5 Cara Memperbaiki Keyboard HP Yang Suka Error Sendiri

Keyboard HP yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya dan kadang suka eror sangat menjengkelkan. Apalagi saat sedang ingin mengetik dan tiba-tiba keyboard error sendiri atau bahkan tidak muncul. Di bawah ini adalah bagaimana cara memperbaiki keyboard HP yang error.

Clear Data

Cara pertama yang bisa dicoba adalah dengan menghapus data pada keyboard, hapus juga cachenya. Karena bisa jadi keyboard error dikarenakan sudah kebanyakan data. Masuk ke pengaturan atau setting terlebih dahulu. Lalu pilih aplikasi, dan pilih keyboard. Setelah itu bisa hapus data. Tetapi biasanya cara ini menyesuaikan ke merk HP.

Karena setiap HP memiliki spesifikasi dan pengaturan yang bermacam jenisnya. Jika di HP Samsung setelah masuk ke pengaturan pilih bahasa dan masukan. Lalu pilih keyboard dan klik atur ulang pengaturan. Tetapi cara ini juga memiliki resiko pada merk HP tertentu semisal Samsung misalnya. Dikarenakan saat di hapus data dan chache nya maka saat ingin mencoba maka akan muncul tulisan ‘sayangnya keyboard telah berhenti’.

Ganti Disable Ke Enable

Dan atau jika saat menggunakan keyboard lalu muncul tulisan ‘has stopped’ bisa diatasi dengan cara masuk ke pengaturan terlebih dahulu. Lalu pilih aplikasi, setelah ke aplikasi pilih aplikasi keyboard. Cari download manager jika disable ubah menjadi enable.

Download Aplikasi Pihak Ketiga

Saat ini sudah banyak aplikasi keyboard pihak ketiga yang dapat di download di play store secara gratis. Seperti kika keyboard, gokeyboard, dan masih banyak lagi. Untuk mengatasi keyboard yang error adalah dengan menggunakan aplikasi keyboard dari pihak ketiga. Apalagi saat ini aplikasi keyboard yang ada sudah lucu-lucu. Karena pasti pada aplikasi keyboard ada banyak pilihan tema dan warna keyboard yang diinginkan. Lalu setelah mendownload aplikasi tersebut atur untuk mengganti keyboard yang sebelumnya dengan yang sudah didownload. Cara ini juga tergolong cukup efektif untuk mengatasi kerusakan pada keyboard.

Restart Atau Reboot

Atau jika keyboard masih sering error atau bahkan tidak muncul, untuk memperbaikinya bisa dengan cara merestart atau reboot HP. Dengan cara matikan Handphone lalu abil SIM Card dan kartu SD dan copot baterainya. Biarkan selama kurang lebih sekitar lima menitan. Setelah itu hidupkan kembali handphone dan coba apakah sudah bisa atau belum. Dan jika keyboard masih belum bisa digunakan, maka reboot ulang handphone.

Dengan cara masuk ke pengaturan lalu pilih cadangkan dan reset dan klik reset data pabrik. Tetapi apabila menggunakan cara ini pastikan semua data sudah dipindahkan ke kartu SD terlebih dahulu. Karena ini nantinya akan mengubah semua pengaturan dan aplikasi semulanya. Dan reboot ini hanya akan menghapus atau mengubah yang ada di perangkat telepon saja, jadi kartu SD tidak akan terhapus.

Hentikan Secara Paksa

Cara memperbaiki keyboard pada HP android yang selanjutnya adalah dengan memberhentikan secara paksa aplikasi keyboard. Pertama tama masuk ke pengaturan lalu pilih aplikasi dan pilih semua aplikasi. Lalu pilih aplikasi keyboard dan klik berhenti secara paksa. Setelah dihentikan secara paksa maka restart handphone terlebih dahulu. Dan maka coba keyboard sudah bisa berfungsi atau belum. Hal ini bisa membantu agar keyboard bisa digunakan lagi.

Baca Juga: 5 Penyebab Suara Speaker Hp Kecil Dan Solusi Mengatasinya

Biasanya keyboard error dikarenakan adanya kesalahan pada bug nya, entah itu tidak sengaja terhapus saat membersihkan penyimpanan atau yang lainnya. Cara memperbaiki keyboard HP di atas bisa diterapkan saat keyboard error, tiba-tiba hilang atau tidak muncul, atau suka berhenti sendiri.

One thought on “5 Cara Memperbaiki Keyboard HP Yang Suka Error Sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *