Plugins WordPress yang Wajib Dipasang

Rekomendasi Plugins WordPress berikut wajib dipasang di WordPress Anda. Pemilihan Plugins tepat bisa meningkatkan kinerja website.

Rekomendasi Plugins WordPress memang menjadi sesuatu yang Anda nantikan. Apalagi bagi Anda yang sudah lama menggunakan WordPress. Tentu saja Anda ingin memaksimalkan WordPress tersebut dengan menggunakan Plugins sehingga memungkinkan adanya penambahan fungsi tertentu sesuai kebutuhan. Misalnya, penambahan fungsi toko online, gambar bergerak, spot iklan atau keamanan website. Bahkan setiap fungsi tersebut bisa diubah sesuai keinginan karena Plugins termasuk sebagai aplikasi tambahan yang tidak permanen.

Ada sekitar 40.000 lebih plugins yang sudah diciptakan developer hingga saat ini. Seluruh Plugins ini bisa digunakan secara gratis tetapi beberapa berbayar. Selain itu, semua Plugins yang tersedia dapat dimanfaatkan dalam pembuatan website standar sesuai keinginan. Kelebihan Plugins, yaitu tidak perlu adanya coding untuk membangun website. Hal tersebut karena setiap Plugin sudah memuat coding spesifik sesuai fungsi. Bahkan Anda bisa merancang website sendiri sehingga tampilannya serupa website rancangan IT profesional.

Berikut ini beberapa rekomendasi Plugins WordPress yang bisa Anda pilih untuk memaksimalkan tampilan website.

Plugin WordPress Perlindungan Website dari Hackers

Plugin WordPress perlindungan website yang paling direkomendasikan, yaitu JetPack. Jetpack merupakan salah satu Plugin yang berfungsi mencegah adanya masalah brute force. Brute force adalah serangan yang dilakukan hacker dengan tujuan membobol akun WordPress. Sehingga para hacker bisa masuk ke halaman login dashboard. Bahkan dapat membuat tayangan pada tampilan layar WordPress Anda. Umumnya, serangan dilakukan dengan memasukkan username dan password baik manual maupun otomatis secara berulang-ulang hingga berhasil.

Penggunaan Plugin JetPack mampu mencegah aksi serangan dengan melakukan pemberitahuan ke email Anda sedini mungkin. Pemberitahuan tersebut berupa pesan atau notifikasi adanya orang tidak dikenal yang berusaha masuk akun WordPress Anda. Selain itu, JetPack juga mempunyai fungsi monitoring. Monitoring dilakukan terhadap situs terkait kondisi terkininya. Mulai dari status website baik-baik saja hingga sedang down atau tidak bisa diakses. Hasil monitoring ini akan diberitahukan melalui email. Alhasil, WordPress tetap update dan aman.

Plugin WordPress Back Up Data Jadi Lebih Tenang

Rekomendasi Plugins WordPress berikutnya, yaitu UpdraftPlus dan VaultPress. Kedua Plugins ini memiliki fungsi melakukan back up data dengan proses yang mudah dan cepat. Anda hanya perlu mengeluarkan tenaga untuk satu kali klik. Maka semua proses back up data dapat diselesaikan. Proses back up data dilakukan sesuai pengaturan Anda. Mulai dari setiap hari, setiap bulan atau saat diperlukan. Bahkan ada fitur realtime yang secara langsung mampu melakukan back up terhadap perubahan sekecil apapun pada file-file di WordPress.

Terdapat perbedaan di antara Plugin UpdraftPlus dan VaultPress. UpdraftPlus termasuk Plugin gratis. Namun untuk memperoleh versi premium dengan penambahan lebih banyak fitur, Anda akan dikenakan biaya pembelian seharga $90. Sementara itu, VaultPress termasuk Plugin berbayar dengan tingkatan harga sesuai kelengkapan fitur dan jangka waktu pemakaian. Harga Plugin VaultPress sendiri mulai dari $5 setiap bulan. Meskipun berbayar, harga VaultPress tetap lebih murah daripada membeli versi premium UpdraftPlus dengan spesifikasi sama.

Plugins WordPress Peningkatan terhadap Traffic Website

Traffic website memang menjadi salah satu acuan keberhasilan suatu situs. Semakin tinggi traffic berarti semakin banyak orang yang berkunjung ke WordPress Anda. Pasalnya, Plugins WordPress untuk meningkatkan traffic website bekerja dengan cara mengoptimalkan SEO yang dibutuhkan situs. Penggunaan SEO atau Search Engine Optimization bertujuan untuk membuat website masuk pada jajaran teratas mesin pencarian Google. Bahkan Plugins ini mampu memberikan penilaian dan menciptakan konten berbasis SEO yang bagus untuk website Anda.

Supaya jadi blogger sukses, Anda wajib tahu beberapa tips meningkatkan traffic blog dengan tepat agar meraup penghasilan besar.
Dengan teknik yang tepat, traffic blog dapat meroket dengan cepat

Rekomendasi Plugins WordPress untuk fungsi peningkatan traffic website, yaitu Yoast SEO. Yoast SEO akan memberi penilaian warna merah untuk SEO kurang dan hijau untuk SEO baik. Yoast SEO juga mempunyai fitur untuk mengedit meta deskripsi, meta judul, htaccess dan robots.txt serta sitemap. Selain itu, Yoast SEO juga bisa memperbaiki adanya eror yang terjadi di search console. Bahkan membantu mengoptimalkan performa website di tiga mesin pencari seperti Google, Bing dan Yahoo. Plugin ini termasuk gratis tetapi ada juga versi berbayarnya.

Baca Juga: Tips dan Trik Meningkatkan Traffic Blog/Website Secara Efektif

Plugins WordPress Images Optimizer yang Kompatibel

Plugins satu ini menjadi salah satu yang wajib Anda pasang. Pasalnya, Plugin ini bisa dimanfaatkan untuk memperkecil ukuran gambar supaya lebih ringan tetapi tetap kompatibel. Hal ini membantu agar website tidak semakin berat. Namun tampilan website masih mampu menarik pembaca dengan gambar yang luar biasa. Plugin ini bekerja untuk gambar dengan tipe JPG, PNG atau JPEG dengan cara lossless. Lossless merupakan suatu cara mengecilkan ukuran tetapi tidak menurunkan kualitas gambar. Plugin berfungsi ini yang terkenal, yaitu Imagify.

Imagify termasuk Plugin gratis yang hampir seluruh fitur yang tersedia bisa bekerja secara otomatis. Namun, terdapat batasan dalam penggunaannya. Sehingga untuk bisa melakukan kompres gambar dalam jumlah tidak terbatas sebaiknya gunakan layanan premium. Keunggulan Plugin Imagify, yaitu mampu mengopres gambar website dalam tiga algoritma dan mengembalikan ukuran gambar sesuai ukuran semula setelah uninstall. Selain itu, Imagify juga dapat membantu Media Library lebih ringan dalam menyimpan gambar yang tayang di website.

Plugins WordPress Terintegrasi Sosial Media

Keberadaan sosial media tentu tidak lagi bisa diabaikan. Hal inilah yang membuat suatu website wajib terintegrasi dengan sosial media. Termasuk juga akun WordPress yang Anda miliki. Adanya Plugins ini akan membantu Anda untuk membagikan konten di WordPress ke seluruh sosial media yang terintegrasi. Selain itu, Anda juga tidak perlu repot menggunakan laptop atau desktop karena bisa dilakukan hanya melalui ponsel pintar. Bahkan Plugins ini juga bisa terintegrasi dengan Google Analytic yang membantu pendataan terbaik terkait website.

Baca Juga: Cara Mudah Monetize Video di Fanpage Facebook

Rekomendasi Plugins WordPress untuk fungsi terintegrasi sosial media, yaitu AddThis. AddThis sendiri merupakan Plugin social sharing gratis dengan fitur terlengkap sekaligus desain menarik. Meskipun termasuk Plugin gratis tetapi tersedia juga versi premiumnya. Hingga saat ini, AddThis sudah diunduh lebih dari 200.000 pengguna WordPress. Keunggulan fitur AddThis terletak pada tombol berbagi yang selalu mengikuti tampilan halaman ketika discroll naik atau turun. Fitur-fitur lain yang terdapat pada Plugin AddThis, yaitu.

  1. Tombol berbagi di awal atau akhir konten yang memudahkan sharing
  2. Tombol berbagi untuk langsung terhubung pada mobile sehingga memudahkan untuk sharing
  3. Tombol untuk mem-follow setiap akun sosial media yang terintegrasi
  4. Statistik data jumlah share setiap hari pada masing-masing akun sosial media
  5. Integrasi dengan Google Analytics yang bermanfaat sebagai bahan perencanaan dan pengembangan website di masa mendatang.

Itulah beberapa rekomendasi Plugins WordPress yang wajib dipasang pada WordPress milik Anda. Setiap Plugins WordPress mempunyai berbagai fungsi dan kegunaan. Hal ini bisa menjadi pertimbangan Anda untuk memilih Plugins yang sesuai dengan kebutuhan. Pemilihan Plugins yang salah bisa berdampak pada performa website. Misalnya, traffic website rendah, akun WordPress di-hack atau tampilan website down dan tidak bisa diakses. Sebaliknya, memilih Plugins yang tepat sangat membantu meningkatkan kinerja WordPress semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *