Dengan TV Box, Sulap TV Konvensional Menjadi Smart TV!

Ada 6 manfaat yang didapatkan dari Android TV Box. Salah satunya bisa untuk presentasi. Simak manfaat dan kelebihan lain di artikel ini!

Dengan kemajuan teknologi yang semakin berkembang setiap harinya, pada akhirnya akan selalu memunculkan inovasi terbaru. Sebut saja salah satunya adalah adanya inovasi pada fungsi TV box. Jika dahulu televisi tidak bisa dihubungkan dengan internet, lain halnya di masa kini. Anda dapat menikmati berbagai layanan yang ditawarkan.

Menariknya, fungsi TV box ini dalam sekejap dapat mengubah televisi konvensional menjadi Smart TV Built-in Android! Android TV Box merupakan sebuah hardware yang juga memiliki fungsi seperti STB (Set Top Box) pada umumnya. Perbedaannya sendiri terletak pada sistem operasi yang telah tertanam di dalamnya. Untuk penggunaannya, tentu saja membutuhkan perangkat tambahan, misalnya berupa layar LED/LCD TV yang harus dihubungkan dengan kabel HDMI. Namun, ada pula Android TV box yang dioperasikan  menggunakan remote.

Pada dasarnya terdapat dua jenis produk Android TV Box, yakni Android TV Stick dan Android TV Box. Pada Android TV Stick tentu saja ukurannya akan jauh lebih kecil. Bahkan hampir-hampir menyeruak flash Drive atau modem. Sedangkan pada TV box tentu bentuknya akan lebih besar dan menyerupai box.

Manfaat Android TV Box

Jika Anda belum mengetahui fungsi TV box yang memiliki sistem operasi Android, ada baiknya untuk menyimak penjelasan berikut ini:

1. Menonton

Pengalaman menonton yang menyenangkan bisa Anda dapatkan dari penggunaan Android TV Box ini. Anda tidak hanya disuguhkan tayangan dari saluran konvensional saja. Tetapi, juga dapat menonton acara favorit Anda secara streaming. Bahkan, perlu untuk diketahui bahwa ada banyak aplikasi Android yang menyediakan layanan video dan live streaming untuk memuaskan pelanggan.

Layanan dari Android TV Box juga memungkinkan untuk mengunduh tayangan favorit dan menyimpannya pada hardisk, USB, atau SD card. Dengan cara ini menonton acara favorit dapat dilakukan kapan saja, tanpa khawatir akan ketinggalan tayangan tersebut.

2. Bermain Game

Fungsi Android TV Box berikutnya adalah untuk bermain game. Bagi Anda para gamer, memakai gawai untuk bermain game adalah sebuah hal sudah lumrah dilakukan. Hanya saja jika memanfaatkan TV Box dengan sistem operasi Android, Anda dapat menikmati permainan dengan layar yang besar. Tentu saja hal ini akan memberikan pengalaman bermain game yang tidak akan terlupakan.

Tidak hanya untuk jenis permainan offline saja, dengan dukungan internet yang dipakai untuk TV Box ini. Memungkinkan Anda untuk memainkan game secara online. Nilai plus lainnya adalah dapat menambahkan gamepad jika memang diperlukan. Dengan dukungan layar televisi yang memberikan tampilan gambar yang detail dengan grafik yang halus dan akurat. Tentu saja bermain game akan menjadi lebih menyenangkan dari sebelumnya!

Diagram Jaringan TV Konvensional dengan TV Box / STB (Set Top Box)
Diagram alur jaringan TV konvensional dengan TV Box / STB (Set Top Box).

3. Menjelajah Internet/Browsing

Tidak hanya menonton tayangan televisi favorit Anda atau bermain game saja, fungsi TV box juga dapat dipergunakan untuk browsing. Anda dapat menikmati proses pencarian berita terbaru atau hal-hal lainnya yang ingin Anda ketahui dengan mudah. Seperti layaknya smartphone, Anda juga dapat mengunduh berbagai aplikasi yang diperlukan untuk berbagai aktivitas.

Tentu saja dukungan layar televisi yang besar dan lebar, akan membuat mata tidak mudah lelah. Dan juga, dapat dioperasikan tanpa harus duduk terlalu kaku. Anda bisa saja mengakses internet sembari berbaring, makan, atau pada saat melakukan aktivitas apa pun.

Baca Juga: Perbedaan Utama Smart TV dengan TV Led Konvensional

4. Melakukan Video Call atau Chatting

Tidak hanya untuk dipergunakannya pada berbagai aktivitas yang telah disebutkan di atas. Android TV Box juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan panggilan video atau bahkan untuk sekadar mengirim pesan chat. Anda bisa mendapatkan kemudahan sama seperti yang diberikan oleh smartphone yang dimiliki. Tentu saja dengan dukungan layar dan internet yang super nyaman.

Tentunya melakukan panggilan dengan gambar yang memiliki kualitas baik dan lebar akan lebih nyaman. Ketimbang menggunakan layar yang kecil dan terbatas. Jaminan suara yang jernih akan membuat percakapan pribadi Anda menjadi lebih nyaman dan tidak terputus.

5. Cast Screen atau Mirorscreen

Manfaat lainnya yang bisa diperoleh dari menggunakan Android TV Box adalah bisa dipergunakan untuk melakukan presentasi. Dengan dukungan layar besar, akan membuat Anda lebih mudah dan leluasa pada saat menyampaikan ide yang dimili pada saat  presentasi. Hal ini pun berlaku pula bagi mereka yang tengah menyimak penjelasan Anda pada layar tersebut. Sehingga memungkinkan untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya miss pada saat penyampaian data.

6. Slot USB atau SD Card

Pada Android TV Box, dilengkapi pula dengan dukungan slot flashdisk serta SD Card yang  dipergunakan untuk menyimpan berbagai data penting. Dengan cara ini sangat mudah bagi Anda untuk menyimpan dan membuka data yang ada melalui layar televisi.

Baca Juga: Kekurangan Smart TV Yang Banyak Dikeluhkan

STB bermerk ZTE yang dipinjamkan Indihome berbasis Android.
STB bermerk ZTE yang dipinjamkan Indihome berbasis Android.

Kelebihan yang Dimiliki Android TV Box

Setelah mengetahui enam manfaat yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan Android TV Box, di bawah ini beberapa kelebihan yang dimilikinya:

  • Anda dapat mempergunakan layanan menonton film secara streaming dalam waktu yang lama. Karena layar TV LCD yang dimiliki oleh Android TV Box dibuat sama seperti televisi digital yang lainnya.
  • Dapat menambahkan HDD (hardisk) eksternal untuk menambah besaran kapasitas untuk penyimpanan pada layanan Android TV Box. Tentu saja dengan cara ini, penyimpanan pada Android TV Box jauh lebih besar ketimbang smartphone yang hanya menggunakan micro
  • TV box ini tidak membutuhkan baterai untuk bisa dipergunakan. Cukup dengan memakai adaptor yang dipakai untuk power supply, Anda sudah dapat menikmati layanan yang tersedia.
  • Tampilan layarnya dapat diperbesar dengan menggunakan proyektor yang telah diinput HDMI sehingga gambar lebih jelas dan “lega”. Hanya saja perlu untuk menambahkan speaker aktif yang dibutuhkan untuk dapat mengeluarkan suara.
  • Adanya Port LAN atau RJ 45 untuk dapat terhubung dengan internet, membuat Anda tidak membutuhkan TP Link lagi. Dengan menggunakan koneksi internet buang terhubung melalui kabel (LAN) tentunya akan lebih stabil ketimbang memakai WiFi. Tentu saja hal ini tidak akan mengganggu kinerja dari CPU.
  • Hardisk eksternal dapat diubah menjadi wireless HDD dengan menggunakan bantuan aplikasi. Hal ini memungkinkan penyimpanan pada hardisk dapat diakses melalui smartphone, laptop, atau personal computer dengan memakai WiFi atau hotspot.
  • Gambar yang dihasilkan pun tergolong jernih dan mampu menangkap detail dengan baik. Tenang saja, pencahayaan yang ditangkap oleh mata tidak akan membuat mata menjadi sakit atau silau.
  • Harga yang ditawarkan pun beragam dan tergolong sangat terjangkau. Apalagi jika dibandingkan dengan fitur lengkap yang didapatkan, membuat TV box ini sayang untuk dilewatkan.

Demikian beberapa manfaat sekaligus kelebihan yang bisa didapatkan dari Android TV Box ini. Dengan memaksimalkan fungsi TV box, Anda akan mendapatkan layanan dan fitur menarik dan sangat memuaskan. Sudah bukan zamannya lagi menggunakan televisi konvensional. Segera beralih ke Smart TV dan dapatkan pengalaman menonton yang berbeda dari sebelumnya!

2 thoughts on “Dengan TV Box, Sulap TV Konvensional Menjadi Smart TV!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *