Begini Cara Membuat Aplikasi Dan Unit Iklan AdMob Serta Cara Kerja AdMob

Banyak cara dapat dilakukan untuk memperoleh uang salah satunya yaitu melalui iklan dari AdMob. AdMob merupakan sebuah jaringan iklan online yang dikhususkan untuk perangkat mobile milik Google. Berbeda dengan Google AdSense, iklan AdMob hanya tampil di aplikasi android saja. Cara kerja AdMob terbilang baik melihat performa iklan yang ditampilkan serta pembayaran yang diterima pengguna.

AdMob adalah platform periklanan Google yang bertujuan untuk mempromosikan atau memonetisasi aplikasi mobile. Melalui platform ini, pemilik aplikasi akan mendapatkan penghasilan tambahan dengan menyediakan ruang iklan pada aplikasi yang dimiliki. Adapun fitur-fitur yang dimiliki oleh AdMob yaitu Mediation, AdMob In-App Purchase House Ads, Audience Builder, dan AdMob Native Ads.

Cara Membuat Aplikasi dan Unit Iklan AdMob

Sebelum mengetahui cara kerja AdMob, hal yang harus diperhatikan yaitu cara menggunakannya. Karena cara kerja AdMob melalui penayangan iklan lewat aplikasi, pengguna harus membuat aplikasinya terlebih dahulu. Berikut cara membuat aplikasi dan unit iklan AdMob.

Baca Juga: 9 Software Keren untuk Membuat Aplikasi Android

  • Sign in ke akun AdMob yang dimiliki melalui https://apps.admob.com/
  • Klik “Monetize New App”
  • Beri nama pada aplikasi dan detail platform yang ditampilkan kemudian klik “Add App”
  • Pilihlah satu aplikasi yang digunakan untuk memonetisasi dengan memilih 3 metode yang tersedia
  • Untuk membuat sebuah iklan yang nantinya akan ditampilkan, pilih salah satu format iklan yang tersedia dan masukkan data yang relevan
  • Klik tombol “Save”
  • Simpan Ad Unit ID karena akan digunakan untuk keperluan koding nantinya. Aplikasi tidak akan memunculkan iklan sampai Ad Unit ID diletakkan pada koding aplikasi

Selain koding untuk memunculkan iklan, pengguna dapat menggunakan software yang dapat membantu pembuatan aplikasi yang nantinya dapat diselipkan iklan AdMob. Contoh software yang dapat digunakan adalah Xamarin, Reach Native, Android Studio, Ionic Framework dan App Inventor.

Cara Kerja AdMob Yang Wajib Diketahui

AdMob tersedia untuk platform Android dan iOS, dengan dukungan untuk mesin game Cocos dan Unity. Akun yang telah dibuat akan langsung terhubung dengan akun AdWords sehingga pengguna dapat membuat kampanye pemasangan aplikasi seluler. Berikut cara kerja AdMob yang wajib untuk diketahui.

1. Pembuatan Ruang Iklan

Setelah pengguna memiliki akun, pengguna diharuskan untuk membuat unit iklan di AdMob dengan menyediakan ruang iklan aplikasi. Pembuatan unit iklan ini memungkinkan pengguna untuk memilih sendiri kemunculan iklan di ruang iklan aplikasi.

2. Penampilan Iklan

Unit iklan yang telah dibuat oleh pengguna akan ditampilkan oleh AdMob dengan performa tertinggi dalam aplikasi pengguna. AdMob memakai jaringan pribadi dan jaringan pihak ketiga dalam menampilkan iklan sehingga tampilan iklan memiliki kualitas yang tinggi.

3. Pembayaran

Pembayaran akan diterima oleh pengguna setelah AdMob selesai menagih pengiklan dan jaringan yang ditampilkan pada aplikasi pengguna. Selain itu, pembayaran yang diperoleh bergantung pada kepatuhan pengguna terhadap kebijakan AdMob.

Untuk mengetahui cara kerja AdMob, pengguna juga harus memahami kata advertiser, publisher, dan aplikasi. Pemahaman ini bertujuan untuk mempermudah pengguna selama menggunakan AdMob. Advertiser merupakan pihak pengiklan sedangkan publisher merupakan pihak yang mempromosikan link iklan sehingga iklan hanya bisa tampil di aplikasi android yang dibuat oleh publisher.

Ketika iklan yang ada di aplikasi tampil dan mendapatkan klik, maka publisher akan memperoleh penghasilan. Sistem pembayaran AdMob yaitu PPC (Pay Per Click) dimana publisher baru bisa mendapatkan rupiah atau dollar ketika ada klik yang masuk pada kode AdMob yang telah dibuat.

Nah itu dia cara kerja AdMob yang wajib untuk diketahui. Dengan adanya AdMob, pengguna akan terbantu untuk memperoleh penghasilan dari internet dengan lebih mudah.

3 thoughts on “Begini Cara Membuat Aplikasi Dan Unit Iklan AdMob Serta Cara Kerja AdMob

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *