Wajib Tahu! Ini Dia Cara Google AdSense Membayar Kita

AdSense merupakan program advertising CPC atau Cost Per Click yang memungkinkan seorang pemilik website memperoleh penghasilan tambahan dari konten online yang dimiliki. Uang yang didapatkan pun terbilang cukup besar. Sebenarnya bagaimana cara Google AdSense membayar kita?

Tiga faktor utama yang menyebabkan Google AdSense dapat berjalan yaitu Google AdSense itu sendiri, Publisher, dan juga Advertiser. Advertiser merupakan pemasang iklan yang memiliki peranan penting dalam Google AdSense karena tanpa pengiklan, Google AdSense tidak dapat berjalan dengan baik. Sedangkan publisher merupakan pengguna Google AdSense yang mempromosikan iklan.

Sistem Pembayaran Google AdSense

Pembayaran Google AdSense dilakukan dengan sistem bagi hasil dimana Google AdSense dan publisher akan dibayar oleh advertiser. Pendapatan akan dibagi sesuai dengan kesepakatan yang telah disepakati. Ada beberapa jenis sistem pembayaran dalam Google AdSense yang harus diketahui oleh setiap publisher AdSense. Sistem pembayaran tersebut sebagai berikut.

1.  CPC atau Cost Per Click

Sistem pembayaran yang umum digunakan yaitu CPC. Sistem pembayaran ini berdasarkan jumlah klik pada iklan. Biaya per klik biasanya ditentukan oleh pengiklan serta konten yang diiklankan. Tidak ada yang mengetahui besaran rupiah yang didapatkan sebab hanya pihak Google dan pengiklan yang bersangkutan yang mengetahui besaran CPC.

2. CTR atau Click Through Rate

Sistem pembayaran CTR hampir sama dengan CPC. Yang membedakan yaitu pembayaran CTR berdasarkan jumlah klik iklan dibagi dengan jumlah tayang iklan pada blog. Jika publisher AdSense memakai sistem pembayaran ini, kemungkinan pendapatan yang didapatkan jauh lebih kecil dibandingkan menggunakan CPC.

3. CPM atau Cost Per Mille

Sistem pembayaran yang satu ini mungkin jarang terdengar. Dalam istilah bahasa Indonesia, CPM biasa disebut dengan BPS atau Biaya Per Seribu. Jika publisher AdSense menggunakan sistem pembayaran CPM, perhitungan pembayaran yang akan didapatkan yaitu berdasarkan perhitungan per seribu kali halaman tayang.

4. RPM atau Revenue Per Thousand Impression

Sistem pembayaran terakhir yang biasa digunakan pada Google AdSense yaitu RPM. Publisher baru akan mendapatkan bayaran dari setiap 1000 impresi. RPM sendiri digolongkan ke dalam tiga hal antara lain RPM Kueri, RPM Halaman, dan RPM Permintaan Iklan.

Setiap sistem pembayaran yang telah disebutkan dapat dipilih oleh publisher AdSense dengan mempertimbangkan pendapatan yang akan didapat. Setiap sistem pembayaran yang dipilih tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan. Umumnya, sistem pembayaran yang banyak digunakan yaitu sistem pembayaran CPC.

Metode Pembayaran Google AdSense

Ada beberapa metode pembayaran yang digunakan untuk mencairkan dana yang dihasilkan melalui Google AdSense. Metode yang dapat digunakan antara lain melalui Cek, SEPA, Wire Transfer atau Transfer Kawat, EFT atau Electronic Fund Transfer, dan Western Union (WO). Setiap metode pembayaran yang dipilih akan disesuaikan dengan sistem pembayaran yang digunakan publisher.

Meskipun ada lima metode pembayaran, hanya dua metode yang seringkali digunakan oleh pengguna AdSense. Adapun dua metode pembayaran tersebut yaitu melalui Western Union dan Wire Transfer. Yang perlu diperhatikan, pencairan dana baru bisa dilakukan jika Saldo Balance publisher sudah mencapai $100. Jika saldo belum mencapai $100, pembayaran tersebut tidak akan cair dan akan diakumulasikan untuk bulan berikutnya.

Baca Juga: Cara Pasang Adsense Di Blog Pribadi Dan Tips Blog Agar Banyak Dikunjungi

Nah itu dia cara Google AdSense membayar kita selaku pengguna. Publisher AdSense baru akan menerima pembayaran jika telah mencapai target yang telah ditetapkan oleh Google. Jika telah mencapai target, pembayaran akan langsung dikirim oleh Google AdSense melalui metode pembayaran yang telah dipilih publisher.

3 thoughts on “Wajib Tahu! Ini Dia Cara Google AdSense Membayar Kita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *