7 Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis Agar Kembali Awet

Tentu kesal bukan jika baterai HP yang baru digunakan tiba – tiba habis begitu saja, padahal sedang dibutuhkan saat genting-gentingnya. HP saat ini menjadi sesuatu yang sangat penting sebagai penunjang aktivitas sehari-hari. Bahkan mempertahankan baterai agar awet selama 24 jam merupakan tantangan tersendiri. Nah artikel ini akan mengulas bagaimana cara mengatasi baterai HP cepat habis, agar kembali awet. Berikut ulasannya :

1.  Matikan Fitur Yang Kurang Penting

Cara yang kedua yaitu mematikan fitur ponsel yang dirasa kurang penting atau sedang tidak digunakan. Saat ini perangkat smartphone semakin berkembang ada yang masih menggunakan kabel, namun ada juga yang terhubung dengan ponsel melalui sambungan bluetooth maupun wifi.

Bagi yang suka mendengarkan lagu dengan headset hands-free, maupun radio bluetooth ketika sedang tidak memainkan musik secara nirkabel, matikan sambungan bluetooth ataupun wifi. Dengan cara tersebut dapat menghemat daya baterai sekitar 1 jam lebih.

2.   Setting Pencahayaan

Banyak pengguna smartphone menyukai smartphone yang memiliki layar lebar dan  berwarna-warni  padahal hal tersebut menjadi salah satu penyebab baterai cepat habis. Smartphone memiliki fitur kecerahan otomatis yaitu kecerahan layar secara otomatis menyesuaikan dengan tingkat pencahayaan sekitar. Fitur ini menggunakan daya yang lebih sedikit daripada terus-menerus menggunakan model kecerahan layar penuh.

Agar hasil lebih maksimal dapat mengatur kecerahan layar ke pengaturan terendah. Intensitas cahaya rendah pada layar smartphone ini mampu memperpanjang umur baterai dengan baik.

3. Matikan Fitur Getar

Kebanyakan orang lebih menyukai notifikasi panggilan masuk atau sms menggunakan getar daripada nada dering. Tanpa disadari vibrasi atau getar menggunakan lebih banyak daya baterai daripada membunyikan nada dering. Untuk menghemat daya baterai pada smartphone bisa menonaktifkan fitur getar atau mengurangi fitur getar.

Baca Juga: 5 Cara Memperbaiki Keyboard HP Yang Suka Error Sendiri

4. Matikan Fitur Auto Sync

Update secara otomatis akan memakan banyak daya smartphone. Karena update aplikasi berjalan di belakang layar sehingga tanpa disadari daya baterai sangat cepat berkurang. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya nonaktifkan fitur auto syncronization pada smartphone sehingga ketika smartphone tidak akan otomatis memperbarui aplikasi ketika terhubung langsung ke wifi.

5. Matikan GPS

Penggunaan GPS dan data seluler untuk memantau lokasi terkini merupakan salah satu penghisap baterai terbesar. Mengizinkan ponsel memantau lokasi terkini secara tidak langsung telah membuat daya baterai cepat habis karena proses tersebut berjalan di belakang layar. Dengan menonaktifkan aplikasi yang tidak digunakan dapat mengurangi beban kerja processor dan mengurangi konsumsi daya baterai.

6. Gunakan Mode Hemat Daya

Cara yang ke-6 adalah cara yang paling ampuh untuk menghemat daya baterai yaitu dengan mengaktifkan mode hemat daya. Saat mengaktifkan mode hemat daya, mode tersebut dapat mengelola berbagai fitur penghemat daya untuk smartphone. Seperti menonaktifkan fitur yang kurang penting seperti wifi, menonaktifkan animasi layar, meredupkan kecerahan layar, menonaktifkan getaran. Biasanya fitur ini secara default akan aktif ketika daya baterai kurang dari 20%.

Semakin cepat mengaktifkan mode hemat daya pada ponsel semakin lama daya baterai akan bertahan. Bahkan beberapa brand smartphone dibekali mode penghematan daya yang ekstrim. Mode tersebut menonaktifkan seluruh fitur pada pondel kecuali untuk panggilan telpon maupun mengirim sms.

7. Hindari Charge Baterai Semalaman

Kebiasaan charge saat akan tidur terkadang membuat seseorang lupa untuk melepas kabel charge pada smartphone. Meskipun sekarang ini banyak ponsel yang sudah dibekali auto cut-off saat baterai telah terisi penuh, sangat tidak disarankan untuk mengisi baterai smartphone semalaman. Mengisi baterai semalaman dapat memicu overheat pada permukaan smartphone sehingga membuat baterai menjadi cepat rusak.

Jadi saat charge baterai smartphone perhatikanlah indikator baterainya apakah sudah penuh atau belum. Jika indikator baterai menunjukkan baterai sudah penuh sebaiknya segera lepas kabel charge dari ponsel.

Demikian tadi penjelasan mengenai cara mengatasi baterai HP cepat habis. Tak perlu risau lagi jika baterai smartphone cepat habis karena sudah ada solusinya. Selamat mencoba!

2 thoughts on “7 Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis Agar Kembali Awet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *