Belanja Online di e-Bay atau Amazon?

Apa sih perbedaannya antara e-Bay vs Amazon? Lebih baik Amazon atau e-Bay? Untuk menjawabnya silahkan simak uraian di bawah ini.

Pada era digital seperti sekarang ini mayoritas masyarakat lebih memilih membeli barang secara online. Alasannya adalah karena membeli barang secara online lebih mudah dilakukan dan tidak membutuhkan banyak tenaga. Bahkan, kini pembelian barang secara online berskala Internasional juga bisa Anda lakukan. Marketplace internasional yang saat ini popular adalah e-Bay dan Amazon. Apa sih perbedaannya antara e-Bay vs Amazon? Nah, untuk lebih jelasnya, simak uraian di bawah ini.

Mudahnya Belanja di e-Bay

Ada banyak sekali situs belanja online yang bisa Anda pilih. Misalnya seperti e-Bay dan Amazon. Bahkan 2 situs ini seringkali dibandingkan. Sebelum mengetahui perbedaan dari e-Bay vs Amazon, Anda perlu mengetahui apa itu e-Bay. Anda bisa menemukan beragam produk barang di situs e-Bay. Belanja di e-Bay cocok untuk Anda yang sibuk. Harga yang diberikan di situs e-Bay juga terjangkau. Selain itu, Anda bisa menawar harga dari barang yang dijual.

Jadi, Anda bisa memperoleh barang dengan harga penawaran terbaik. Apa itu e-Bay? Jadi, e-Bay merupakan tempat transaksinya jual beli yang berlaku secara internasional dengan sistem online. Jadi, di e-Bay Anda bisa menemukan penjual dari luar negeri dan tidak hanya dari Indonesia saja. Ada banyak sekali masyarakat luar negeri yang juga menjual barangnya lewat e-Bay.

Kali ini kita akan mengulas beberapa tips mendapat penghasilan dari afiliasi ebay secara detail, lengkap dan mudah dipahami.
e-bay merupakan online marketplace internasional yang sudah lama berdiri. Banyak sekali yang dijual di e-bay dan anda dapat dengan mudah membelinya.

Untuk cara belanja di situs e-Bay hampir sama saja dengan sistem pembelian di suatu toko online yang biasanya. e-Bay pada awal perkembangannya hanya menjual barang-barang koleksi ataupun barang-barang langka yang sulit ditemui dipasaran. Kemudian, e-Bay berkembang menjual berbagai macam barang fashion, perabotan, elektronik, bahkan kendaraan juga ada.

Cara Belanja Online di Amazon

e-Bay vs Amazon, Mana yang paling cocok buat belanja? Jika pada penjelasan sebelumnya membahas tentang e-Bay, maka berikutnya akan dijelaskan mengenai Amazon. Salah satu situs e-commerce terbesar yaitu Amazon. Hampir seluruh barang tersedia di Amazon. Diantaranya yaitu barang elektronik, pakaian, makanan maupun kebutuhan sehari-hari yang lainnya. Ada 5 cara belanja online di Amazon, yaitu…

1. Membuat Akun di Amazon

Pada saat belanja di Amazon, Anda harus mempunyai akun terlebih dahulu. Jadi, sama saja seperti situs e-commerce yang lainnya. Akun sangat penting dimiliki untuk mempermudah Amazon di dalam mengirimkan barang yang Anda akan pesan supaya sesuai dengan alamat.

2. Memilih Barang yang Ingin di Beli

Jika sudah memiliki akun di Amazon, maka Anda bisa mencari barang yang ingin di beli. Masukkan kata kunci ke dalam kolom pencarian di situs Amazon. Sesuaikan dengan produk barang yang Anda butuhkan atau inginkan. Setelah itu, pilihlah barang yang ingin Anda beli dan masukkan ke dalam keranjang belanja. Jika sudah, Anda bisa pilih metode pembayaran.

3. Memilih Metode Pembayaran

Metode pembayaran pada Amazon ada banyak sekali. Diantaranya yaitu credit card (cc), promotional code, gift card, Amazon.com store card serta bank accont yang khusus disediakan untuk warga Amerika. Setiap metode pembayaran tersebut mempunyai kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Pilihlah metode pembayaran yang paling Anda sukai.

4. Memilih Metode Pengiriman

Sesudah membayar, Anda bisa memilih metode pengiriman. Pilihlah metode sesuai dengan yang Anda inginkan. Amazon memberikan 3 pilihan pengiriman. Antara lain yaitu standard international shipping, Amazon global priority shipping dan Amazon global expedited shipping. Setiap metode pengiriman memerlukan waktu yang bervariasi untuk sampai ke alamat tujuan.

Ini dia tips mendapat penghasilan dari affiliasi Amazon secara lengkap, detail dan mudah dipraktekkan sendiri.
Amazon merupakan online marketplace yang serupa dengan e-bay. Selain jual beri barang, Amazon juga memiliki Amazon associates yang merupakan program afiliasi dimana anda akan mendapat komisi jika ada calon pembeli yang membeli produk dari link anda. Program yang sama juga dimiliki oleh e-bay.

5. Menunggu Pesanan Tiba di Indonesia

Jika semua proses tersebut sudah selesai, maka yang Anda lakukan adalah tinggal menunggu pesanan sampai ke rumah. Anda akan diberikan nomor resi untuk melacak pesanan. Lakukan pengecekan pesanan secara berkala. Tujuannya adalah untuk mengetahui sudah sampai mana pesanan Anda.

Baca Juga: Program Afiliasi: Pilih Amazon, e-Bay, atau Clickbank?

Perbedaan Antara e-Bay dan Amazon

e-Bay vs Amazon mana yang lebih popular? Kedunya sama-sama popular saat ini. Kedua situs tersebut memberikan kemudahan Anda dalam berbelanja. Namun, ada beberapa perbedaan diantara kedua situs ini.

  • Amazon merupakan toko online yang hampir sama dengan toko biasanya. Amazon mempunyai banyak stok produk untuk dijual. Jika Anda menemukan barang yang dikirimkan rusak atau tidak sesuai dengan detail deskripsi di Amazon, maka Anda bisa menukarkannya.

Sedangkan e-Bay hanya sebuah website lelang dan bukan sebuah toko online. Jadi, e-Bay merupakan sebuah situs yang memberikan jasa bagi penggunannya yaitu pihak yang akan membeli atau pihak yang akan menjual barang miliknya. Bisa dikatakan sebagai marketplace atau pasar online seperti halnya Tokopedia yang kita kenal.

  • Hukum dari situs Amazon sama saja dengan toko secara umum. Beberapa jaminan dan pelayanan kepada pelanggan harus diberikan oleh Amazon. Sedangkan pada e-Bay, Anda pada dasarnya melaksanakan suatu transaksi dengan pengguna yang lainnya. Pada e-Bay hanya berperan sebagai perantara ataupun sarana untuk mempertemukan antara pembeli dengan penjual.

Jika ternyata transaksi yang dilakukan lewat e-Bay tidak berjalan seperti seharusnya, maka e-Bay tidak terikat hukum untuk membantu Anda. Pada awal berdirinya e-Bay, ada sebuah isu adanya penipu atau scammers. Biasanya scammer atau penipu akan berpura-pura menjual suatu produk barang. Lalu, ia menghilang sesudah menerima pembayaran dari pembeli dan tidak akan mengirimkan produk barang yang sudah Anda bayar tersebut.

Untuk mengatasi masalah ini, situs e-Bay mempunyai sistem umpan balik yaitu setiap pihak bisa memberikan review terkait pengalaman mereka bertransaksi terhadap para penyedia barang. Pengguna yang bisa dipercaya akan mempunyai umpan balik positif yang tinggi. Sedangkan umpan balik negatif atau bahkan tidak mempunyai umpan balik sama sekali merupakan ciri pengguna yang tidak bisa dipercaya.

  • Amazon menjual produk baru. Suatu produk barang yang dibeli lewat Amazon akan memberikan jaminan seperti halnya ketika Anda membeli produk di toko offline yang biasanya. Sedangkan produk yang dijual di e-Bay biasanya merupakan produk yang sudah lama dipakai dan pemiliknya ingin menjualnya.

Jadi, sistem pada e-Bay adalah seperti sebuah bazar produk barang bekas yang ditawarkan atau dijual lewat internet. Namun, Anda tidak akan memperoleh jaminan seperti pada saat membeli produk melalui Amazon. Namun, di e-Bay Anda bisa memperoleh tarif harga yang lebih rendah. Hal inilah yang membuat situs e-Bay dipilih oleh para konsumen pencari barang murah.

Baca Juga: Pertarungan Sengit Tokopedia vs Shopee

Kesimpulan: E-Bay vs Amazon

Setelah kita bahas perbedaan kedua situs ini. Berikut adalah daftar ringkasan perbandingan e-Bay vs Amazon yang perlu Anda ketahui…

  • Amazon merupakan toko online sedangkan e-Bay merupakan situs lelang online.
  • Pada e-Bay ada kemungkinan terjadi penipuan, namun tidak pada Amazon.
  • Amazon bertanggung jawab untuk seluruh item yang dijual pada situs mereka, sedangkan pada e-Bay tidak mempunyai produk barang atau jasa yang dijual ataupun dilelang di situsnya.
  • Mayoritas barang yang dijual di situs Amazon merupakan barang baru, sedangkan pada situs e-Bay mayoritas yang tersedia atau ditawarkan merupakan barang bekas pakai.

Jadi, kesimpulannya e-Bay vs Amazon mana yang lebih baik, adalah baik semua sesuai kebutuhan Anda. Kedua situs tersebut memiliki kelebihan serta kekurangannya sendiri-sendiri. Jika Anda mencari barang baru berkualitas silahkan belanja di Amazon. Namun, jika Anda mencari barang bekas dengan harga lebih murah bisa belanja di e-Bay. Semoga bermanfaat….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *