7 Penyebab Iklan AdMob Tidak Muncul Di Aplikasi Yang Wajib Diketahui

Penyebab iklan AdMob tidak muncul di aplikasi menjadi salah satu pertanyaan yang seringkali muncul dikalangan pengguna AdMob. Sebenarnya apa itu AdMob? AdMob adalah platform periklanan Google yang bertujuan untuk mempromosikan atau memonetisasi aplikasi mobile. Lalu apa sebenarnya penyebab iklan AdMob tidak muncul di aplikasi? Mari simak penjelasan berikut.

1. Peringatan Dari Policy Google Pada Akun AdMob

Penyebab yang seringkali terjadi yaitu dari akun AdMob itu sendiri. Ketika iklan tidak muncul di aplikasi, perhatikan apakah akun AdMob yang dimiliki aman dan tidak mendapat peringatan apapun dari Policy Google. Jika terdapat pelanggaran, iklan AdMob sudah pasti tidak akan dimunculkan atau ditayangkan oleh pihak Google. Hal ini dikarenakan pengguna dinilai telah menyalahi aturan yang berlaku.

2. Package Name APK Diblokir

Package name yang telah diblokir oleh Google juga merupakan penyebab iklan AdMob tidak muncul di aplikasi. Hal ini dikarenakan kebijakan Google yang tidak akan menampilkan iklan pada package name yang telah diblokir. Oleh sebab itu, jika iklan tidak muncul pada aplikasi pengguna pastikan package name tidak diblokir.

3. Akun Pembayaran Yang Belum Dilengkapi

Akun pembayaran yang belum dilengkapi ketika pengguna membuat akun AdMob juga menjadi penyebab iklan yang tidak muncul pada aplikasi. Pengguna AdMob seringkali melewatkan bagian pengisian akun pembayaran dan langsung membuat unit iklan dan memasang unit iklan ke dalam aplikasi. Tanpa disadari, hal inilah yang justru menyebabkan iklan tidak mau muncul.

Jadi, lengkapilah data akun pembayaran terlebih dahulu agar iklan AdMob yang telah dibuat muncul pada aplikasi. Setelah akun pembayaran dilengkapi, pengguna harus menunggu sekitar 5-10 menit hingga iklan ditayangkan pada aplikasi.

4. Aplikasi Baru Terdaftar

Jika pengguna baru mendaftarkan aplikasi ke AdMob, iklan tidak langsung muncul begitu saja pada aplikasi. Biasanya butuh waktu dan beberapa permintaan iklan untuk memungkinkan dibuatnya inventaris. Hal ini menyebabkan pengguna tidak dapat segera melihat iklan yang dipasangnya.

5. Kebocoran VPN

Ketika VPN bocor, pihak google akan menghentikan sementara iklan yang ditayangkan dalam aplikasi sehingga iklan berada dalam masa propagarasi. Penghentian sementara ini sesuai dengan Algoritma terbaru dimana pihak Google ads akan menghentikan aktivitas yang dilakukan oleh pengguna.

Tentunya kebocoran VPN ini akan berpengaruh buruk terhadap akun AdMob yang sedang digunakan. Untuk menghindari hal ini, pengguna dianjurkan untuk memakan VPN Premium anti bocor sehingga kebocoran VPN dapat dicegah.

6. Penggunaan SDK Yang Kurang Tepat

SDK atau Software Development Kit merupakan pengembangan perangkat lunak yang biasa digunakan untuk membuat aplikasi. Penggunaan SDK yang kurang tepat juga menjadi penyebab iklan AdMob tidak muncul di aplikasi. Hal ini dikarenakan penggunaan SDK berpengaruh terhadap iklan yang ditampilkan.

Pengguna harus memperhatikan penggunaan SDK minimum dan maksimum agar iklan AdMob tidak dibanned. Umumnya, SDK yang aman untuk digunakan yaitu 12 sampai 26.

7. Tools AdMob Yang Digunakan

Perlu diketahui, tools yang digunakan terkadang sudah ditanam iklan di dalamnya. Ketika iklan yang di dalamnya sudah dibanned, maka kode iklan yang dipakai oleh pengguna juga akan dibanned. Oleh sebab itu, pastikan tools yang digunakan sudah tepat dan jangan menggunakan tools milik orang lain.

Baca Juga: Begini Cara Membuat Aplikasi Dan Unit Iklan AdMob Serta Cara Kerja AdMob

Nah itu dia beberapa penyebab iklan AdMob tidak muncul di aplikasi. Agar hal tersebut tidak terjadi, pastikan akun AdMob yang digunakan sudah benar dan aman sehingga iklan yang dibuat akan ditampilkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *