Analisis Rasio Fundamental Saham Yang Perlu Dipahami Dalam Jual Beli Saham

Investor harus jeli dalam berinvestasi di pasar modal. Saat berinvestasi dalam dunia saham, investor memiliki peran penting untuk memastikan perusahaan yang diberi suntikan dana harus sehat terlebih dahulu. Hal ini diperlukan agar dana yang diberikan oleh investor dapat dialokasikan ke perusahaan dengan tepat. Maka dari itu, diperlukan analisis rasio fundamental saham saat berinvestasi.

Sehat atau tidaknya suatu perusahaan dapat dilihat hasil outputnya, misalnya laporan keuangan perusahaan. Namun, jika laporan keuangan perusahaan terdiri dari beragam laporan, ada suatu cara agar dapat memilah perusahaan yang sehat dengan bantuan analisis rasio fundamental. Analisis ini dilakukan untuk menunjukkan kondisi standar perusahaan dari segi kualitatif dan kuantitatif. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam analisis rasio fundamental saham, berikut ulasannya :

Price to Earning Ratio

Analisis ini sering digunakan oleh para investor untuk menentukan peluang dalam berinvestasi di pasar modal. Price earning to ratio atau nilai wajar suatu perusahaan sangat penting untuk diketahui terlebih dahulu. Investor akan mengetahui kapan modal yang diinvestasikan akan kembali lagi ke tangan investor.

Cara menghitung price to earning ratio sangat mudah. Cukup dengan membandingkan harga saham dengan laba per saham. Sebaiknya saham dibeli saat price earning ratio perusahaan tidak terlalu tinggi. Hal ini akan menunjukkan laba perusahaan cukup besar.

Price to Book Value

Price to book value akan menunjukkan nilai wajar saham yang ditawarkan oleh perusahaan. Namun, analisis ini akan lebih condong untuk menyajikan keadaan ekuitas perusahaan. Price to book value dapat dihitung dengan membagi harga saham terbaru dibagi dengan nilai buku per saham. Analisis ini juga dilakukan untuk mendapatkan jenis saham yang memiliki harga yang cukup terjangkau oleh investor.

Earning Per Share

Earning per share atau biasanya disebut dengan laba per saham merupakan salah satu cara menganalisis rasio fundamental saham. Dengan menghitung laba per saham, investor dapat mengetahui seberapa banyak keuntungan yang akan didapatkan ketika berinvestasi di suatu perusahaan. Sebaiknya investor melakukan investasi pada perusahaan yang memiliki trend positif atau laba per sahamnya terus meningkat.

Baca Juga: Mempertimbangkan EPS (Earning Per Share) untuk Investasi Saham Jangka Panjang dan Pengaruhnya Terhadap Dividen

Cara menghitung laba per saham yaitu dengan membagi laba bersih perusahaan dengan banyaknya saham perusahaan yang beredar. Semakin tinggi laba per saham yang dihasilkan maka semakin baik pula untuk berinvestasi di perusahaan tersebut. dan sebaliknya, semakin rendah laba per saham maka peluang untuk mendapatkan return yang diharapkan akan semakin kecil.

Return On Equity

Return on equity (ROE) memang tidak lepas dari suatu perusahaan yang berorientasi pada laba. Investor biasanya juga melakukan analisis fundamental dengan menhitung ROE perusahaan yang akan didanai. Menghitung ROE dilakukan dengan membagi laba bersih dibagi total ekuitas perusahaan. Besarnya return yang diharapkan akan dihitung pada ROE ini.

Baca Juga: Apa Itu ROA dan ROE? Rasio Fundamental dalam Menentukan Investasi Saham

Pengamatan Kualitatif Atau Teoritis

Selain melakukan penghitungan pada rasio diatas, juga diperlukan pemahaman spesifik perusahaan. Secara teoritis, analisis ini juga akan memperhitungkan keuntungan yang mungkin didapatkan di masa depan. Hal ini bisa dilakukan cukup meramalkan harga saham. Ada beberapa komponen yang dibutuhkan untuk melakukan analisis ini.

Komponen itu antara lain pendapatan, biaya, kebijakan dividen, dan hal lainnya yang akan mempengaruhi harga saham. Analisis ini biasanya lebih diperdalam pada pelatihan-pelatihan di beberapa sekuritas pasar modal.

Inilah beberapa analisis rasio fundamental saham yang wajib dipahami agar dapat melakukan jual beli saham di pasar modal. Sebelum berinvestasi saham, investor juga perlu menemukan sekuritas yang tepat agar dapat mendukung kegiatan berinvestasi di pasar modal. Dengan begitu, investor akan lebih mudah meraih keuntungan sebesar-besarnya sesuai dengan ekspetasi yang diharapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *