Alibaba, Perusahaan Dengan Perkembangan yang Sangat Pesat

Alibaba adalah perusahaan yang didirikan oleh Jack Ma. Kini, perusahaan tersebut telah menggurita dan memiliki banyak anak perusahaan.

Alibaba adalah perusahaan ecommerce raksasa asal China yang sudah dikenal oleh banyak orang. Perusahan tersebut dibangun oleh seorang pengusaha bernama Jack Ma. Ia belajar dari pengalamannya yang jatuh bangun mendirikan salah satu raksasa ecommerce dunia tersebut. Hingga akhirnya, berhasil menggurita menjadi salah satu perusahaan besar di dunia.

Jack Ma adalah seorang taipan internet China yang terbilang sukses. Ia berhasil membawa perusahaannya menjadi salah satu perusahaan yang populer dan paling berharga di dunia. Jack Ma, selaku CEO Alibaba, ia memiliki semangat ekspansi bisnis yang begitu besar, hingga akhirnya berhasil beranak pinak.

Baca Juga: Tips Belanja Impor dari Alibaba dan AliExpress

Anak Perusahaan Alibaba

Ada cukup banyak perusahaan yang bernaung pada perusahaan milik Jack Ma tersebut. Beberapa di antaranya seperti:

1. Perusahaan Alibaba.com

Alibaba.com didirikan pada tahun 1999. Saat itu, konsumennya datang dari 190 negara. Pengguna situs ecommerce Jack Ma ini berasal dari kalangan pedagang, mulai dari pedagang besar, produsen, UKM, hingga pengecer yang terlibat langsung di dalam bisnis impor dan ekspor.

2. Platform Marketplace Taobao

Taobao didirikan tahun 2003 silam. Taobao sendiri merupakan sebuah platform marketplace yang mirip dengan e-bay. Tujuan dikembangkannya ialah untuk menjual berbagai macam jenis perangkat elektronik seperti gadget.

3. Situs 1688.com

Website 1668.com adalah pasar grosir domestik yang ada di Tiongkok. Situs tersebut menawarkan berbagai macam jenis barang mulai dari minuman, perabotan rumah tangga, makanan, hingga pakaian.

4. Platform TMail

Tmail adalah platform B2C (Business to Consumer). Platform ini bertujuan untuk menyasar kalangan kelas atas dengan penawaran produk serta pengalaman belanja premium. TMail merupakan platform B2C terbesar di negara China dalam kualitas barang dagangan.

5. Platform Ali Express

Pada tahun 2010, Jack Ma membuat sebuah layanan pengirman barang Ali Express. Layanan tersebut memungkinkan para konsumen dari berbagai belahan dunia untuk membeli langsung dari produsen maupun distributor di China.

Baca Juga: Online shop Internasional Terbaik dan Terpercaya

6. Perusahaan Teknologi Ant Financial

Ant Financial adalah adalah perusahaan teknologi yang menawarkan sebuah layanan keuangan inklusif. Jangkuan layanannya hingga ke berbagai negara di seluruh dunia. Perusahaan ini menciptakan sebuah sistem platform layanan keuangan secara terbuka dan kredit bersama.

7. Alibaba Cloud

Pada tahun 2009, Jack Ma melalui perusahaannya, mendirikan sebuah enterprise Alibaba Cloud. Perusahaan ini memberi solusi laaS teratas di seluruh dunia serta penyedia layanan cloud terbesar di Tiongkok.

8. Perusahaan Alibaba Picture

Alibaba Picture adalah perusahaan yang bergerak di bidang hiburan dan perfilman. Perusahaan tersebut merupakan hasil dari pembelian saham minoritas di Amblin Partners Steven Spelberg. Pembelian saham tersebut berlangsung pada tahun 2016 lalu.

9. Cainiao Network

Cainao Network merupakan sebuah platform data logistik yang didirikan untuk memenuhi pesanan konsumen 24 jam di Tiongkok, dan layanan 72 jam di berbagai tempat  lain di seluruh dunia.

10. Perusahaan Alimama

Alimama adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi pemasaran pedagang. Perusahaan tersebut memungkinkan pemasar agar bisa menempati display pemasaran pada website maupun aplikasi pihak ketiga. Tujuannya yaitu untuk memperluas jaringan dan jangkuan pemasaran maupun promosi.

11. Situs Web Video Streaming Youkou

Youkou adalah salah satu anak perusahaan yang didirikan oleh Jack Ma. Youkou adalah web video streaming yang bermitra dengan negara penyiar CCTV di China untuk menayangkan pertandingan piala dunia 2018.

Itulah informasi seputar perusahaan Alibaba dan anak-anak perusahaannya. Jack Ma sendiri saat ini menjadi tokoh inspiratif yang memberi inspirasi bagi banyak orang, khususnya para palaku bisnis di seluruh dunia.

One thought on “Alibaba, Perusahaan Dengan Perkembangan yang Sangat Pesat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *