Cara Daftar Google Adsense untuk Youtube Paling Mudah (Akun Hosted)

Menjadi seorang youtuber tentu harus memahami seputar dunia adsense. Dengan memahami cara daftar google adsense youtube, maka para youtuber dapat dengan mudah menghasilkan uang melalui berbagai konten video bermanfaat yang telah diupload.

Melakukan pendaftaran adsense melalui youtube dapat dibilang lebih mudah daripada mendaftarkan adsense lewat blog. Apabila blog membutuhkan waktu yang cukup lama dan perlu banyak revisi, dengan mendaftar lewat youtube, waktu yang dibutuhkan untuk menyetujui permintaan pendaftaran tersebut dapat dikatakan lebih cepat. Lalu, bagaimana cara daftar google adsense youtube bagi para pemula? Ini Jawabannya.

1. Sign in Akun Youtube

Langkah pertama, masuk ke dalam akun youtube yang dimiliki. Biasanya, youtuber akan diminta sign in melalui akun Gmail. Pastikan juga akun youtube yang dimiliki menghadirkan konten video yang menarik dan original buatan sendiri, sebab hal ini akan mempermudah proses permohonan adsense kepada pihak google.

2. Melakukan Pengaturan Akun

Berikutnya, youtuber harus melakukan pengaturan akun dengan cara verifikasi, biasanya akun harus diverifikasi menggunakan nomor ponsel. Selanjutnya, klik pada bagian foto yang berada di pojok kanan atas halaman akun youtube. Disana youtuber harus masuk ke halaman Creator Studio.

Setelah berhasil masuk pada halaman Creator Studio, youtuber akan menemukan berbagai menu pada bagian kiri halaman. Carilah menu berlabelkan Saluran, klik pada menu tersebut untuk melanjutkan permohonan izin pemasangan adsense.

Pada menu Saluran, pilihlah sub menu Status dan Fitur. Setelah itu, secara otomatis akan muncul tampilan dari isi sub menu tersebut. Di halaman tersebut, youtuber harus mengaktifkan Monetisasi dengan cara klik pada bagian Aktifkan.

Baca Juga: Perbedaan antara Akun Google Adsense Hosted dan Non-Hosted

3. Mengaktifkan Monetisasi

Setelah mengaktifkan Monetisasi, maka akan muncul tampilan yang menyatakan bahwa para youtuber akan melakukan pengaktifan Monetisasi. Disini, para youtuber harus memilih Aktifkan Akun Saya. Lalu, secara otomatis akan muncul halaman persetujuan yang harus disetujui oleh para youtuber.

Isi persetujuan tersebut sebagian besar juga berisi perjanjian dengan mengenai Monetisasi. Maka dari itu pastikan untuk mencentang bagian kolom yang ada pada tampilan persetujuan. Setelah memastikan bahwa setiap kolom telah dicentang, para youtuber harus memilih Saya Setuju untuk melanjutkan proses permohonan.

Youtube Memberikan Penghasilan Melalui Iklan yang Tampil di Video Anda
Youtube Memberikan Penghasilan Melalui Iklan yang Tampil di Video Anda

4. Masuk Google Adsense

Setelah menyetujui perjanjian, youtuber akan dialihkan pada akun Google Adsense. Disini, youtuber harus masuk menggunakan akun google yang dimiliki (jika punya). Jika tidak punya, pendaftaran bisa dilakukan di halaman ini. Setelah berhasil masuk, youtuber harus menuliskan situs web yang dimiliki beserta bahasa konten yang digunakan. Kemudian, pastikan untuk menyimpan dan melakukan proses selanjutnya.

5. Mengisikan Informasi Kontak Dan Mengirimkan Permohonan

Proses terakhir dan sangat penting untuk dilakukan yaitu mengisikan informasi kontak pada akun Google Adsense. Pada bagian ini, youtuber harus berhati-hati dalam mengisikan informasi, sebab hal tersebut akan digunakan untuk melakukan proses pembayaran ke depannya.

Setelah mengisikan informasi kontak sesuai KTP yang youtuber miliki, maka langkah selanjutnya yaitu mengisikan kolom Preferensi Email Adsense dengan jawaban Ya pada setiap kolom. Langkah terakhir yaitu mengajukan permohonan dengan cara klik Kirim Permohonan Saya.

Setelah mengajukan permohonan tersebut, biasanya youtuber harus menunggu persetujuan dari pihak Google Adsense yang akan dikirimkan melalui akun email yang dimiliki. Umumnya, dalam waktu 3 hari permohonan tersebut akan disetujui oleh pihak google (dalam beberapa kasus, bisa membutuhkan waktu yang sangat lama, hingga berbulan-bulan).

Baca Juga: 8 Cara Jadi Youtuber Gaming Bagi Pemula

Itulah langkah-langkah mudah cara daftar google adsense youtube. Bagi para youtuber pemula, sangat penting untuk menerapkan cara tersebut agar akun youtube yang dimiliki dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah seperti yang diharapkan. Semoga cara tersebut dapat membantu para youtuber dalam mendaftar adsense melalui youtube.

One thought on “Cara Daftar Google Adsense untuk Youtube Paling Mudah (Akun Hosted)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *