7 Rekomendasi Aplikasi Root Android Terbaik

Smartphone basis Android merupakan ponsel yang bisa di oprek. Salah satu proses oprek yang seringkali dilakukan bagi pengguna android adalah dengan melakukan root. Root bisa dilakukan dengan cara manual atau secara praktis dengan menggunakan aplikasi. Lantas, aplikasi root android apa saja yang direkomendasikan?

1. SuperSU

Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi root satu ini? SuperSU bisa dikatakan cukup terkenal di kalangan pengguna android ketika hendak melakukan root pada smartphonenya. Aplikasi ini sudah tersedia di Google Play dengan 2 versi berbeda. Ada versi gratis, ada juga versi berbayarnya.

Fitur yang ditawarkan adalah rooting dengan normal atau secara menyeluruh sesuai dengan kebutuhan. Menariknya adalah aplikasi ini juga menawarkan fitur unroot. Aplikasi root ini seringkali menawarkan pembaruan baru dengan tujuan agar user dapat menikmati fitur-fitur baru yang menarik.

2. KingRoot

 Aplikasi root android selanjutnya adalah KingRoot. Dengan menggunakan aplikasi root ini user dapat menghapus aplikasi bawaan yang sekiranya tidak terlalu penting. Disisi lain, KingRoot juga dapat membuat kinerja ponsel menjadi optimal dan lebih cepat dibandingkan biasanya. KingRoot sudah dipercaya oleh banyak pengguna android karena tingkat keberhasilannya tinggi, yaitu sekitar 95%.

Sisanya merupakan kegagalan yang disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu faktor kegagalan yang seringkali dialami oleh user adalah tidak menggunakan ROM dari official. Jadi, pastikan terlebih dahulu bahwa ponsel yang hendak di root sudah menggunakan ROM dari offical.

Baca Juga: Rekomendasi VPN Terbaik

3. Vroot

Jika lebih menyukai rooting android dengan menggunakan PC, aplikasi Vroot bisa menjadi salah satu rekomendasinya. Sebelum melakukan root, user diwajibkan untuk mengaktifkan mode USB debugging agar ponsel tersambung ke PC. Cara penggunaannya cukup mudah, cukup dengan mengeklik tombol root pada aplikasi tersebut.

4. iRoot

iRoot merupakan salah satu aplikasi root untuk android yang memiliki ukuran cukup besar. Meskipun demikian, aplikasi rooting ini memberikan banyak manfaat. Selain fungsi utamanya dalam melakukan root, aplikasi ini juga support untuk melakukan unroot.

Beberapa kelebihan dari iRoot adalah jarang menyebabkan bootloop, proses rootnya cepat dan hanya dengan sekali klik saja. Aplikasi ini sudah support untuk berbagai macam jenis ponsel dan dapat mengoptimalkan kinerja ponsel.

5. Framaroot

Software rooting android yang terpercaya selanjutnya adalah Framaroot. Kelebihan dari Framaroot adalah dapat melakukan proses rooting secara cepat, kurang lebih prosesnya hanya 5 menit saja. Disisi lain, aplikasi ini sudah support untuk melakukan root pada berbagai merk ponsel. Jika ingin melakukan proses unroot juga bisa menggunakan aplikasi ini karena sudah support.

6. Root Genius

Bagi yang menyukai root android kemudian ingin melakukan custom android, aplikasi Root Genius bisa dicoba. Ukuran aplikasi ini tidak terlalu besar, namun sudah mendukung berbagai merk ponsel yang ingin di root. Kelebihannya yaitu proses root cepat dan dipercaya aman karena tidak menyebabkan ponsel menjadi bootloop.

Dari segi tampilan antar mukanya juga sangat friendly dan mudah digunakan. Bagi para pemula juga bisa karena tidak terlalu banyak menu di aplikasi ini. Disini juga terdapat menu top rated ROM  yang bisa digunakan sesuai dengan keinginan.

7. Key Root Master

Rekomendasi terakhir adalah Key Root Master. Menariknya adalah aplikasi ini sudah mendukung terjemahan ke bahasa Indonesia, meskipun tidak sempurna terjemahannya. Jadi pengguna tidak perlu bingung ketika hendak melakukan proses root nanti.

Ada 3 fitur utama dalam aplikasi ini, yaitu Informasi Sistem, Manajemen Aplikasi dan Mulai Root. Dengan aplikasi ini pengguna dapat melihat informasi sistem sebelum root, memanajemen aplikasi dan melakukan root secara mudah.

Baca Juga: Menggali Potensi Smartphone dengan Melakukan Root

Pemilihan aplikasi root android cukup penting agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan seperti bootloop. Perhatikan juga hal-hal yang dipersiapkan sebelum melakukan root agar berjalan dengan lancar dan berhasil.

4 thoughts on “7 Rekomendasi Aplikasi Root Android Terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *