Cara Menabung Saham Di BRI Dan Keuntungan Yang Didapatkan

Untuk menabung saham bisa dilakukan pada perusahaan atau pun bank, salah satunya bank yang terkenal di Indonesia adalah bank BRI. Kegiatan menabung saham di BRI juga dapat dilakukan oleh dari berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa/wi, freelance, dan pegawai tetap. Berikut di bawah ini adalah langkah-langkah untuk menabung saham di bank BRI dan keuntungannya.

Cara Menabung Saham

Walaupun sudah banyak dikenal oleh masyarakat tetapi juga masih ada yang belum mengetahui bagaimana cara menabung saham. Simak ulasanya lebih lanjut :

1. Membuka Rekening Efek

Sebelum menabung saham langkah pertama yang harus dilakukan adalah pastikan bahwa memiliki rekening. Jika belum memiliki rekening efek di bank BRI maka harus membuka rekening terlebih dahulu. Rekening ini nantinya bertujuan jika sudah pembagian deviden maka bisa dikirim melalui rekening ini.

Jika ingin membuka rekening efek cukup dengan membawa fotokopi KTP yang masih berlaku. Dan isi formulir pendaftaran, lalu juga tentukan deposit awal. Apalagi jika di bank saat sampai lalu ditanya oleh satpamnya maka akan dipandu apa saja yang harus dilakukan.

 2. Tentukan Nominal Dana

Yang kedua ada menentukan nominal dana yang ingin disisihkan untuk menabung saham di BRI. Pikirkan terlebih dahulu berapa nominal yang ingin ditabung. Untuk menentukan nominal tersebut pun jangan sembarangan.

 3. Tentukan Saham

Langkah ketiga adalah dengan menentukan jenis saham yang diinginkan. Ada banyak jenis saham untuk menabung di Bank BRI. Seperti saham biasa atau common stocks dan saham preferen. Setiap jenis saham tersebut memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

4. Rutin Nabung Setiap Bulan

Jika sudah memiliki rekening efek maka menabung saham sudah bisa dilakukan. Dengan cara setorkan uang secara rutin setiap bulannya agar keuntungan yang didapat pun bisa maksimal.

5. Mulai Membeli Saham

Setelah langkah di atas sudah dilewati maka sudah bisa memulai membeli saham di bank BRI. Untuk membeli saham ini pun dibagi menjadi dua yaitu secara online maupun offline.

Baca Juga: Resiko dan Keuntungan Menabung Saham

Keuntungan Menabung Saham Di Bank BRI

Setelah mengetahui cara untuk menabung saham. Apa saja sih keuntungan yang didapat dari menabung saham. Simak lebih lanjut dibawah ini

1. Dividen Tunai

Saat membeli saham pasti setiap tahunnya akan mendapatkan keuntungan berupa deviden. Deviden adalah keuntungan yang dibagi oleh perusahaan atas saham yang sudah dibeli. Keuntungan yang berupa deviden tersebt dapat dibagikan secara tunai maupun transfer.

Deviden dibagikan berdasarkan keuntungan yang didapat oleh bank BRI. Tetapi jangan tergiur dengan deviden yang tinggi namun prospek perusahaan kurang. Lihat juga laporan keuangannya setiap tahunnya. Bagaimana arus kasnya, neracanya, dll.

2. Untuk Investasi

Saat ini banyak yang melirik untuk memulai menabung saham . menabung saham bisa digunakan sebagai investasi untuk penghasilan tambahan dan batu loncatan. Walaupun seperti itu juga tidak sedkit yang memang penghasilannya semua dari membeli saham.

Untuk membeli saham bisa didapatkan keuntungan secara maksimal jika rutin menyetor dananya. Dan harus pintar-pintar untuk menganalisis. Umumnya membeli saham ini digunakan untuk investasi jangka panjang. Selain itu investasi jangka panjang ini bisa dijadikan untuk tabungan masa depan.

Baca Juga: Investasi: Trading Saham VS Menabung Saham

Saat ini sudah banyak aplikasi yang menyediakan fitur untuk menabung saham di bank maupun di perusahaan. Dan di sana juga dapat melihat harga sahamnya, dan laporan keuangan. Tetapi untuk membuka rekening efek tetap lebih baik datang langsung ke tempatnya. Tetap dalam melakukan hal ini juga pasti terdapat resikonya. Seperti jika perusahaan bangkrut.

4 thoughts on “Cara Menabung Saham Di BRI Dan Keuntungan Yang Didapatkan

  • February 14, 2020 at 6:56 am
    Permalink

    Apa keuntungan investasi si muda

    Reply
    • February 17, 2020 at 4:28 pm
      Permalink

      SiMuda maksudnya “simpanan mahasiswa dan pemuda” kah? Ini semacam nabung dalam beberapa bentuk misalkan saham dan reksadana, emas, serta properti. Investasinya ditujukan untuk pemuda sekitar umur 18 s.d. 30 tahun.

      Nah, kalau untuk investasi SiMuda ini bisa konsultasi langsung ke beberapa bank misalkan BRI, BNI, BCA, BSM, BTN, BJB, atau Commonwealth.

      Reply
  • February 29, 2020 at 11:12 am
    Permalink

    penabung saham apa cukup manabung saja atau diharuskan ikut transaksijual beli saham ?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *