor Intel terletak pada harga yang harus dikeluarkan cukup mahal untuk mendapatkan performa yang bagus. Apabila terjadi kerusakan pada processor maka akan mengeluarkan biaya tambahan dalam perbaikan. Pengalaman bermain game yang kurang, karena masih kalah dengan grafis yang dihasilkan AMD.

2. AMD

Kelebihan processor AMD adalah harga yang cukup bersahabat dibandingkan dengan Intel. Dapat mendeteksi virus dengan baik sehingga processor tidak akan bekerja apabila terdapat virus di program tersebut. Dapat berjalan dengan optimal pada aplikasi yang berbasis 64 bit. AMD memiliki tampilan gambar yang lebih baik dibandingkan dengan intel.

Kekurangan dalam penggunaan processor AMD adalah cepat panas apabila penggunaan yang berlebih. Terdapat beberapa game yang tidak cocok dengan processor AMD. Bagi Anda yang suka dengan editing video maka processor ini tidak cocok untuk digunakan.

Baca Juga: Upgrade RAM, VGA, atau Processor?

Lebih Baik Mana?

Apabila Anda membandingkan Intel versus AMD maka jawabanya semua sama-sama unggul. Apabila Anda seorang gamer yang ingin mencari grafis yang sangat bagus maka processor AMD pilihanya. Selain grafis yang bagus processor AMD juga memiliki harga yang cukup bersahabat di kalangan para gamer. Processor AMD sangat cocok untuk Anda yang ingin memiliki performa tinggi, akan tetapi biaya yang dikeluarkan hanya sedikit.

Bagi Anda yang berhubungan dengan multimedia seperti editing video, pengguna aplikasi yang berbasis rendering. Pilihan yang cocok untuk Anda adalah processor Intel. Keunggulan dalam kecepatan memproses rendering yang baik bisa menjadi pilihan Anda. Kerja dari processor ini juga tidak menimbulkan suara dan tidak cepat panas. Dengan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki kedua proceesor tersebut membuat mereka sama-sama unggul. Anda dapat menyesuaikan penggunaanya sesuai dengan kebutuhan Anda. Sudah paham bukan perbandingan Intel versus AMD?

One thought on “Intel Versus AMD, Processor Mana Yang Unggul ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *