Alasan Kenapa Laptop Tidak Bisa Connect Wifi Dan Cara Mengatasinya

Secanggih apapun teknologi pasti terdapat masalah tersendiri. Contohnya saja seperti laptop yang tidak bisa terhubung ke wifi. Bagi orang awan pasti mengatakan bahwa ini adalah masalah yang serius. Tetapi bagi orang yang sudah terbiasa pasti tahu kenapa laptop tidak bisa connect wifi dan mencari tahu cara mengatasinya.

Jika disimpulkan, masalah ini berasal dari wifi yang mungkin sedang trouble dari pusat. Tetapi banyak orang tidak tahu masalah lainnya yang membuat laptop tidak terhubung dengan wifi.

Alasan Laptop Tidak Bisa Connect Wifi

Semua masalah pasti ada sebabnya. Contohnya saja seperti laptop yang tidak bisa connect wifi, bisa karena kabel atau bisa juga karena eror dari pusat. Untuk mengetahui apa saja alasan laptop sehingga tidak bisa terhubung dengan wifi. Berikut beberapa alasan yang sering terjadi.

1. Salah Password

Alasan yang paling sering terjadi yaitu salah mengetikkan password wifi. Jika ingin mengetahui password wifi, bukalah ip address yang sesuai dengan TP-Link pengguna. Contohnya saja TP-Link huawei yang memiliki ip address 192.168.100.1. Untuk ip address TP-Link lainnya bisa di cek di mesin pencarian.

2. Pastikan Indikator Lampu Pada Wifi Menyala

Jika orang yang baru pertama kali menggunakan wifi pasti belum cukup tahu mengenai penggunaan wifi. Indikator lampu pada wifi akan terhubung jika berwarna hijau. Warna ini akan menyala jika tombol power wifi dalam keadaan on dan kabel wifi telah dimasukkan stop kontak.

3. Driver Ethernet Control Tidak Mendukung

Jika laptop ingin terhubung dengan wifi, pengguna harus menginstall driver ethernet control. Untuk mengetahui sudah terinstall atau belum, pengguna bisa cek di device manager. Jika terdapat tanda tanya dengan warna kuning maka pengguna harus install driver ethernet dahulu sebelum menggunakan wifi.

Baca Juga: Cara Memperluas Daya Jangkau Wifi

4. Lampu Indikator Wifi Berwarna Merah

Hal tersebut juga sering terjadi di banyak rumah. Hal ini bisa dikarenakan trouble dari pusat dan bisa juga karena kerusakan pada hardware laptop sehingga driver tidak bisa terdeteksi. Jika tidak ada kerusakan pada hardware, pengguna bisa menghubungi pusat untuk diperbaiki segera.

Itulah beberapa alasan yang sering dikeluhkan oleh masyarakat. Masih ada masalah lainnya yang mungkin belum bisa terdeteksi dan harus dibawa ke konter laptop.

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Terhubung Dengan Wifi

Jika sudah mengetahui alasan kenapa laptop bisa terhubung dengan wifi, lanjut saja ke cara mengatasinya. Apabila pengguna paham dengan teknologi, maka akan sangat mudah dalam mengatasi masalah laptop. Di bawah ini beberapa cara mengatasi laptop yang tidak bisa terhubung dengan wifi.

  • Klik menu start kemudian nanti akan ada banyak pilihan. Untuk mengatasi masalah wifi silahkan pilih control panel – network and internet – network and sharing center kemudian terakhir pilih change adapter setting.
  • Klik kanan wireless connection kemudian pilih properties di bagian paling bawah.
  • Nanti akan muncul internet protocol version 4 lalu double klik atau bisa juga dengan klik kanan.
  • Pilih obtain an IP address automaticly dan obtain DNS server address automaticly. Semua diatur agar terhubung secara otomatis.
  • Jika sudah selesai kemudian klik ok di bagian bawah dan ok lagi.

Jika dengan langkah tersebut laptop masih belum bisa terhubung, lakukanlah analisa pada laptop. Berikut cara menganalisa problem pada laptop.

Klik kanan pada my computer atau this pc untuk windows 8, kemudian klik manage. Langkah berikutnya yaitu klik device manager selanjutnya klik network adapters. Jika terdapat tanda tanya dengan warna kuning berarti driver pada laptop belum terinstall.

Baca Juga: Penyebab Komputer/Laptop Semakin Lemot dan Solusinya

Itulah beberapa alasan kenapa laptop tidak bisa connect wifi dan cara mengatasinya. Pada intinya lakukan analisa terlebih dahulu untuk mengetahui masalah pada laptop. Terima kasih, semoga bermanfaat.

3 thoughts on “Alasan Kenapa Laptop Tidak Bisa Connect Wifi Dan Cara Mengatasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *