Beli Rumah atau Apartemen?

Butuh pertimbangan memilih rumah vs apartemen? Keduanya memang merupakan produk properti, biasanya akan ditempati dalam waktu yang lama.

Ada kalanya, setiap orang pernah bercita-cita memiliki hunian pribadi, berupa rumah yang bisa ditempati sendiri atau bersama keluarga. Namun demikian, banyak hal yang harus dipertimbangkan jika akan membeli rumah beserta tanah. Di kota-kota besar, justru hal ini dimanfaatkan oleh pengusaha properti untuk menawarkan hunian berupa apartemen yang lebih murah daripada rumah. Antara rumah vs apartemen, hunian mana yang akan Anda pilih?

Sebenarnya masih banyak orang yang bingung dalam memilih rumah vs apartemen sebagai hunian. Lantas, dari mana kita bisa mengetahui perbedaan antara apartemen dan rumah? Mungkin jawaban yang paling rasional adalah jika dilihat dari bentuknya saja sudah berbeda. Rumah biasanya cenderung membutuhkan luas tanah yang cukup banyak secara horizontal. Sedangkan apartemen biasanya cenderung vertikal dengan ciri khas bangunan yang tinggi.

Beberapa Faktor Sebelum Anda Memutuskan Membeli Rumah atau Apartemen

Nah, berikut merupakan kiat-kiat yang harus Anda ketahui terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli rumah ataupun apartemen.

1. Lihat Ulang Tujuan

Coba periksa kembali tujuan Anda hendak mempunya hunian berupa rumah atau apartemen. Apakah hanya akan digunakan untuk tempat tinggal semata atau untuk investasi jangka panjang. Ataukah hanya akan ditinggali sendiri atau bersama keluarga. Jika Anda merupakan seorang pegawai kantoran yang butuh untuk menembus macet di jalanan pagi hari, pertimbangkan pula jarak jauh dekatnya dengan kantor.

2. Bandingkan Harga

Hal ini tak kalah penting dengan faktor lainnya. Karena bagaimanapun juga, Anda perlu mempertimbangkan harga terbaik yang juga sesuai dengan kemampuan Anda. Jika pembelian rumah harus otomatis membeli tanahnya, maka pembelian apartemen selain hanya mendapatkan ruangan, Anda juga akan mendapatkan fasilitas bersama serta pelayanan rawatan yang cukup lumayan.

Baca Juga: Tips dan Trik Membeli Rumah Cash Maupun Kredit

3. Status Kepemilikan

Faktor penting lainnya yang harus Anda perhatikan ialah status kepemilikan bangunan. Untuk bangungan rumah tapak biasanya memiliki surat kepemilikan pribadi serta sertifikat tanah. Lantas, untuk apartemen ada juga surat kepemilikan bersama yang istilah lainnya ialah strata title.

4. Pertimbangkan Lokasi

Penting bagi Anda untuk melakukan survey lokasi terlebih dahulu sebelum menentukan hunian mana yang ingin diambil. Misalkan saja, Anda adalah seorang pegawai kantoran yang biasanya akan lebih dekat dengan bangunan-bangunan apartemen. Atau mungkin Anda berprofesi lain, seperti guru misalnya. Sehingga, hunian yang lebih cocok untuk ditinggali ialah rumah tapak saja. Jangan sampai kesalahan memilih lokasi justru akan menyusahkan Anda ke depannya.

5. Cek ricek biaya perawatannya

Jika Anda memilih untuk membeli apartemen, maka semua persoalan tentang biaya perawatan hunian tersebut sudah ditanggung oleh pihak tertentu. Namun jika Anda memilih untuk membeli rumah, maka kemungkinan besar Anda harus pandai-pandai menganggarkan biaya perawatan rumah secara berkala.

6. Terkait privasi dan sosialisasi

Dalam hal ini, apartemen lebih terjaga dan cukup lumayan sistem keamanannya karena ada petugas khusus seperti satpam yang ditugaskan untuk menjaga keamanan bangunan. Adapun untuk rumah, Anda justru bisa mengatur sendiri bagaimana sistem keamanan dan privasi yang akan digunakan. Selain itu, peluang untuk bersosialisasi dengan para tetangga akan lebih luas jangkauannya. Jadi tidak terkesan sombong dan individual.

Nah, itu dia beberapa kiat yang harus Anda pertimbangkan dahulu sebelum menentukan hunian yang tepat untuk ke depannya. Rumah vs apartemen, keduanya memiliki sisi positif dan negatifnya masing-masing. Jika dilihat dari sisi kebutuhan, maka setiap orang pasti memiliki interpretasi berbeda dalam mewujudkan keperluannya tersebut. Adapun persamaan rumah dan apartemen ialah sama-sama variasi hunian yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

One thought on “Beli Rumah atau Apartemen?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *