6 Alasan Kenapa Flashdisk Tidak Terbaca di Laptop

Flashdisk merupakan tempat penyimpanan data populer yang masih digunakan hingga saat ini. Hampir segala kalangan menggunakan media penyimpanan tersebut karena sangat praktis dan mudah digunakan. Meski begitu, ada kalanya flashdisk tidak dapat terbaca oleh laptop atau komputer akibat terkena beberapa masalah. Di bawah ini ada 6 alasan kenapa flashdisk tidak terbaca di laptop yaitu;

1. Flashdisk Bajakan

Alasan pertama kenapa flashdisk tidak terbaca di laptop adalah karena perangkat tersebut bukan buatan asli produsennya, alias bajakan. Tentunya pengguna akan merasa dirugikan ketika mendapat barang yang tidak sesuai dengan fungsinya. Biasanya flashdisk bajakan merupakan perangkat yang hanya dapat digunakan dalam waktu singkat kemudian mengalami kerusakan. Hal ini dikarenakan barang tersebut tidak melalui uji kelayakan.

Flashdisk bajakan bersifat meniru barang aslinya. Untuk itu sebelum membeli pengguna harus jeli memperhatikan komponen benda tersebut agar tidak salah dalam memilih. Datangi toko aksesoris atau perlengkapan laptop yang telah memiliki nama dan terpercaya untuk menghindari barang palsu agar tidak tertipu.

2. Flashdisk Terserang Virus

Alasan berikutnya kenapa flashdisk tidak dapat terbaca adalah karena perangkat tersebut terserang virus. Hal ini tentunya sering sekali terjadi, sebab flashdisk merupakan perangkat penyimpanan yang rentan terkena virus. Untuk itu, selalu cek keamanan flashdisk dengan memindai perangkat tersebut pada antivirus secara berkala untuk mengantisipasi virus yang mungkin dapat menyerang.

3. Port USB Pada Laptop Mengalami Kerusakan

Ada kalanya flashdisk tidak dapat dibaca karena kerusakan eksternal yang terdapat pada laptop. Misalnya seperti kerusakan pada port USB akibat penyolokan dan penarikan paksa yang dapat merusak area tersebut. Untuk itu selalu perhatikan bagaimana pengguna memasukkan dan menarik perangkat eksternal laptop/ komputer untuk meminimalisir kerusakan pada port USB.

4. Kurang Telaten Menjaga Keawetan Flashdisk

Salah satu alasan kenapa flashdisk tidak terbaca di laptop adalah karena tidak memperhatikan keawetan perangkat penyimpanan tersebut. Kadang kala pengguna sering melakukan kesalahan seperti meletakkan benda kecil tersebut di antara tumpukan barang lainnya sehingga resiko terkena himpitan menjadi lebih besar. Atau tanpa sengaja menjatuhkan flashdisk hingga mengalami benturan yang cukup keras.

Bahkan ada beberapa kasus yang menyebabkan flashdisk terikut dalam rendaman cucian karena disimpan pada saku baju atau celana. Meskipun ada banyak flashdisk yang memiliki cover yang mampu melindunginya dari benturan, jika hal-hal tersebut sering terjadi bukan tidak mungkin nantinya akan mengalami kerusakan. Untuk itu, selalu perhatikan tempat penyimpanan flashdisk agar perangkat tersebut tetap awet.

5. Sering Mencabut Paksa Flashdisk Tanpa Proses Eject

Kesalahan umum yang membuat flashdisk tidak terbaca di laptop adalah mencabut flashdisk tanpa melalui proses eject. Hal ini tentu saja dapat mengacaukan data yang tersimpan dalam flashdisk karena tidak melalui proses penutupan yang sempurna. Sering melakukan penarikan flashdisk tanpa eject juga berpotensi membuat flashdisk menjadi eror sehingga performa benda tersebut tidak lagi optimal.

6. Flashdisk Rusak

Alasan berikutnya adalah hal paling final bagi sebuah benda bernama flashdisk mengapa tidak dapat terbaca di laptop, yakni karena mengalami kerusakan. Meskipun penggunanya telah memperlakukan flashdisk dengan semestinya, jika benda tersebut telah masuk masa tuannya tentu saja akan mengalami kerusakan. Untuk itu rutin memperbarui flashdisk sangat dianjurkan agar terhindar hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Alasan Kenapa Laptop Tidak Bisa Connect Wifi Dan Cara Mengatasinya

Pasti kesal rasanya apabila mendadak flashdisk yang digunakan sebagai tempat menyimpan atau menyalin data tiba-tiba tidak bisa digunakan karena tidak terbaca. Belum lagi jika data yang disimpan merupakan bagian penting. Beberapa penyebab kenapa flashdisk tidak terbaca di laptop yang telah dijabarkan mungkin bisa menjadi gambaran umum bagi pengguna untuk bijak dalam menggunakan flashdisk agar tetap awet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *