5 Penyebab Suara Speaker Hp Kecil Dan Solusi Mengatasinya

Speaker hp merupakan salah satu sumber suara yang ada di hp. Kegunaan dari speaker HP ini adalah untuk mengeluarkan output berupa suara saat mendengarkan musik atau bermain game. Beberapa orang pasti pernah mengalami hpnya tidak bisa mengeluarkan suara dengan keras. Maka dari itu, berikut adalah 5 penyebab suara speaker hp kecil.

1. Banyaknya Cache Pada Hp

Cache merupakan salah satu penyebab suara speaker hp kecil yang tentunya dapat mengganggu kinerja hp. Adanya cache pada hp ini dihasilkan dari beberapa aplikasi seperti misalnya sosial media, chatting, dan lain-lain. Keberadaan cache ini jika dibiarkan akan membuat hp terasa penuh padahal data hp sering dibersihkan.

Solusi yang terbaik untuk mengatasi banyaknya cache pada HP adalah menggunakan aplikasi pembersih cache. Kebanyakan hp keluaran baru sudah memiliki fitur untuk membersihkan cache. Akan tetapi bagi hp keluaran lama bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Salah satu aplikasi pihak ketiga yang bisa dicoba adalah C-Cleaner.

2. Speaker Hp Kotor

Sebagian orang sering menaruh hp di sembarang tempat tanpa memikirkan kerusakan yang ada. Menaruh hp di tempat yang kotor akan membuat speaker hp menjadi cepat rusak. Untuk mengatasi permasalahan ini adalah membersihkan speaker dengan menggunakan kuas kecil. Sebelum membersihkan speaker, buka casing hp agar mudah untuk membersihkan.

Apabila casing hp sudah dibuka, langkah selanjutnya buka dudukan serta perekat speaker secara perlahan. Bersihkan bagian yang kotor pada speaker dengan kuas kecil tadi. Jika sudah, tutup kembali dudukan, perekat, kemudian casing hp. Lakukan cara yang tadi dengan hati-hati agar komponen hp tidak cepat rusak.

Baca Juga: Mengatasi Bootloop Pada Smartphone Android

3. Equalizer Hp Bermasalah

Pada beberapa hp, biasanya sudah dilengkapi dengan aplikasi equalizer. Equalizer memiliki fungsi yaitu untuk mengatur besar kecilnya suara yang keluar melalui speaker. Selain aplikasi equalizer, preset atau pengaturan untuk equalizer juga biasanya sudah tersedia. Jika suara speaker hp yang keluar kecil, bisa jadi setting equalizernya bermasalah.

Jika suara speaker bermasalah ketika menggunakan equalizer, caranya adalah mengganti preset equalizer ke Small Speaker. Akan tetapi jika masih menggunakan preset Small Speaker masih bermasalah, nonaktifkan aplikasi equalizer. Dengan menonaktifkan aplikasi equalizer, maka suara speaker hp terdengar seperti hp baru.

4. Gangguan Kecil Pada Hp

Namanya sebuah hp tentunya sering mengalami gangguan, baik itu gangguan kecil maupun besar. Gangguan kecil biasanya tidak berdampak pada bagian-bagian pada hp, akan tetapi beberapa aplikasi sering menimbulkan masalah pada speaker. Untuk mengatasi gangguan kecil ini adalah dengan cara restart hp.

Setelah melakukan restart, hp akan terasa segar kembali dan tidak ada masalah sama sekali. Akan tetapi jika setelah restart masih saja bermasalah, alangkah baiknya untuk melakukan factory reset atau reset pabrik. Melakukan reset pabrik bisa menghilangkan data, sehingga backup terlebih dahulu data yang ada di hp.

5. Rusaknya Bagian Speaker HP

Jika dengan beberapa solusi di atas tidak memecahkan masalah, berarti tandanya speaker hp sudah rusak. Apabila sudah rusak, tentu yang harus dilakukan adalah membawanya ke service center terdekat. Orang-orang di service center akan lebih ahli dalam menangani hal ini sehingga tidak boleh untuk mengganti speaker hp sendiri.

Baca Juga: Perlukah Antivirus untuk Smartphone Android?

Sebenarnya ada beberapa solusi lain selain dari solusi di atas, yaitu dengan cara flashing ulang hp. Untuk melakukan flashing ulang secara resmi, silahkan bawa hp ke tempat service resmi. Penyebab suara speaker hp kecil selain disebabkan dari perangkat hp yang rusak juga dapat disebabkan melalui cache atau kerusakan software dari hp tersebut.

8 thoughts on “5 Penyebab Suara Speaker Hp Kecil Dan Solusi Mengatasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *