Kelebihan dan Kekurangan Memasang Set-top Box (STB) pada TV

Kelebihan dan kekurangan set-top box (stb) menjadi pertimbangan Anda untuk memasang pada TV. Artikel ini mengulas lebih lengkap.

Kelebihan dan kekurangan set-top box (STB) tentu menjadi salah satu perihal yang harus Anda pertimbangkan. Terutama bagi Anda yang akan beralih memanfaatkan penggunaan TV digital. Hal tersebut pasti tidak terlepas dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat. Kompetisi sistem penyiaran satelit dan kabel juga semakin baik sehingga ikut mendorong peningkatan penggunaan TV digital. Bahkan ada juga yang beranggapan bahwa tuntutan inovasi akibat kondisi dan situasi pasar TV analog yang sudah sangat jenuh.

TV digital sendiri merupakan jenis televisi dengan penggunaan modulasi digital dan sistem kompresi. Sehingga TV digital mampu menyiarkan gambar, suara dan data berupa sinyal-sinyal menjadi tampilan seperti TV analog. Sedangkan TV analog merupakan televisi yang sudah familiar digunakan oleh masyarakat saat ini. Perbedaan mendasar di antara keduanya, yaitu informasi digital berbentuk bit data seperti komputer dan informasi analog berbentuk sinyal frekuensi. Tentu saja TV digital lebih banyak memiliki kelebihan daripada TV analog.

Lalu, seperti apa peran set-top box (stb) terhadap TV digital dan TV analog? Apa kelebihan dan kekurangan set-top box (stb)? Simak ulasannya sebagai berikut.

Set-Top Box di Antara TV Digital dan TV Analog

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa TV digital dan TV analog memiliki perbedaan kegunaan. Secara singkat, untuk menerima sinyal digital maka Anda membutuhkan perangkat TV digital. Begitu juga untuk menerima sinyal analog maka Anda membutuhkan perangkat TV analog. Namun, berkat kecanggihan teknologi terkini memungkinkan Anda untuk menerima sinyal digital menggunakan perangkat TV analog. Hal tersebut bisa dilakukan dengan bantuan alat tambahan yang berfungsi melakukan transisi dari perangkat TV analog menjadi TV digital.

Alat tambahan tersebut dikenal dengan nama set-top box (stb) atau kotak konverter. STB adalah alat tambahan yang dihubungkan pada TV analog dengan fungsi mengkonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara analog. STB bekerja dengan mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog sehingga TV analog langsung menyiarkan sinyal digital. Akibatnya, pengguna TV analog bisa menikmati siaran dari TV analog maupun TV digital. Bahkan secara perlahan pengguna TV analog akan beralih teknologi pada siaran digital tanpa memutus siaran analog.

Baca Juga: Perbedaan Utama Smart TV dengan TV Led Konvensional

Mekanisme Kerja Set-Top Box

Ada 6 manfaat yang didapatkan dari Android TV Box. Salah satunya bisa untuk presentasi. Simak manfaat dan kelebihan lain di artikel ini!
Dengan STB, TV konvensional pun bisa menjadi sebuah Smart TV. STB berbasis android memberikan semua fitur android pada layar kaca anda.

Kelebihan dan kekurangan set-top box (stb) bisa dikonfirmasi dari mekanisme kerja STB itu sendiri. STB sering disebut sebagai dekoder yang bekerja satu arah atau tanpa campur tangan manusia. Kegunaan utama dari dekoder, yaitu mengatur siaran atau saluran yang bisa diterima televisi. Mekanisme kerja mengatur ini termasuk memilih saluran yang sesuai dan memeriksa hak akses pengguna terhadap saluran tersebut. Selanjutnya, sinyal dari saluran digital ini diterima oleh dekoder untuk menghasilkan keluaran berupa gambar, suara dan layanan lain.

Mekanisme kerja STB serupa dengan penerima sinyal TV analog atau yang biasa dikenal sebagai antena. Meskipun STB lebih sering dikenal sebagai alat pengubah sinyal digital dari satelit, kabel atau internet menjadi format analog. Kemudian format analog bisa ditampilkan ke TV analog atau layar analog lain. Beberapa sistem perangkat yang menggunakan STB, yaitu televisi kabel, televisi satelit, ip-televisi dan televisi digital terestrial. STB mulai bekerja setelah adanya kartu akses dari penyedia layanan TV digital yang telah dilakukan pengaturan saluran.

Komponen Perangkat Keras dan Lunak pada Set-Top Box

Set-top box (stb) tersusun dari perangkat keras dan lunak. Perangkat keras terdiri dari kartu akses, prosesor mikro, memori RAM dan MPEG-2 dekoder chip. Selain itu, ada juga chip-chip lain yang berguna memproses data audio dan visual, kabel video SCART dan kabel HDMI. Setiap komponen mempunyai fungsi atau kegunaan masing-masing. Misalnya, kabel video SCART untuk keluaran tampilan Standard Definition dan kabel HDMI untuk keluaran tampilan High Definition. Ada juga kartu akses untuk menyaring saluran televisi yang bisa diterima.

STB bermerk ZTE yang dipinjamkan Indihome berbasis Android.

Kelebihan dan kekurangan set-top box (stb) juga bisa dikonfirmasi dari komponen perangkat lunak yang menyusunnya. Komponen perangkat lunak tersebut memiliki peran sebagai sistem pengatur setelan. Beberapa setelan yang bisa diatur, yaitu bahasa, penerima sinyal, keluaran hasil gambar dan rekaman. Selain itu, sistem komponen perangkat lunak juga bisa dibuat terhubung dengan aplikasi youtube secara langsung. Bahkan komponen perangkat lunak mampu membaca file dengan format video pada USB yang terhubung ke set-top box.

Baca Juga: Dengan TV Box, Sulap TV Konvensional Menjadi Smart TV!

Kelebihan dan Kekurangan Beragam Set-Top Box di Indonesia

Setelah memahami betapa penting peran STB saat ini, Anda tentu semakin tertarik untuk menggunakannya. Pasalnya, siaran digital terbukti lebih berkualitas dari aspek gambar dan suara. Bahkan tidak perlu lagi menggunakan antena yang dipasang di atap atau ruang terbuka pada rumah untuk menangkap sinyal. Anda cukup menggunakan STB atau dekoder yang berbentuk kotak hitam kecil. Kemudian menghubungkan STB tersebut ke televisi atau layar analog yang dimiliki. Tentu saja lebih mudah dan praktis digunakan kapan dan di mana saja.

Di Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika juga telah menyiapkan roadmap transisi TV analog menjadi TV digital sejak tahun 2009. Hal tersebut membuka peluang besar munculnya beragam merk STB di Indonesia. Mulai dari Polytron, Venus, Skybox, Ichiko, Xtreamer hingga Tanaka. Beragam merk STB ini tentu menawarkan banyak pilihan sekaligus membuat pusing Anda. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ulasan berikut akan memaparkan beberapa kelebihan dan kekurangan tiga merk STB yang paling laris.

1. Set-Top Box Polytron

Kelebihan dan kekurangan set-top box (stb) Polytron, yaitu harga lebih mahal daripada merk lain tetapi memiliki kualitas mesin paling bagus. Kelebihan lainnya, yaitu kualitas tuner lebih peka terhadap sinyal, casing lebih baik dan layanan purna jual tersedia. STB Polytron mampu memutar file dengan jenis MKV, AVI, FLV dan MP4. Tersedia dua tipe STB Polytron dalam bentuk mini dan standard. Sayangnya, STB Polytron tidak menyediakan tombol fungsi yang berada pada STB sehingga cukup merepotkan jika remote mengalami kerusakan.

2. Set-Top Box Xtreamer

STB Xtreamer mempunyai kinerja yang baik sebagai dekoder dan multimedia player. Kelebihan STB Xtreamer, yaitu didukung bahasa Indonesia dan Inggris, memiliki port HDMI dan RCA. Selain itu, Xtreamer ini juga mendukung Full HD dengan gambar dan suara yang lebih tajam dan jernih. Bahkan sudah mampu membaca video dengan jenis file MKV atau AVI. Kekurangan STB Xtreamer, yaitu port UBS hanya 2.0, siaran digital terbatas, membutuhkan antena yang dibeli terpisah dan HDD internal tidak ada.

3. Set-Top Box Skybox

STB Skybox berasal dari Cina seperti merk STB Venus. Keunggulan Skybox terletak pada harga yang lebih murah tetapi memiliki spesifikasi lengkap. Selain itu, Skybox mempunyai kualitas mesin dan processor yang baik serta tuner sensitif yang mampu menangkap sinyal lemah. Material yang menyusun STB juga paling ringan. Meskipun menjadi tidak terlalu kokoh. Tidak memiliki kartu garansi namun suku cadang sangat mudah ditemukan di pasaran.

Itulah ulasan terkait kelebihan dan kekurangan set-top box (stb) yang bisa menjadi pertimbangan sebelum menggunakannya. Keberadaan STB memang sudah tidak dapat diabaikan. Apalagi jika Anda dan keluarga sudah jenuh dengan tayangan saluran analog yang tersedia. Saat Anda memutuskan untuk menggunakan STB berarti Anda semakin dekat dengan transisi teknologi TV digital yang memungkinkan lebih banyak akses. Mulai dari multimedia player, aplikasi youtube hingga android TV dengan keunggulan informasi dan hiburan.

One thought on “Kelebihan dan Kekurangan Memasang Set-top Box (STB) pada TV

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *