Ini Dia Cara Pasang AdSense di YouTube Yang Harus Dipahami

Semenjak dikeluarkannya kebijakan mengenai monetisasi channel YouTube yang baru diberlakukan pada 20 Februari 2018 lalu, terjadi banyak perubahan jika ingin menautkan channel yang dimiliki dengan Google AdSense. Masih ditemukan adanya kesulitan mengenai cara pasang AdSense di Youtube.

Tentunya sebelum memasang AdSense, pastikan channel yang dimiliki sesuai dengan syarat yang diberlakukan oleh pihak YouTube. Syarat tersebut diantaranya memiliki minimal 4000 jam tayang dan minimal 1000 subscriber. Ketika syarat tersebut tidak terpenuhi bisa dipastikan bahwa channel yang bersangkutan tidak dapat menautkan AdSense di dalamnya. Karena tingginya minat pengguna YouTube untuk memasang AdSense pada channelnya, berikut hal yang harus dipahami mengenai cara pasang AdSense di Youtube, di antaranya :

1. Daftar Email di Google

Bagi setiap orang yang ingin memiliki akun YouTube hal yang perlu dimiliki adalah akun email Google. Jika belum memilikinya, buat dan daftarkan segera email di Google. Email yang dimiliki berfungsi untuk memasang AdSense di channel YouTube yang dimiliki.

2. Sign in ke Akun YouTube yang Dimiliki

Jika pengguna sudah langsung terhubung ke akun YouTube secara otomatis, maka tidak lagi perlu untuk melakukan log in ulang. Namun, jika belum terhubung, pastikan sign ini terlebih dahulu ke akun YouTube yang telah dimiliki.

Setelah terhubung, persiapkan video yang akan diupload. Pastikan video yang akan di upload kreatif dan menarik. Tentu saja konten video harus berkaitan dengan saluran khusus yang akan dipilih nantinya.

Baca Juga: Perbedaan antara Akun Google Adsense Hosted dan Non-Hosted

3. Pengaturan Akun YouTube

Hal selanjutnya yang penting untuk dilakukan adalah melakukan pengaturan akun YouTube. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan.

  • Aktifkan akun Google AdSense. Pastikan akun ini diaktifkan dalam satu browser yang sama
  • Masuk ke dalam channel YouTube yang dimiliki
  • Klik Video Manager yang terletak pada bagian atas profil pengguna
  • Ketika halaman Dashboard muncul, pilih menu Channel yang terletak pada bagian kiri lalu klik Enable yang terletak pada bagian Monetization
  • Pada bagian konfirmasi, pilih Enable My Account jika akun YouTube yang dimiliki belum aktif
  • Centang tiga hal yang harus disetujui pada lembar persetujuan. Kemudian pilih I Accept
  • Pengguna akan ditampilkan halaman preview dimana secara defauld YouTube akan melihat jenis akun AdSense yang dimiliki. Jika akun yang dimiliki merupakan akun Hosted, maka pengguna hanya dapat memilih dua jenis iklan
  • Pilih iklan yang akan ditampilkan. Jika bingung, pengguna dapat melihat iklan seperti apa yang akan ditampilkan dengan meng-klik preview
  • Setelah itu pilih Monetize
  • Dan yang terakhir klik Got It untuk menampilkan iklan

Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, kemungkinan iklan yang dibuat sudah ditampilkan. Penampilan iklannya pun sama dengan iklan AdSense yang terdapat di blog. Intinya, jika ingin memasang AdSense pada YouTube, pengguna harus memiliki channel YouTube pribadi, memiliki minimal 1 video berdurasi di atas 5 menit yang akan diupload.

Ketika video yang akan di upload mengandung pornografi, maka secara otomatis video tersebut akan di banned oleh pihak YouTube. Oleh sebab itu, selain memperhatikan konten video, creator juga harus memperhatikan isi video yang akan ditayangkan. Ikutilah semua peraturan yang telah ditetapkan oleh YouTube.

Baca Juga: Cara Memasang Auto Ads pada Blog: Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Demikianlah informasi cara pasang AdSense di Youtube yang harus dipahami terutama oleh pengguna yang baru ingin memasang AdSense di channelnya. Perhatikan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pihak YouTube. Tentunya dengan adanya AdSense, pengguna akan memperoleh penghasilan tambahan dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *